Tips

Cara Membuka Kunci iPhone Jika Lupa Password (iPhone is Disabled)

Cara Membuka Kunci iPhone Jika Lupa Password

iPhone is Disabled“, adalah peringatan yang biasanya muncul pada perangkat iPhone kamu jika terlalu sering salah memasukkan password iPhone guys.

Mula-mula memang kamu masih dapat menunggu beberapa menit untuk bisa kembali mencoba membuka password.

iPhone is Disabled

iPhone is Disabled

Namun jika sudah terlalu lama dan kamu tetap salah memasukkan password, maka iPhone kamu itu tidak bisa dibuka untuk selamanya.

Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya?

Yaps, satu-satunya cara membuka kunci iPhone jika lupa password adalah dengan melakukan hard reset iPhone tersebut guys.

Eits, kalau sudah melakukan hard reset, tentu seluruh data yang ada di perangkat tersebut akan hilang ya. Oleh sebab itu ada baiknya kamu rutin melakukan backup ke akun iCloud.

Lantas bagaimana cara membuka kunci iPhone jika lupa password? Simak artikel ini sampai habis ya!

Apa itu Hard Reset iPhone?

Banyak orang yang mengartikan Hard Reset sama dengan Factory Reset. Memang tidak salah jika menyebutkan begitu, hanya saja kurang tepat.

1. Factory Reset

Factory Reset

Factory Reset

Factory reset adalah mengembalikan smartphone ke settingan pabrik (Seperti membeli baru) tanpa menggunakan kombinasi tombol.

Untuk melakukan Factory Reset di iPhone, biasanya kamu akan masuk ke menu Settings > General > Reset > Reset All Settings.

Dengan memilih menu Reset All Settings, maka seluruh data yang ada di iPhone termasuk password, file penting, hingga aplikasi akan hilang.

Maka bisa diartikan bahwa Factory Reset bisa kita lakukan ketika kita masih bisa mengoperasikan smartphone tersebut. Jadi kamu masih bisa melakukan backup terlebih dahulu.3

Baca Juga: Perbedaan iPhone Refurbished, Original dan Rekondisi

2. Hard Reset

Hard Reset

Hard Reset

Hard reset adalah mengembalikan smartphone ke settingan pabrik sama seperti Factory Reset, hanya saja kamu perlu menggunakan kombinasi tombol dan masuk ke mode Recovery.

Sama seperti hard reset Android, untuk hard reset iPhone juga menggunakan kombinasi tombol untuk bisa masuk mode DFU (Mode Recovery iPhone).

Eits, tentu untuk berbagai tipe iPhone juga berbeda kombinasi tombol yang digunakan. Nah, untuk perbedaannya, nanti saya kasih tau pada artikel ini.

Oh iya, Hard Reset biasanya dilakukan apabila kita tidak bisa melakukan factory reset. Misalnya smartphone kita lupa kata sandi atau hal lainnya yang membuat kamu tidak bisa mengakses smartphone.

Dengan begitu kamu tidak memiliki kesempatan untuk bisa melakukan backup terlebih dahulu, jadi hanya bisa melakukan reset ulang saja.

Baca Juga: Cara Memindahkan Foto dari Laptop ke iPhone

3. Kesimpulannya

Hard reset dan Factory reset memiliki kesamaan dalam hal mengembalikan data smartphone ke setelan pabrik, hanya saja memiliki perbedaan pada metode yang digunakan.

Tentu dari masing-masin cara tersebut ada kelebihan serta kekurangannya masing-masing ya. Tinggal kamu pilih saja ingin menggunakan yang mana.

Contohnya seperti kasus lupa password iPhone ini guys. Karena tidak bisa melakukan Factory Reset, maka satu-satunya jalan yang bisa dilakukan adalah melakukan hard reset.

Baca Juga: Cara Membuka Kunci Pola yang Lupa di Android

Cara Membuka Kunci iPhone Jika Lupa Password

Jika kamu mengalami kondisi dimana iPhone tidak bisa digunakan akibat salah memasukkan passcode atau password pembuka layar, maka satu-satunya jalan yang bisa ditempuh adalah melakukan hard reset.

