Android

10 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Home / Android / Tips / 10 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Hemat Kuota Internet

Sebagian besar manusia sekarang ini akan menjelajah web menggunakan smartphone terbaik yang dimilikinya untuk mencari informasi dengan mudah. Ketika menjelajah web ini diperlukan kuota internet dari berbagai macam provider.

Sementara kecepatan transfer yang semakin cepat, maka provider akan membatasi kuota internet yang didapatkan. Biasanya provider akan memberikan tarif yang mahal untuk memasang paket kuota internet.

Nah, mau tidak mau pelanggan harus menggunakan WiFi atau kalau perlu menghemat kuota internet yang ada. Tapi tenang, ada loh cara menghemat kuota data internet.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Eits, sebelum kamu tau cara menghemat kuota internet, alangkah baiknya kamu tau nih penyebab lainnya yang membuat kuota internet cepat habis, berikut ini:

1. Mengaktifkan Fitur Update Otomatis Aplikasi

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Mengaktifkan Fitur Update Otomatis Aplikasi

Penyebab yang pertama adalah kamu mengaktifkan fitur update otomatis pada aplikasi. Walaupun update ini penting dan mencegah kerusakan pada aplikasi, namun tetap saja ketika update akan menyedot banyak kuota.

Lebih baik kamu atur lagi dengan meminta persetujuan kamu terlebih dahulu. Jadi nggak ada tuh update aplikasi yang tiba-tiba. Oh iya, terkadang ketika kamu menonaktifkan fitur otomatis update, akan ada aplikasi Android yang tidak bisa update.

Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan pengecekan rutin pada aplikasi-aplikasi yang kamu instal dan pastikan juga ketika update aplikasi menggunakan jaringan WiFi, guna untuk menghemat kuota.

2. Menginstal Aplikasi yang Menyedot Kuota

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Menginstal Aplikasi yang Menyedot Kuota

Penyebab selanjutnya adalah kamu menginstal aplikasi yang menyedot kuota terlalu banyak. Terkadang ada aplikasi yang bisa menghabiskan kuota padahal sedang tidak dijalankan atau dibuka.

Biasanya aplikasi ini berjalan di latar belakang. Contohnya aplikasi chatting seperti WhatsApp. Secara tidak sadar kita memiliki banyak grup di dalamnya yang telah di-mute. Jika ada chat dan media yang masuk namun tidak ada notif, tetap saja kuota kamu akan tersedot.

3. Melakukan Video Call Terlalu Lama

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Melakukan Video Call Terlalu Lama

Penyebab berikutnya adalah kamu melakukan video call terlalu lama. Percaya atau tidak, ternyata 1 menit melakukan video call di aplikasi video call seperti WhatsApp bisa menghabiskan kuota hingga 343KB.

Dengan kata lain, setiap 1 menit akan tersedot kuota 3MB. Bayangkan jika kamu melakukan video call hingga 1 jam lebih, maka akan menghabiskan hingga lebih dari 18.000KB. Jadi, gunakan fitur ini dengan bijak ya, jika kamu ingin menghemat kuota.

4. Bermain Game Terlalu Lama

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Bermain Game Terlalu Lama

Ternyata terlalu lama bermain game juga bisa cepat menghabiskan kuota kamu loh! Khususnya game online. Eits ini bukan menyuruh kamu untuk berhenti bermain game ya, tapi untuk mengingatkan kamu agar bermain game sewajarnya saja.

Bukan hanya kuota kamu aja yang abis, bermain game juga menimbulkan dampak negatif seperti datangnya penyakit akibat keseringan main game. Contohnya mata merah, tangan mudah pegal bahkan kelumpuhan otak.

5. Menggunakan Internet dengan Tidak Bijak

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Menggunakan Internet dengan Tidak Bijak

Penyebab kuota cepat habis selanjutnya adalah kamu menggunakan internet dengan tidak bijak. Sama seperti poin sebelumnya, kamu terlalu lama browsing atau terlalu lama main aplikasi media sosial, khususnya Instagram dan TikTok.

6. Mengaktifkan Google Maps Offline

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Mengaktifkan Google Maps Offline

Penyebab kuota cepat habis berikutnya adalah mengaktifkan fitur Google Maps offline. Yups, fitur ini emang berguna banget ketika traveling karena kamu bisa menggunakan Google Maps tanpa koneksi internet.

Tapi tau kah kamu kalau aplikasi ini ternyata akan membaca lokasi mana saja yang paling sering kamu lalui. Selain itu, sebelum mengaktifkan fitur ini, Google Maps akan men-download rute terlebih dahulu. Dengan begitu, kuota kamu akan tersedot.

7. Tidak Membatasi Penggunaan Kuota

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Tidak Membatasi Penggunaan Kuota

Penyebab yang terakhir, kamu tidak membatasi penggunaan kuota. Yups, saat ini sudah banyak smartphone terbaik yang menyediakan fitur untuk membatasi penggunaan kuota.

