Media Sosial

Cara Hemat Kuota Hingga 80% Saat Nonton YouTube

Cara Menghemat Kuota YouTube

YouTube merupakan salah satu situs media sosial untuk berbagai video. Tau nggak gais? YouTube juga merupakan situs yang memakan banyak kuota internet kamu terbanyak loh.

Makanya nggak heran jika kuota internet kamu cepat habis ketika membuka YouTube. Eitss.. tapi kamu tenang aja ada loh cara hemat kuota saat membuka YouTube.

Aplikasi YouTube

Aplikasi YouTube di iPhone

Berikut Adalah Cara Menghemat Kuota Internet Saat Bermain YouTube

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara hemat kuota internet ketika membuka YouTube. Jadi, simak baik-baik yaa gaiss..

1. Menonton YouTube Menggunakan Aplikasi Opera Max

Opera Max - Data Manager

Aplikasi Opera Max

Pertama, cara hemat kuota YouTube adalah dengan menggunakan aplikasi Opera Max. Aplikasi tersebut selain untuk browsing internet juga berguna untuk menonton YouTube tanpa boros kuota internet loh gais.

Aplikasi Opera Max ini juga merupakan salah satu aplikasi pengelola data atau biasa disebut data saving. Nah, aplikasi ini sangat membantu kamu untuk memangkas penggunaan kuota yang berlebihan.

Jadi, cara menggunakannya adalah kamu hanya membuka situs YouTube di Opera Max. Nantinya Opera Max akan mencatat penggunaan data setiap byte-nya dan menghemat kuota hingga 60%.

Baca Juga: Cara Cepat Download Video YouTube di Android

2. Download Offline Video di YouTube

Offline Video YouTube

Video Offline di YouTube

Kedua, cara hemat kuota saat streaming YouTube adalah dengan men-download video YouTube secara offline. Fitur terbaru YouTube ini sangat efektif loh gais buat kamu yang fakir kuota.

Karena kamu bisa memutar video di YouTube walaupun smartphone kamu tidak ada jaringan internet atau offline.

Nah, berikut cara hemat kuota saat nonton YouTube di Android dan iOS:

  • Buka aplikasi YouTube > Lalu pilih video yang ingin kalian tonton secara offline > Kemudian klikDownloads” > Selanjutnya close video dan klik Folder di bagian pojok kanan bawah pada layar.
Download Video di YouTube

Download Video YouTube

  • Kemudian klik “Download” > Sekarang kamu sudah bisa menonton video YouTube tanpa koneksi internet.
Download Video YouTube

Koleksi Download Video Offline YouTube

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

3. Aktifkan Fitur Penghematan Data pada Aplikasi Opera Mini

Opera Mini for Android

Aplikasi Opera Mini

Ketiga, cara menghemat kuota saat buka YouTube adalah dengan mengaktifkan fitur Penghematan Data di Aplikasi Opera Mini. Oh iya, aplikasi Opera Mini kini hadir dengan browser yang lebih ringan dan tentunya lebih hemat data.

Kelebihan aplikasi Opera Mini adalah terdapat fitur Penghematan Data saat membuka YouTube. Jadi, fitur tersebut akan membatasi penggunaan data internet dan juga mempercepat video YouTube.

BACA
10 Cara Ampuh Hasilkan Jutaan Rupiah dari YouTube

Nah, berikut cara mengaktifkan fitur Penghemat Data di Opera Mini:

  • Buka aplikasi Opera Mini > Kemudian klik icon Opera Mini di pojok kanan bawah > Selanjutnya klik icon “Settings” atau “Pengaturan”.
Pengaturan pada Opera Mini

Buka Menu Settings pada Aplikasi Opera Mini

  • Kemudian pada menu pengaturan klik “Penghematan Data” > Selanjutnya aktifkan dengan menggeser toggle pada fitur “Percepat Video”.
Penghemat Data Video

Aktifkan Fitur Penghemat Data Video pada Opera Mini

Baca Juga: Cara Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan Instagram

4. Gunakan Kualitas Terendah Saat Menonton YouTube

Memilih Kualitas Video di YouTube

Pilihan Kualitas Video pada YouTube

Keempat, cara menghemat kuota nonton YouTube di PC adalah dengan menurunkan kualitas video terendah di YouTube. Cara ini efektif loh gaes buat kamu yang tidak ingin boros kuota saat buka YouTube.

Nah, berikut cara menghemat kuota YouTube dengan menurunkan kualitas video:

  • Buka situs YouTube > Kemudian cari atau pilih video yang ingin kalian tonton > Selanjutnya klik Settings dibagian kanan bawah layar video.
Settings pada Penayangan Video di YouTube

Pengaturan pada Video YouTube

  • Kemudian kamu klik Quality untuk memilih kualitas video.
Pilih Menu Quality atau Kualitas Video di YouTube

Menu Quality atau Kualitas Video di YouTube

  • Selanjutnya kamu pilih kualitas yang diinginkan, semakin rendah kualitas video, maka semakin sedikit pula kuota yang diambil YouTube untuk memutar video.
Memilih Kualitas Video YouTube

Pilih Kualitas Video di YouTube

5. Gunakan Koneksi WiFi Saat Menonton Video YouTube

Koneksi WiFi

Koneksi Smartphone dengan WiFi

Kelima, cara menghemat kuota saat membuka YouTube adalah dengan menggunakan koneksi WiFi. Yups! Cara ini sangat sederhana banget gaes, kamu hanya perlu menggunakan koneksi WiFi untuk membuka YouTube.

Kenapa menggunakan WiFi? Karena biasanya jika kamu menggunakan Data Seluler dari Smartphone Android kamu, maka kuota internet akan cepat habis dan tentunya juga menonton video di YouTube agak sedikit lemot.

Nah, kamu bisa mencari WiFi di Sekolah, Kampus, Kafe ataupun Kantor. Selain hemat kuota juga biasanya WiFi tersebut lebih cepat koneksinya gaes.

6. Gunakan Aplikasi YouTube Go

YouTube Go

Aplikasi YouTube Go

Keenam, cara hemat kuota streaming YouTube adalah dengan menggunakan aplikasi YouTube Go. Yup! Kalian udah pada tau belum kalau YouTube akan segera merilis aplikasi tersebut.

Aplikasi YouTube Go berfungsi untuk menghemat kuota data internet ketika membuka YouTube. Kelebihan aplikasi ini juga dapat digunakan untuk daerah yang sinyal internetnya lemah loh gaes.

Selain itu, kelebihan aplikasi ini adalah terdapat preview video dalam bentuk slideshow sebelum kamu menontonnya. Jadi, kamu akan mendapatkan gambaran video sebelum menontonnya.

Jadi, lebih baik kamu menonton video di YouTube menggunakan aplikasi ini aje deh! Karena YouTube Go hanya menggunakan data internet kamu sekali saja, walaupun kamu menontonnya berulang kali.

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara hemat kuota buka YouTube. Oh iya, jangan lupa juga untuk share artikel ini agar sobat pintar lainnya tau cara hemat kuota saat YouTube. Nah, buat kamu yang punya kritik dan saran, boleh banget kamu tulis di kolom komentar bawah sini ya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top