Tech-Fun!

5 Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online (Anti Tipu-tipu!)

Home / Tech-Fun! / 5 Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online (Anti Tipu-tipu!)

Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online

Tidak terasa besok seluruh umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Sudah pasti saat hari raya Idul Adha, di rumah akan ada banyak makanan khas hari raya Idul Adha seperti sate kambing, gulai dan lain sebagainya.

Selain itu, di berbagai negara juga memiliki tradisi unik saat hari raya Idul Adha. Seperti menyembelih hewan qurban di jalanan yang dilakukan masyarakat Mesir. Sama halnya dengan masyarakat Indonesia, sudah sepatutnya bagi muslim yang mampu untuk menyembelih hewan qurban.

Mulai dari kambing, sapi, kerbau, domba dan juga unta. Nah, karena saat ini Indonesia dilanda pandemi Covid dan Pemerintah menganjurkan untuk di rumah aja, sehingga kamu tidak bisa langsung membeli hewan qurban, kamu bisa kok membeli hewan qurban secara online. Nah, berikut ini tipsnya!

Mau Beli Hewan Qurban di Online? Perhatikan Tips Ini!

Sebelum membeli hewan qurban secara online. Jangan lupa untuk mengikuti tips-tips berikut ini ya!

1. Beli di Situs Tepercaya

Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online

Beli di Situs Tepercaya

Tips membeli hewan qurban secara online yang pertama adalah kamu harus membelinya di situs yang tepercaya. Membeli hewan qurban sekarang juga bisa kok di situs belanja online, seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Tapi sebelum membeli di situs tersebut, kamu harus memperhatikan deskripsinya terlebih dahulu. Apakah hewan akan diantar kota atau hanya sesama kota saja. Selain itu, pilih penyedia layanan hewa qurban yang memiliki prosedur yang jelas.

2. Perhatikan Syarat Hewan Qurban

Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online

Perhatikan Syarat Hewan Qurban

Selanjutnya perhatikan syarat hewan qurban. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebelum membeli hewan qurban kamu perlu membaca baik-baik deskripsi mengenai syarat hewan tersebut.

Jangan sampai kamu membeli hewan qurban yang belum memenuhi syarat. Karena syarat hewan qurban adalah hewan yang sehat (tidak cacat tubuh), cukup umur, dan lain sebagainya. Jadi jangan sampai kamu terjebak di modus penipuan online berkedok jual hewan qurban ya!

3. Pilih Mitra Ternak yang Tepercaya

Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online

Pilih Mitra Ternak yang Tepercaya

Berikutnya kamu bisa mengecek apakah toko yang menjual hewan qurban tersebut memiliki mitra yang tepercaya atau tidak. Karena lembaga penyedia layanan hewan qurban tepercaya memiliki mitra pemeliharaan dan perawatan yang jelas.

Jadi sebelum membeli jangan lupa menanyakan hal ini sebelum kamu memutuskan untuk bertransaksi. Hal tersebut bertujuan agar hewan qurban yang kamu beli nantinya mendapatkan perawatan yang optimal.

4. Bayar Sesuai dengan Harga yang Disepakati

Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online

Bayar Sesuai dengan Harga yang Disepakati

Jika kamu sudah menemukan kriteria hewan qurban yang sesuai, maka jangan lupa untuk membayar sesuai harga yang telah disepakati ya. Biasanya penyedia juga telah memberikan harga sesuai dengan jenis, bobot dan kualitasnya.

Jangan lupa untuk menawar atau menggunakan diskon yang disediakan oleh layanan penyedia atau kamu juga bisa memanfaatkan layanan aplikasi e-wallet untuk mendapatkan cashbak. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih hemat deh!

5. Terus Follow Up Perkembangan Hewan

Tips Membeli Hewan Qurban Secara Online

Terus Follow Up Perkembangan Hewan

Setelah kamu selesai menyepakati pembelian hewan qurban dan sudah ada jadwal pengirimannya. Jangan lupa untuk terus melakukan follow up mengenai perkembangan hewan yang sudah kamu booking.

Tidak ada salahnya untuk meminta laporan secara berkala mengenai kondisi hewan qurban yang kamu beli, agar ketika sampai tujuan bisa terpantau dengan baik dan memenuhi syarat berqurban.

So, itu dia gaes tips beli hewan qurban secara online. Nah, menurut kamu apa lagi sih tips membeli hewan qurban online? Kalaua da tulis ya di kolom komentar.

Oh iya, jangan lupa ya juga untuk share artikel ini ke teman-teman dan kerabat kamu ya. Siapa tau mereka sedang berencana membeli hewan qurban secara online 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top