Sehingga ketika kamu akan melewati batas penggunaan, maka smartphone akan mengeluarkan notif peringatan. Dengan begitu, kamu akan sadar untuk berhenti menggunakan internet.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, tapi kuota kamu masih tersedot banyak, kamu perlu mengikuti tips menghemat kuota berikut ini:

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Uninstall Facebook

Uninstall Aplikasi Facebook

Cara yang pertama adalah dengan meng-uninstall atau menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Biasanya aplikasi yang terpasang di Android kamu menggunakan frekuensi kuota internet yang lebih rendah.

Walaupun aplikasi tersebut jarang digunakan dan hanya memakan frekuensi kuota yang lebih rendah, ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa kuota internet kamu cepat habis.

Cara menguninstall aplikasi dengan mudah adalah sebagai berikut:

Tutorial

  • Tekan icon aplikasi yang ingin kamu uninstall
  • Kemudian seret ke icon tempat sampah (Setiap tipe smartphone berbeda)
  • Selanjutnya klik “OK” untuk meng-uninstall atau menghapus aplikasi.

Jadi, mulai sekarang hapus aplikasi yang tidak kamu perlukan lagi ya gais, agar kuota internet kamu tidak cepat habis.

2. Gunakan Batas Penggunaan Data Internet

Mengatur Batas Data di Data Usage

Cara kedua adalah dengan menggunakan batas penggunaan data internet. Kamu bisa dengan mudah mengatur pengaturan batas penggunaan data untuk melacak penggunaan data internet. Nantinya kamu akan diberikan peringatan jika telah melebih batas pemakaian.

Nah, berikut cara untuk mengatur penggunaan data:

Tutorial

  • Klik menu “Settings”
  • Kemudian klik “Data Usage”
  • Lalu aktifkan opsi batas penggunaan data
  • Selanjutnya kamu bisa menetapkan batas pengguna data pada grafik dibagian bawah pilihan.

Cara ini sangat efektif untuk membantu mencegah kamu menggunakan kuota yang berlebihan, terlebih mencegah kamu agar tidak dikenakan biaya tambahan dari operator jika terjadi penggunaan ekstra kuota yang diizinkan.

3. Update Aplikasi Hanya dengan Terkoneksi WiFi Saja

Auto Update Aplikasi Play Store pada Android

Cara yang ketiga untuk hemat kuota adalah dengan meng-update aplikasi hanya dengan terkoneksi WiFi saja. Cara tersebut adalah salah satu cara ampuh menghemat kuota internet.

Mengapa ampuh? Karena ketika meng-update aplikasi dengan menggunakan Data Seluler, sudah dipastikan kuota internet akan cepat habis.

Update aplikasi memakan kuota internet yang cukup banyak dan ini penyebab kuota internet cepat habis. Nah, berikut cara mengubah fitur Auto-update aplikasi jika terkoneksi WiFi saja:

Tutorial

  • Buka aplikasi Play Store
  • Kemudian pilih menu “Settings”
  • Lalu klik “Auto-update apps”
  • Selanjutnya pilih “Auto-update apps over Wi-Fi only” (Setiap tipe smartphone berbeda).

Jadi, setelah kamu mengaktifkan fitur tersebut, secara otomatis aplikasi hanya meng-update jika tersambung WiFi dan pulsa internet kamu tidak akan terkuras lagi.

4. Matikkan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Auto Sync

Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis (Auto Sync)

Cara yang keempat adalah dengan mematikan fitur sinkronisasi atomatis atau auto sync. Sinkronisasi otomatis memungkinkan aplikasi menyinkronkan data kapan saja saat koneksi internet tersedia.

Jika kamu menggunakan aplikasi Dropbox atau aplikasi Google dan menggunakan cadangan otomatis maka secara otomatis foto yang kamu ambil akan disinkronkan ke akun cloud kamu.

Yap! Memang sinkronisasi otomatis tidak memerlukan banyak kuota internet, akan tetapi ketika kamu akan mengambil kembali foto kamu, maka foto tersebut akan memiliki ukuran sekitar Gigabyte (GB).

Jadi, sebaiknya matikan fitur Auto Backup atau sinkronisasi otomatis (auto sync) jika kamu ingin menyimpan lebih banyak kuota. Cara mematikan fitur sinkronisasi adalah sebagai berikut:

Tutorial

  • Tarik task bar pada layar smartphone kamu
  • Kemudian klik “Auto Sync” atau “Sinkronisasi Otomatis” (Setiap tipe smartphone berbeda).

Jangan lupa juga untuk memastikan fitur tersebut telah mati ya gais.

5. Gunakan Fitur Penghematan Data pada Google Chrome

Google Chrome

Aplikasi Google Chrome

Cara kelima adalah dengan mengkompres penggunaan data pada Google Chrome. Nah, dengan penghematan data ini kamu dapat menurunkan untuk memuat halaman web dari koneksi yang lebih cepat ke koneksi yang lambat.

