Android

5 Tips Menghemat Baterai Smartphone Agar Tahan Seharian

Home / Android / Tips / 5 Tips Menghemat Baterai Smartphone Agar Tahan Seharian

Bagi kita pengguna smartphone, sepertinya baterai menjadi salah satu kebutuhan pokok. Sudah tak bisa dipungkiri, Low battery sepertinya menjadi musuh bebuyutan bagi para pengguna smartphone saat ini.

Ternyata ada beberapa cara untuk menghemat baterai smartphone kamu loh! Kali ini, TipsPintar.com akan memberitahu kamu, 5 tips menghemat daya tahan baterai smartphone kamu. langsung saja kita simak bersama!

Inilah 5 Tips Menghemat Daya Tahan Baterai Smartphone Kamu.

1. Penggunaan Wallpaper yang Benar

Penggunaan Wallpaper.

Menggunakan live wallpaper (wallpaper bergerak)  dan wallpaper yang penuh dengan warna tentunya membuat tampilan dari layar smartphone kita lebih menarik, Namun, penggunaan wallpaper yang demikian sangat menguras baterai kita loh!

Agar dapat lebih menghemat baterai, sebaiknya gunakan wallpaper yang statis dan berwarna hitam atau gelap.  Karena dengan menggunakan semua hal bernuansa gelap akan menghemat baterai kita.

2. Gunakan Doze Mode

Statistik Doze Mode

Tahukah kamu Doze Mode? Doze adalah fitur yang bisa dibilang baru di android, Kenapa? karena mode ini hanya terdapa di android Marshmallow, dan baru terasa maksimal saat disempurnakan di android Nougat.

Doze adalah mode android yang bertugas memperkecil konsumsi daya baterai saat ponsel dalam kondisi standby, contohnya saat posisi terkunci, layar mati ataupun berada didalam saku.

3. Non-aktifkan Google Voice Assistant

Google Voice Assistant

Aplikasi-aplikasi dari Google memang sangat membantu kita ya, namun, jangan sampai aplikasi-aplikasi tersebut menguras baterai kita. Kita harus bisa mengelola aplikasi bawaan Google di android agar tidak menguras baterai kita.

Salah satunya adalah menon-aktifkan fitur Google Voice Assistant atau juga dikenal dengan OK Google. berikut adalah langkah menon-aktifkan fitur Google Voice Assistant:

Buka Pengaturan > Google > Security > Search > Voice > “Ok Google” detection > Non-aktifkan semua fitur yang sedang aktif.

4. Terus Lakukan Update Aplikasi.

Terus Update Aplikasi

Mungkin hal ini agak membingungkan ya, apa hubungannya Update aplikasi dengan Menghemat baterai. Nah buat kalian yang masih bingung, TipsPintar.com akan menjawab kebingungan kalian nih.

Setiap developer tentunya akan menghadapi bug disetiap aplikasinya. Kemungkinan bug dari aplikasi itu bisa membuat baterai smartphone kita cepat habis.

Hal itulah yang menyebabkan kamu harus terus melakukan update pada setiap aplikasi di smartphone kita agar terhindar dari masalah seperti demikian.

5. Manfaatkan Aplikasi Pihak ke-3

Aplikasi Pengjemat Baterai Pihak ke-3

Mungkin cara inilah yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Ya, men-install aplikasi pengehemat smartphone tambahan yang tersedia di Google Play Store.

Tentunya, kita tidak boleh asal meng-install aplikasi pada smartphone kita. Sebagai pengguna smartphone yang cerdas kita harus pintar memilih aplikasi-aplikasi yang akan kita download.

Selain melihat rating pada Google Play Store, sebaiknya kita juga melihat comment atau review dari pengguna lainnya. Hal ini berguna untuk mematikan bahawa aplikasi yang kita install berguna untuk smartphone kita.

Ya, Itu dia 5 tips menghemat baterai smartphone menurut TipsPintar.com. Jika ada kritik dan saran, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

Baca Juga Tips Android Lainnya !

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top