Tips

Cara Merekam Layar di Windows 11 dengan Suara

Home / Windows / Tips / Cara Merekam Layar di Windows 11 dengan Suara

Cara Rekam Layar Joyoshare VidiKit

Salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan saat ini adalah menjadi YouTuber. Hal ini dikarenakan segala informasi bisa kamu temukan dengan mudah di YouTube dan salah satu konten yang sering dicari adalah konten tentang tutorial.

Contohnya informasi tutorial cara membuat desain di Photoshop. Biasanya YouTuber ini akan mempraktekkannya secara langsung dengan merekam layar laptop/PC mereka. Sehingga akan memudahkan audience untuk mengikutinya.

Nah, jika kamu juga tertarik untuk membuat konten tutorial di YouTube, seperti tutorial membuat desain atau tutorial bermain game di laptop/PC. Maka kamu disarankan untuk menggunakan aplikasi atau software screen recorder.

Adapun software yang sangat kami sarankan untuk kamu gunakan adalah software Joyoshare VidiKit. Karena di software ini kamu bisa mudah untuk screen record laptop/PC kamu.

Untuk langkah-langkah cara screen recorder Windows 11, kamu bisa langsung simak artikel berikut ini ya!

Apa itu Joyoshare VidiKit

Cara Merekam Layar di Windows 10

Joyoshare VidiKit

Sebelum membahas cara screen recorder atau rekam layar di Windows 11, kamu perlu tau nih mengenai software Joyoshare VidiKit.

Joyoshare VidiKit merupakan salah satu software video yang memiliki banyak fitur. Jadi, di dalam software ini kamu bisa mengedit video seperti menggabungkan video, memotong video, perekam layar, convert video dan lain sebagainya.

Artinya ketika kamu merekam video layar dan ternyata formatnya tidak bisa kamu play di Windows, maka kamu tidak perlu install software converter video lagi untuk bisa mengubah format tersebut.

Makanya gak heran kalau software ini pun menjadi salah satu best screen recording software for Windows 11 (software rekam layar terbaik di Windows 11). Nah, berikut ini fitur-fitur yang tersedia di software Joyoshare VidiKit:

  • Potong, gabungkan, convert, kompres video dengan cepat
  • Rekam layar dan audio secara bersamaan tanpa takut hasilnya tidak sinkron
  • Edit video untuk memperbaiki video, menambahkan watermark, menambahkan subtitle dan lain sebagainya
  •  Tersedia freeware untuk mengonversi HEIC, LivePhoto dan bisa memutar file.

Software Joyoshare VidiKit ini harus berlangganan. Paket untuk berlangganan software ini juga beragam harga mulai kisaran $19.95 – $39.95 (Rp280 ribu – Rp570 ribu).

Tapi tenang, kamu juga bisa download software ini secara gratis dengan download yang versi Free Trial. Nah, buat kamu yang mau coba versi gratis, bisa langsung klik tombol berikut ini:


Sedangkan, buat kamu yang mau berlangganan software Joyoshare VidiKit ini, kamu bisa langsung klik tombol berikut ini untuk tau paketnya:


Nah, sekarang kamu sudah tau kan apa itu Joyoshare VidiKit, langsung aja yuk kita bahas cara rekam layar di Windows 11, berikut ini!

Cara Merekam Layar di Windows 11

  • Pertama, setelah install aplikasi Joyoshare VidiKit, langsung aja kamu buka aplikasinya > Kemudian klik menu ‘Record‘.
Cara Merekam Layar di Windows 10

Pilih Menu ‘Record’

  • Kedua, lalu klik pilihan ‘Screen Recorder‘.
Cara Merekam Layar di Windows 10

Pilih ‘Screen Recorder’

  • Ketiga, setelah itu klik iconSelect Screen‘ untuk menentukan area layar bagian mana yang ingin kamu record. Seperti contoh berikut ini:
Cara Merekam Layar di Windows 10

Klik Icon ‘Select Screen’

  • Keempat, berikutnya pilih kamu bisa menggeser area yang di-record, caranya dengan menggeser garis biru atau ikuti tanda 1 pada gambar. Setelah itu kamu bisa klik tombol ‘REC‘ untuk merekam layar, caranya dengan menggeser garis biru atau ikuti tanda 2 pada gambar.
Cara Merekam Layar di Windows 10

Klik Tombol ‘2’

  • Kelima, setelah itu kamu bisa pause rekaman dengan klik iconPause‘ atau tanda 1 pada gambar. Jika sudah selesai merekam, kamu bisa klik iconStop‘ atau tanda 1 pada gambar berikut ini.
Cara Merekam Layar di Windows 10

Pause atau Stop Rekam Layar

  • Keenam, jika sudah selesai kamu bisa preview hasil rekaman dengan klik iconSearch‘ atau klik tanda 1 pada gambar. Namun jika kamu ingin mengedit hasil rekaman tersebut, bisa klik iconEdit‘ atau klik tanda 2 pada gambar.
Cara Merekam Layar di Windows 10

Preview atau Edit Hasil Rekam Layar

  • Ketika kamu klik iconSearch‘ maka kamu akan diarahkan ke lokasi penyimpanan hasil rekaman layar tadi dan kamu bisa preview hasil videonya. Contohnya seperti gambar berikut ini.
Cara Merekam Layar di Windows 10

Preview Hasil Rekam Layar

  • Namun, jika kamu memilih klik icon ‘Edit’, maka kamu akan diarahkan ke bagian pengeditan video. Nah, kamu bisa langsung mengedit hasil record video tadi deh!
Cara Merekam Layar di Windows 10

Edit Hasil Rekam Layar

Fitur yang Terdapat Pada Joyoshare VidiKit

Seperti yang dijelaskan di awal artikel, Joyoshare ini merupakan aplikasi rekam layar yang memiliki fitur yang sangat lengkap. Artinya software ini membantu segala kebutuhan kamu dalam editing video.