Daripada kamu harus membayar ke tempat servis hanya untuk melakukan hal tersebut, kenapa kamu tidak coba sendiri saja dirumah.

Tenang guys caranya gampang banget kok, kamu hanya memerlukan PC yang sudah terinstall dengan iTunes terbaru saja.

Berikut ini langkah-langkah mengatur ulang iPhone yang lupa password.

  • Mula-mula, kamu harus download dan install terlebih dahulu software iTunes versi terbaru di PC kamu. Kamu bisa men-downloadnya melalui situs resmi iTunes.
Install iTunes

Install iTunes

  • Jika sudah di download dan install, sekarang kamu buka iTunes tersebut.
  • Selanjutnya matikan perangkat iPhone kamu. Pastikan iPhone tersebut benar-benar mati, lalu kamu perlu masuk ke mode DFU (Mode Recovery iPhone).

Gimana cara masuk mode DFU pada perangkat iPhone? Ini caranya:

  • Untuk perangkat iPhone 6S ke bawah, kamu bisa masuk ke mode DFU dengan menggunakan kombinasi tombol “Home + Volume Down“. Tahan untuk beberapa saat ketika perangkat iPhone sedang mati, maka iPhone kamu akan masuk ke mode DFU .
Masuk Mode DFU iPhone 6S

Masuk Mode DFU iPhone 6S

  • Sedangkan untuk perangkat iPhone 7 atau 7 Plus, kamu bisa masuk ke mode DFU dengan menggunakan kombinasi tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan untuk beberapa saat.
Masuk Mode DFU iPhone 7

Masuk Mode DFU iPhone 7

  • Untuk perangkat iPhone 8 hingga X Series, kamu bisa masuk ke mode DFU dengan menekan tombol Volume Up lalu lepaskan, tekan tombol Volume Down lalu lepaskan, dan tahan tombol Power hingga masuk ke mode DFU.
Masuk Mode DFU iPhone 8

Masuk Mode DFU iPhone 8

Nah, jika kamu sudah masuk ke mode DFU di perangkat iPhone, kamu bisa langsung melanjutnya langkah-langkah ini.

  • Apabila sudah muncul tampilan mode DFU seperti berikut ini, hubungkan iPhone kamu ke PC menggunakan kabel USB.
Berhasil Masuk Mode DFU

Berhasil Masuk Mode DFU

  • Jika sudah terhubung, maka iTunes akan menampilkan Pop-up dengan pilihan Pulihkan atau Update. Kamu pilih “Pulihkan“.
Pilih Pulihkan

Pilih Pulihkan

  • Selanjutnya kamu diminta untuk melakukan konfirmasi apakah ingin melakukan pemulihan data, pilih saja “Pulihkan dan Perbarui“.
Pilih Pulihkan dan Perbarui

Pilih Pulihkan dan Perbarui

  • Akan muncul pop-up tentang Pembaruan Perangkat Lunak, kamu pilih “Berikutnya“.
Pilih Berikutnya

Pilih Berikutnya

  • Lalu akan muncul informasi mengenai Perjanjian Lisensi Perangkat Lunak iOS, pilih saja “Setuju“.
Pilih Setuju

Pilih Setuju

  • Secara otomatis iTunes akan mendownload iOS terbaru untuk perangkat kamu. Tunggu hingga proses download selesai.
Tunggu Pengunduhan

Tunggu Pengunduhan

  • Jika proses download telah selesai, iTunes akan mengambil iOS yang ada di perangkat kamu untuk digantikan dengan iOS baru. Tunggu hingga proses selesai.
Tunggu Pemulihan Data

Tunggu Pemulihan Data

  • Apabila proses telah selesai, maka akan muncul pop-up di iTunes berisi pemberitahuan bahwa iPhone kamu telah berhasil di reset ulang. Pilih saja “OKE“.
iPhone Berhasil di Reset Ulang

iPhone Berhasil di Reset Ulang

  • Jika kamu sudah menekan tombol OKE, secara otomatis iPhone kamu akan melakukan restart ulang. Diamkan saja hingga selesai.
iPhone Sedang di Reset Ulang

iPhone Sedang di Reset Ulang

  • Begitu semua proses telah selesai, kini kamu tinggal mengatur iPhone seperti saat baru dulu. Pilih bahasa dan region, hubungkan ke internet, atur touch ID, dan memasukkan password baru.
  • Nah, selanjutnya ada salah satu hal yang cukup penting nih guys. Kamu bisa memilih untuk membackup data yang pernah tersimpan di iCloud atau ingin memulai perangkat dari awal lagi seperti yang baru dulu.
Pilih Menu

