Android

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 7

Kemampuan smartphone Android saat ini memang sangat berkembang dengan pesat. Berawal dari sekedar alat komunikasi, kini smartphone hadir dengan fitur yang lebih beragam.

Meski sederhana, beberapa fitur ini sebenarnya dapat memaksimalkan penggunaan smartphone. Namun, tidak semua pengguna mengetahui beragam fitur yang ditawarkan smartphone Android.

Inilah Fitur yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Mengoptimalkan Smartphone Kamu

Nah, kali ini TipsPintar.com akan memberi tau kamu beberapa fitur dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan smartphone Android.

1. Mematikan dan Mengatur Ulang Smartphone Dari Jarak Jauh

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 8

Mengatur Android Device Manager

Pernahkah kamu kehilangan smartphone Android? pastinya sangat menjengkelkan bukan. Terlebih lagi jika hal itu terjadi karena keteledoran atau aksi kejahatan yang dilakukan orang lain.

Tapi yang lebih menjengkelkan adalah ketika mengetahui ada orang asing yang mungkin memiliki akses ke semua informasi pribadi kamu yang terdapat dalam smartphone kamu yang hilang tersebut.

Namun kini kamu gausah khawatir, karena Google memiliki fitur unggulan yang bisa melacak smartphone kamu dari jauh hanya menggunakan Email. Fitur ini dinamakan Android Device Manager.

Selain melacak, fitur ini bisa memungkinkan kamu untuk menelpon, mematikan atau mengatur ulang ke setelan pabrik smartphone yang hilang itu. Cara mengaktifkan fitur ini hanya dengan masuk ke Settings > Security > Device Administrator > Find My Device/Android Device Manager.

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 9

Android Device Manager

Apabila smartphone kamu hilang, berikut langkah-langkah untuk melacaknya :

  • Pertama, kamu buka Chrome dari laptop atau Komputer kamu.
  • Kunjungi laman Android Device Manager.
  • Masukan email yang terhubung di smartphone kamu yang hilang.
  • Selanjutnya kamu bisa melacak, mengunci atau me-reset data smartphone kamu dari jauh.

2. Melakukan Penelusuran Suara Saat Layar Terkunci

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 10

fitur OK Google

Beberapa smartphone Android sebenarnya memiliki fitur pencarian suara, meski dalam keadaan layar terkunci. Namun, fitur ini baru akan berfungsi pada perangkat yang sudah mengaktifkan sistem pendeteksi suara.

Cara mengaktifkan fitur ini yaitu, kamu buka Google Settings > Search and Google Now > Voice > Ok Google Detection > Always On. Ingat, kamu harus melatih Google untuk mengenali suara kamu (opsi ini ada di pengaturan yang sama).

3. Memindai Dokumen

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 11

CamScanner

Yaps, di jaman modern ini banyak orang yang menggunakan scanner sebagai alat pemindai dokumen untuk membuat salinan digital. Namun tau kah kamu? Smartphone Android pun bisa berfungsi sebagai scanner yang serbaguna.

Meskipun kualitasnya tidak sebagus scanner pada umumnya, namun proses memindai menggunakan smartphone jauh lebih praktis. Jika kamu ingin menggunakan smartphone sebagai pemindai, kamu memiliki beberapa pilihan.

Bisa dengan cara mengambil foto dokumen dan menyimpannya sebagai gambar, atau kamu dapat menggunakan Google Drive untuk mengubahnya. Dan kini, ada juga aplikasi unggulan yang bisa digunakan untuk mengubah smartphone kamu menjadi scanner, yaitu CamScanner.

4. Jadi Microphone Laptop

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 12

Mengubah Smartphone Menjadi Microphone

Perlu kamu ketahui, ternyata smartphone bisa dijadikan microphone laptop lhoo. Jika kamu tidak memiliki microphone sendiri dirumah, maka gunakan smartphone kamu sebagai penggantinya.

Kamu tidak perlu khawatir tentang masalah kualitas suara, karena jika smartphone kamu berkualitas, maka hasil suaranya juga akan berkualitas. Salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan adalah WO Mic. Hanya dengan menyambungkan USB, maka smartphone kamu bisa berubah menjadi microphone.

