Internet

CATAT, Ini Cara Membuat Cover Letter Bahasa Indonesia yang Tepat!

Home / Internet / CATAT, Ini Cara Membuat Cover Letter Bahasa Indonesia yang Tepat!

Cover Letter Bahasa Indonesia

Membuat cover letter bahasa Indonesia yang tepat merupakan hal yang penting untuk dikuasai oleh para pencari kerja. Namun, ternyata masih banyak para jobseeker yang belum memahami cara membuat cover letter tersebut. Padahalan, Kamu bisa men-deskripsikan diri mu kepada recruiter lewat teknik bercerita. Kamu pun dapat menjelaskan, mengapa perusahaan harus memilih Kamu dari banyak kandidat lainnya.

Jadi dengan alasan tersebut lah, Kamu wajib untuk memahami cara membuat cover letter yang tepat. Nah, cover letter bahasa Indonesia atau surat pengantar lamaran kerja ini juga dapat menjadi cerminan dari kemampuan sekaligus pengalaman yang Kamu punya. Dalam hal ini, tentunya harus relevan dengan pekerjaan yang ingin Kamu lamar.

Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mampu menulis cover letter dengan format penulisan yang tepat. Oleh sebab itu, kali ini TipsPintar akan membahas cara membuat cover letter bahasa Indonesia dengan penulisan yang tepat. Penasaran, gimana cara-caranya? Langsung aja simak ulasan berikut ini ya!

Tips Membuat Cover Letter Bahasa Indonesia yang Tepat

Tips Buat Cover Letter Bahasa Indonesia

Tips Buat Cover Letter Bahasa Indonesia

Dalam membuat cover letter, pasti Kamu akan memperkenalkan diri kepada pihak perekrut melalui tulisan deskripsi yang Kamu buat. Jangan lupa, lampirkan juga alasan yang kuat mengapa recruiter harus memilih Kamu. Nah, selain hal tersebut. Kamu juga dapat ikuti beberapa tips membuat cover letter bahasa Indonesia berikut:

1. Melakukan Riset

Sebelum menyusun surat pengantar lamaran kerja, lakukan riset lebih dulu. Riset ini dapat bermacam-macam objeknya. Kamu dapat memulainya dari yang paling mudah, yaitu job description dari pekerjaan yang Kamu lamar. Selain job description, Kamu pun dapat melihat media sosial yang dimiliki perusahaan.

Melalui medsos tersebut, Kamu dapat menyesuaikan style yang akan Kamu gunakan ketika menulis surat pengantar lamaran kerja.

2. Buat Kalimat Pembuat dengan Kesan Kuat

Kamu pasti pernah mengenal istilah clickbait, bukan? Yap, clickbait ini umumnya berupa judul artikel yang amat menarik, sampai banyak orang yang tertarik untuk membacanya. Nah, Kamu pun dapat menerapkan konsep clickbait ini pada pembuka surat pengantar lamaran kerja lho! Tentu saja tanpa adanya statement abal-abal atau pun kebohongan.

3. Terapkan Less is More

Ingat, pihak recruiter bukan hanya bertugas untuk membaca cover letter saja. Oleh sebab itu, hindari membuat surat pengantar lamaran kerja yang terlalu panjang, ya! Cukup buat sekitar 1 halaman saja, atau kurang dari 1 halaman tersebut. Supaya pihak recruiter tidak bosan membaca cover letter Kamu yang kepanjangan.

4. Jangan Samakan Isi Cover Letter dengan CV

Untuk membedakan isi cover letter dengan CV yang Kamu buat, coba berikan sederet bukti terkait alasan perusahaan harus memilih Kamu. Tunjukanlah beberapa keahlian yang Kamu punya, dan ceritakan juga bagaimana pengalaman yang Kamu dapat pada pekerjaan sebelumnya.

5. Buktikan Kamu Layak Mendapatkan Pekerjaan Tersebut

Tulis pada isi surat pengantar lamaran kerja Kamu sebuah kalimat persuasif yang dapat meyakinkan recruiter saat membaca cover letter. Dengan begitu, besar kemungkinan Kamu untuk dapat membuktikan jika Kamu layak memperoleh pekerjaan terkait.