Pilih Menu

  • Jika kamu ingin membackup data dari iCloud, kamu tinggal memilih menu “Restore from iCloud Backup“. Namun jika ingin memulai baru, kamu tinggal memilih menu “Set Up as New iPhone“.
  • Maka masalah iPhone yang terkunci atau “iPhone is Disabled” karena lupa password telah teratasi tanpa perlu membawa perangkat iPhone ke tempat servis.
iPhone Tampil Baru

iPhone Tampil Baru

Nah, begitulah cara membuka kunci iPhone jika lupa password dengan cepat dan mudah tanpa perlu pergi ke tempat servis.

BACA
Cara Mencoba Aplikasi Android Tanpa Harus Install

Oh iya, saya juga mau kasih tau ke kamu nih Tips dan Trik agar tidak mengalami lupa passcode iPhone. So, pahami baik-baik ya!

Cara Alternatif Agar Tidak Lupa Passcode

Kali ini, saya akan membahas tips dan trik agar kamu tidak mudah lupa terhadap pola password yang digunakan di iPhone.

1. Catat Kombinasi Password di Tempat Rahasia

Catat Ditempat Lain

Catat Ditempat Lain

Kamu bisa memanfaatkan benda di sekitar untuk mencatat Password iPhone. Dengan begitu jika kamu lupa, kamu dapat melihat ke catatan tersebut deh.

2. Gunakan Password yang Mudah Diingat

Gunakan PIN yang Mudah Diingat

Gunakan PIN yang Mudah Diingat

Saya sarankan kamu untuk menggunakan PIN yang mudah diingat, namun sulit diketahui oleh orang lain tentunya ya guys.

Gunakan tanggal spesial, atau kombinasi angka apapun yang menurut kamu mudah untuk diingat dan dihafalkan.

3. Manfaatkan Touch ID (Fingerprint) atau Face ID

Touch ID dan Face ID

Touch ID dan Face ID

Jika kamu menggunakan fitur Touch ID atau Face ID pada perangkat iPhone, maka kamu bisa memanfaatkan Touch ID dan Face ID tersebut. Hanya saja tidak semua tipe iPhone memiliki fitur Touch ID dan Face ID ya.

Touch ID, Fingerprint, atau 3D Touch biasanya terdapat pada perangkat iPhone tipe 5S hingga iPhone 8 Plus. Sedangkan untuk perangkat iPhone 5 ke bawah tidak ada.

Dan untuk fitur Face ID, saat ini hanya terdapat pada perangkat iPhone X ke atas.

Nah, dengan menggunakan fitur Touch ID, kamu bisa membuka password iPhone hanya dengan menempelkan sidik jari yang terdaftar ke tombol Home.

Sedangkan untuk fitur Face ID, kamu bisa membuka password hanya dengan menampilkan wajah saja loh.

Eits, tapi jangan senang dulu ya. Jika kamu mematikan HP dan menyalakan kembali, maka perlu memasukkan password guys.

Jadi kamu dapat memanfaatkan Touch ID atau Face ID untuk segera mem-backup data ke iCloud guys.

Atau kamu bisa memanfaatkan kedua fitur tersebut untuk sementara membuka perangkat hingga kamu dapat mengingat kembali password yang lupa guys.

Akhir Kata

Begitulah cara membuka kunci iPhone jika lupa password. Gampang banget ya guys? Tinggal lakukan hard reset, maka masalah kamu selesai deh.

Jangan lupa share artikel ini ke teman kamu yang punya masalah seperti ini ya. Pantengin terus website Tips Pintar untuk mendapatkan informasi-informasi menarik seputar teknologi lainnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top