5. Jadi Mouse Laptop atau Komputer

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 13

Ubah Smarthphone Kamu Menjadi Mouse PC

Selain menjadi microphone, ternyata smartphone Android juga bisa digunakan sebagai mengganti Mouse pada laptop atau komputer. Ada banyak aplikasi mouse PC di Play Store yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mengubah smartphone Android menjadi mouse PC.

BACA
Cara Menghilangkan Iklan Saat Main Game di Android

Ada tiga cara yang bisa kamu gunakan, yaitu melalui USB, Bluetooth, dan Wi-Fi. Dengan ketiga fitur tersebut, bisa kamu manfaatkan untuk menjadikan smartphone android sebagai mouse.

6. Menjadi Kompas atau Barometer

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 14

Ganti Smartphone Kamu Menjadi Kompas atau Barometer

Beberapa smartphone memiliki sensor yang dapat difungsikan untuk beragam fungsi. Kamu hanya tinggal memasang aplikasi yang tersedia di Play Store untuk memanfaatkan fungsi tersebut.

Kamu bisa menggunakan smartphone menjadi kompas hanya dengan memasang aplikasi seperti Smart Compass atau AndroiTS Compass Free. Sementara untuk mengubah smartphone kamu menjadi barometer, kamu bisa menggunakan aplikasi Barometer Altimeter Dash Clock untuk memaksimalkannya.

7. Coding Program

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 15

Gunakan Smartphone Kamu untuk Coding Program

Kebanyakan seorang programmer lebih banyak menggunakan PC sebagai alat membuat program atau aplikasi. Namun kini, kamu bisa coding program melalui smartphone Android kamu.

Dengan aplikasi bernama Dcoder, kamu bisa membuat program lewat smartphone tanpa perlu repot-repot membawa laptop kemana-mana. Karena dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat program dimanapun dan kapanpun.

8. Kaca Pembesar Android

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 16

Pembesar Layar Android

Fitur sederhana ini memungkinkan kamu untuk memperbesar ukuran layar hanya dengan mengetuk layar sebanyak tiga kali. Fitur ini sangat berguna buat kamu yang memiliki kekurangan penglihatan.

Fitur ini ideal untuk mendapatkan close up capture pada aplikasi untuk berbagi foto atau membaca snapshot yang tidak dapat kamu perbesar. Ketuk tiga kali dan tahan untuk zoom sementara atau tiga kali ketuk untuk memasuki mode pembesaran dan ketuk tiga kali lagi untuk keluar dari layar.

Kamu perlu menyeret dua jari untuk bernavigasi dalam mode pembesaran. Cara mengaktifkan fitur ini yaitu masuk ke Settings > Accessibility > Vision > Magnification Gestures.

9. Text-to-Speech

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 17

Aktifkan Fitur Text-To-Speech

Text-to-speech adalah fitur Android yang memungkinkan kamu untuk mendengarkan artikel yang biasanya kamu baca. Jadi, kamu bisa mendengarkan artikel yang ingin dibaca sambil melakukan kegiatan yang lain. Cara mengaktifkan fitur ini yaitu, masuk ke Settings > Accessibility > Vision > Text-to-speech. Biasanya fitur ini digunakan pada saat kamu membaca e-Book.

10. SmartLock

10 Fitur Rahasia Smartphone yang Jarang Diketahui 18

SmartLock

SmartLock adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengunci smartphone kamu. Cara mengaktifkan fitur ini adalah masuk ke Settings > Security > Trusted Agen > SmartLock.

Setelah diaktifkan buka Secure Lock Settings > SmartLock > atur perangkat tepercaya. Perangkat terpercaya misalnya smartwatches atau headset bluetooth, tempat terpercaya (misalnya dirumah atau kantor), wajah terpercaya (pengenal wajah), pengenal suara, atau deteksi penggunaan oleh pemiliknya.

Itulah tadi beberapa fitur dan aplikasi di Android yang bisa kamu gunakan untuk membuat smartphone kamu jadi lebih optimal. Jangan lupa like, comment dan share artikel ini supaya kamu #SelaluLebihTau

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top