Nah, berikut ini penjelasan singkat mengenai fitur yang tersedia di software Joyoshare VidiKit:

1. Screen Recorder

Cara Merekam Layar di Windows 10

Screen Recorder

Fitur utama ini berfungsi untuk merekam layar laptop dengan mudah. Kerennya dari software desktop record ini kamu bisa merekam layar yang sesuai dengan area layar yang kamu inginkan untuk direkam dengan cara menyeleksi layar.

Selain itu, kamu juga bisa merekam audio layar di laptop, tentunya dengan kualitas yang tinggi. Oh iya, software ini mendukung banyak format video, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Menariknya lagi kamu bisa merekam tanpa batasan waktu dan menambahkan watermark untuk melindungi hak cipta. Bahkan software ini juga bisa screen record with audio atau bisa merekam audio sekaligus, baik dari microphone laptop atau microphone dari headphone.

Lalu, kamu juga bisa memilih format video recording yang diinginkan. Contohnya seperti MP4, AVI, MKV dan lainnya. Makanya gak heran kalau software ini pun menjadi salah satu screen recoder Windows yang sangat disarankan oleh banyak orang.

2. Video Converter

Cara Merekam Layar di Windows 10

Video Converter

Berikutnya ada fitur video converter, dimana fungsinya untuk mengubah format video. Bahkan kamu bisa mengonversi berbagai jenis file media, seperti audio, video, DVD dan lain sebagainya.

3. Video Cutter

Cara Merekam Layar di Windows 10

Video Cutter

Selanjutnya ada fitur Video Cutter, fitur ini memungkinkan kamu untuk memotong video yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Menariknya, kamu bisa memotong video dengan format apapun, ukuran berapa pun dan bisa menyesuaikan kualitas berapapun pada output-nya.

4. Video Joiner

Cara Merekam Layar di Windows 10

Video Joiner

Kemudian terdapat juga fitur Video Joiner, fitur ini berguna untuk kamu yang ingin menggabungkan berbagai video menjadi satu. Cara menggabungkan video di software ini juga sangat mudah.

Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi install software edit video yang cukup berat penggunaannya. Karena software Joyoshare VidiKit ini sudah menyediakannya.

5. Video Compressor

Cara Merekam Layar di Windows 10

Video Compressor

Lalu terdapat fitur Video Compressor, yang mana fitur ini berguna untuk kamu yang ingin memperkecil ukuran video yang cukup besar. Karena seperti yang kita ketahui, mengirim video berukuran besar di WhatsApp tidak bisa atau terbatas.

Sehingga kamu perlu melakukan kompres pada videonya. Nah, kamu bisa mengandalkan software ini untuk mengompres video. Bahkan kamu bisa mengompres video batch pada kecepatan tinggi hingga 40x tanpa mengurangi kualitasnya.

6. Video Repair

Cara Merekam Layar di Windows 10

Video Repair

Berikutnya terdapat fitur Video Repair, dimana fitur ini berfungsi untuk memperbaiki kerusakan video. Kamu pernah dong mendapatkan video yang tidak sinkron atau patah-patah? Pasti pernah ya.

Nah, biasanya hal tersebut terjadi pada saat kamu transfer file, laptop mengalami crash, laptop terserang berbagai jenis virus komputer, dan lain sebagainya. Dengan software ini kamu bisa memperbaiki kerusakan tersebut dengan mudah.

7. Watermark Wizard

Cara Merekam Layar di Windows 10

Watermark Wizard

Selanjutnya ada Watermark Wizard, fitur ini berfungsi untuk menghapus watermark dari video dan foto. Jadi buat kamu yang ingin menghapus watermark gak perlu repot-repot pakai aplikasi edit video dan foto.

Selain itu, fitur ini juga bisa berguna untuk menambahkan watermark video dan foto. Artinya kamu gak perlu lagi aplikasi edit foto untuk bisa menambahkan watermark pada foto.

8. Media Player

Cara Merekam Layar di Windows 10

Media Player

Kemudian ada fitur Media Player, fitur ini seperti aplikasi pemutar video pada umumnya. Jadi kamu bisa memutar video dengan berbagai format dan juga ukuran file.

9. HEIC Converter

Cara Merekam Layar di Windows 10

HEIC Converter

Berikutnya ada fitu HEIC Converter, untuk yang satu ini berfungsi untuk mengkonversi file HEIC. Jadi HEIC ini adalah format file gambar yang berefiensi tinggi. Nah, kamu bisa mengkonversi file HEIC ke file JPG atau PNG

10. LivePhoto Converter

Cara Merekam Layar di Windows 10

LivePhoto Converter

Terakhir ada fitur LivePhoto Converter, untuk yang satu ini berfungsi untuk convert LivePhoto ke GIF. Jadi buat kamu yang ingin membuat GIF tapi dari LivePhoto, bisa banget nih memanfaatkan fitur yang ada di Joyoshare VidiKit.

So, itulah cara merekam layar dengan mudah di Windows 11 menggunakan Joyoshare VidiKit. Oh iya, jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu ya đŸ™‚

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top