Android

10 Cara Smartphone Merusak Tubuh Kamu, Nomer 6 Paling Sadis!

10 Cara Smartphone Merusak Tubuh Kamu, Nomer 6 Paling Sadis! 7

Smartphone nampaknya kini menjadi barang yang tidak dapat di jauhi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga lansia menggunakan smartphone sebagai kebutuhan hidupnya.

Namun taukah kamu? di balik kecanggihannya, smartphone menyimpan banyak dampak yang berakibat bagi tubuh. Dan tentunya dampak tersebut bersifat negatif ya gaes.

Inilah Cara Smartphone Merusak Tubuh Kamu

Nah, kali ini TipsPintar.com akan memberitau dampak negatif penggunaan smartphone bagi kesehatan tubuh. Cekidot..

1. Gangguan Penglihatan

Gangguan Penglihatan

Gangguan Penglihatan

Seperti yang diketahui, penggunaan smartphone yang terlalu sering dapat mengganggu penglihatan mata kamu. Terlebih lagi jika penggunaan smartphone di dalam ruangan dengan pencahayaan yang kurang.

Nah untuk mencegahnya, lebih baik kamu kurangi penggunaan smartphone, menggunakan smartphone di tempat gelap, dan menggunakan smartphone pada posisi miring atau tiduran.

2. Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran

Smartphone biasanya digunakan seseorang untuk mendengarkan musik di kala waktu suntuk melanda. Dan alat yang biasanya di gunakan adalah earphone.

Tapi taukah kamu? Penggunaan earphone dengan waktu yang cukup lama dapat merusak sistem pendengaran loh. Terlebih lagi jika kamu menyetel musiknya dengan volume yang sangat kencang.

3. Mengakibatkan Sakit Kepala

Sakit Kepala

Mengakibatkan Sakit Kepala

Selain mengganggu sistem penglihatan dan pendengaran, dampak penggunaan smartphone terlalu lama dapat menimbulkan efek sakit kepala. Hal tersebut dapat terjadi karena posisi leher yang salah dan otot mata yang tegang akibat penggunaan smartphone yang lama.

4. Kelainan Postur Tubuh

Kelainan Poster Tubuh

Kelainan Poster Tubuh

Penggunaan smartphone terlalu lama dengan posisi menatap yang salah dapat mengakibatkan kelainan postur tubuh. Hal tersebut dapat terjadi karena saat menggunakan smartphone otomatis mata kita menatap ke bawah dan membuat leher menjadi bungkuk.

5. Jari-jari Kaku

Jari-jari Kaku

Jari-jari Kaku

Penggunaan aplikasi jejaring sosial atau aplikasi chatting dapat membuat jari-jari menjadi kaku. Hal itu karena pada saat menggunakan aplikasi tersebut, kamu di haruskan membalas pesan dengan cara mengetik.

BACA
Cara Download Lagu (Mp3) dari Spotify di Android

Jika hanya beberapa kali mengetik tidak akan terasa. Namun bayangkan jika kamu terlalu sering mengetik, maka jari dan pergelangan tangan kamu akan terasa kaku.

6. Kecanduan

Kecanduan Smartphone

Kecanduan Smartphone

Nah, inilah bahaya yang paling sadis yaitu Kecanduan. Fitur-fitur yang terdapat di dalam smartphone dapat mengakibatkan seseorang dapat mengalami kecanduan. Orang-orang yang kecanduan akan merasa takut kehilangan dan tidak bisa jauh dari smartphone-nya.

7. Radiasi

Menimbulkan Radiasi

Menimbulkan Radiasi

Seperti yang di ketahui, smartphone memang memiliki tingkat radiasi yang tinggi. Oleh sebab itu, jangan pernah membawa smartphone pada saat tidur atau mengantonginya. Efek radiasi ini dapat mengganggu fungsi otak kamu loh.

8. Mengurangi Aktivitas Tubuh

Malas Akibat Smartphone

Malas Akibat Smartphone

Seperti yang di bilang tadi, efek kecanduan smartphone juga dapat mengurangi aktivitas tubuh. Karena seseorang yang kecanduan cenderung malas untuk melakukan sesuatu. Dia hanya mau menatap dan memainkan layar smartphone-nya saja.

9. Kesulitan untuk Tidur

Kesulitan untuk Tidur

Kesulitan untuk Tidur

Selain mengurangi aktivitas tubuh, dampak dari kecanduan smartphone bisa mengakibatkan sulit tidur. Hal itu terjadi karena seseorang yang kecanduan akan selalu memantau layar smartphone-nya.

Biasanya orang-orang yang kecanduan akan selalu aktif dalam chat, browsing, atau bermain game seperti Mobile Legends hingga larut malam. Dan untuk mengatasi hal itu, lebih baik matikan smartphone ketika kamu ingin tidur.

10. Kurang Peduli Terhadap Sekitar

Kurang Peduli Terhadap Sekitar

Menjadi Kurang Peduli Terhadap Sekitar

Saking kecanduannya terhadap smartphone, banyak orang bahkan hanya fokus terhadap smartphone-nya tanpa memperhatikan lingkungannya.

Mereka menggunakan smartphone di mana pun dan kapan pun, bahkan pada saat berkendara, menaiki tangga atau menyebrang jalan. Hal tersebut dapat membahayakan diri mereka sendiri.

Nah, itulah dampak negatif penggunaan smartphone bagi kesehatan tubuh manusia. Jika kamu memiliki saran atau pendapat, kamu bisa isi di kolom komentar ya. Like dan share artikel ini biar kamu #SelaluLebihTau

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top