Cara ini salah satu cara yang efektif, karena dapat mengurangi jumlah data internet yang digunakan Chrome. Berikut cara penghematan data pada Google Chrome:

Tutorial

  • Buka aplikasi Google Chrome
  • Kemudian klik icon 3 di pojok kanan atas
  • Lalu klik “Pengaturan”
  • Kemudian klik “Data Server”
  • Selanjutnya aktifkan pengaturannya.

Oh iya, yang perlu kamu ketahui fitur Penghematan Data pada Google Chrome tidak akan berfungsi jika kamu berada dihalaman aman dan juga jika kamu menggunakan mode penyamaran pada Google Chrome.

6. Blokir Semua Iklan

Block Ads

Blokir Iklan pada Android

Cara keenam untuk hemat kuota adalah dengan menghapus iklan atau kalau perlu memblokir iklan yang muncul dihalaman web browser maupun aplikasi.

Mengapa harus diblokir? Karena iklan di aplikasi Android akan menggunakan cukup banyak kuota data internet untuk memuat iklan dari server.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Free Adblocker Browser atau aplikasi lainnya untuk mencekal iklan yang sering muncul dilayar smartphone Android kamu.

7. Jangan Mendownload dan Mengirim Foto Maupun Video

Video GIF WhatsApp

Mengirim Video pada Aplikasi WhatsApp

Cara yang ketujuh adalah dengan tidak men-download dan mengirim foto maupun video di aplikasi chatting seperti WhatsApp, LINE, Facebook dan Instagram.

Terlebih lagi jika kamu sering menggunakan aplikasi WhatsApp. Taukah kamu bahwa aplikasi WhatsApp adalah aplikasi yang paling banyak menggunakan kuota data.

Nah, untuk aplikasi WhatsApp kamu bisa mengaturnya agar tidak secara otomatis men-download foto maupun video. Berikut ini cara menghemat kuota pada WhatsApp:

Tutorial

  • Buka aplikasi WhatsApp > Klik icon titik 3 vertikal di pojok kanan atas
  • Kemudian klik “Setelan”
  • Selanjutnya klik “Penggunaan Data”
  • Kemudian pada UNDUH OTOMATIS MEDIA pada bagian “Data Seluler” kamu uncheck untuk Foto, Audio, Video dan Dokumen.

Selain itu, aplikasi Instagram juga menjadi aplikasi yang memakan kuota internet terbanyak loh. Jadi, lebih kamu kurang-kurangin deh menggunakan aplikasi Instagram untuk mengupload foto dan video.

8. Matikan Data Seluler dan WiFi

WiFi Android

Matikan Fitur WiFi pada Android

Cara hemat kuota kesembilan adalah dengan mematikan fitur Data Seluler dan juga WiFi. Lebih baik kamu matikan fitur tersebut jika kamu memang benar-benar tidak membutuhkannya lagi ya.

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan tentunya efektif. Karena jika kamu mengaktifkan terus menerus fitur Data Seluler dan WiFi, otomatis server Android akan terus menguras kuota internet kamu untuk aplikasi di latar belakang.

9. Hitung Penggunaan Data Internet Kamu

Data Usage

Menghitung Penggunaan Kuota di Data Usage

Cara yang kesembilan adalah dengan terus melacak dan memeriksa secara teratur penggunaan data internet kamu dengan melihat di fitur Data Usage. Kamu bisa merencanakan sesuai dengan batas penggunaan bulanan.

Seperti yang telah dijelaskan pada point 2, kamu bisa menetapkan batas pada aplikasi dan menghindari penggunaan data secara berlebihan. Nah, dengan cara ini kamu akan terus memantau sejauh mana sih kuota internet kamu dihabiskan.

10. Install Aplikasi Data Monitor

Data Usage Monitor

Aplikasi Data Usage Monitor

Cara yang kesepuluh adalah dengan menggunakan aplikasi Data Usage Monitorkamu bisa men-download aplikasi penghemat kuota tersebut secara gratis di Play Store. Nah, aplikasi ini pun sangat mudah digunakan untuk mengelola penggunaan kuota internet kamu.

Aplikasi Data Usage Monitor dapat membantu kamu untuk mengukur lalu lintas data harian kamu secara akurat dan menganalisa data dengan mudah untuk dimengerti.

Aplikasi ini juga dapat memunculkan peringatan saat kamu mencapai batas penggunaan kuota data internet dan dapat mencegah kamu dari penggunaan data secara berlebihan.

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tahukan cara menghemat kuota internet, apalagi cara tersebut sangat cocok untuk kamu yang ingin menghemat kuota Telkomsel, 3 (Three), Axis, Indosat, Smartfren dan banyak lagi yang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top