6. Koreksi Secara Berkala

Hal lain yang perlu Kamu perhatikan sebelum memberikan cover letter tersebut ke perusahaan, adalah koreksi secara berkala, apakah cover letter mu itu sudah sesuai, tidak ada kesalahan baik dalam penjelasan mau pun dalam setiap huruf yang Kamu tulis.

Jangan sampai Kamu tidak jadi memperoleh pekerjaan tersebut, sebab kesalahan kecil yang ada pada penulisan cover letter mu tersebut.

7. Ikuti Petunjuk Lowongan Pekerjaan

Setiap lowongan pekerjaan itu memiliki ketentuannya masing-masing. Umumnya hal tersebut mencakup bagaimana Kamu harus mengirimkan lamaran sampai ke tahap panggilan interview nanti.

Sesuaikanlah cara pengiriman surat dengan ketentuan yang telah dibuat ya. Jadi dengan begitu lamaran Kamu akan dibaca oleh recruiter di waktu yang tepat, sesuai dengan jadwalnya.

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia yang Tepat

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

Membuat cover letter dengan penulisan dan format yang tepat itu sangat diperlukan, tidak pandang Kamu seorang fresh graduatte atau pun seseorang yang telah memiliki pengalaman kerja.

Nah, khusus Kamu yang merupakan seorang fresh graduatte. Kamu dapat membuat cover letter sessuai dengan contoh berikut:

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Formal

Kepada Yth.,

Bpk/Ibu ABCD
PT Makmurjaya

Dengan hormat, Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan Copywriter dari PT Makmurjaya, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin di posisi tersebut.

Berikut data singkat saya:

Nama:
Pengalaman kerja:
Pendidikan Terakhir:

Kemampuan saya di bidang copywriter selama dua tahun, saya bisa membuat konten iklan atau promosi di media sosial, baik berupa video, brosur, maupun tulisan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Curriculum Vitae,
2. Surat referensi kerja,
3. Fotokopi ijazah S1.

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu ABCD

Hormat saya,

(Nama lengkap)

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia Semi Formal

Jakarta, 31 Januari 2022

Kepada Yth.,
Faisal Alifudin
PT XWYZ

Kepada Bapak Faisal Alifudin, saya menulis surat lamaran ini untuk mengajukan permohonan untuk posisi manager marketing. Saya yakin bahwa perusahaan akan menemukan kualifikasi saya sangat cocok untuk posisi yang dibutuhkan perusahaan.

Saya (nama lengkap), memiliki gelar Sarjana di bidang Ekonomi, dengan lebih dari 4 tahun bekerja sebagai Head of Marketing. Selama waktu tersebut, saya telah bekerja pada dua perusahaan terkenal di daerah ini, yaitu PT ABCD dan PT EFGH.

Dengan pengalaman saya tersebut, saya yakin dapat membantu perusahaan untuk menjadi lebih maju lagi di e-commerce ini. Saya telah belajar bahwa tidak hanya banyak pengetahuan tentang bagaimana untuk bekerja yang sukses, tapi juga kreatifitas untuk merancang tentang bagaimana untuk melakukan pekerjaan seefisien dan dengan biaya yang minimum.

Saya dengan senang hati ingin bertemu dengan Anda secara pribadi untuk membahas lebih lanjut tentang posisi ini dan kemampuan diri saya. Saya akan sangat berterima kasih bila dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.Terima kasih banyak untuk waktu dan pertimbangan Anda.

Dengan Hormat,

(Nama lengkap)

Nah, itu lah penjelasan lengkap mengenai cara sekaligus contoh cover letter bahasa Indonesia yang tepat untuk Kamu coba buat, lengkap dengan tips dalam membuatnya.

Semoga semua informasi yang Aku berikan tersebut dapat bermanfaat bagi Kamu yang ingin melamar pekerjaan ya!

Kalau Kamu punya ide untuk pembahasan menarik lainnya, silakan tulis di dalam kolom komentar ini ya. Dan jngan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman Kamu yang juga ingin melamar pekerjaan!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top