Tips

Cara Reset HP Android dengan Mudah (Samsung, Xiaomi, Oppo, dll)

Cara Reset HP

HP Android kamu mengalami masalah berat, seperti ada aplikasi yang error? Kalau iya, maka satu-satunya cara yang harus kamu lakukan adalah me-reset HP atau Factory Reset ya guys.

Dengan cara reset hp, maka smartphone kamu itu akan terasa seperti baru ya guys. Tapi tetap saja cara ini memiliki konsekuensi ya.

Konsekuensi yang bisa kamu terima jika melakukan reset HP adalah hilangnya seluruh data yang ada di HP tersebut.

Jadi jika kamu melakukan reset ulang, maka seluruh data, baik akun maupun file yang tersimpan di dalamnya akan terhapus.

Kenapa Harus Reset Smartphone?

Nah, pasti kamu bertanya-tanya kan, kenapa sih kita harus reset ulang smartphone? Atau dalam keadaan apa kita harus me-reset ulang smartphone?

Berikut saya sajikan beberapa hal yang membuat kamu harus me-reset ulang smartphone.

1. Terdapat Virus

Terdapat Virus di HP

Terdapat Virus di HP

Tentu jika smartphone kamu terjangkit virus, satu-satunya cara yang paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset ulang pabrik pada HP tersebut guys.

Loh, kenapa nggak pakai aplikasi Antivirus aja?

Kamu dapat menggunakan aplikasi Antivirus hanya untuk berjaga-jaga guys. Karena beberapa virus masih bisa terdeteksi serta ditangani oleh aplikasi-aplikasi antivirus tersebut.

Namun jika smartphone kamu terjangkit virus yang sangat berbahaya, maka satu-satunya jalan adalah dengan melakukan reset ulang pabrik.

2. Ingin Menjual Smartphone

Ingin Jual HP

Ingin Jual HP

Jika ingin menjual smartphone yang kamu miliki, maka ada baiknya untuk melakukan reset ulang pabrik ya guys.

Kenapa sih harus setel ulang pabrik jika ingin jual HP bekas?

Selain menghilangkan seluruh data pribadi kamu yang ada di HP tersebut, melakukan setel ulang pabrik juga bisa membuat HP tersebut terlihat seperti baru.

Karena semua aplikasi, data, serta file-file sampah akan terhapus dari HP tersebut. Dan membuat HP tersebut akan terasa ringan dan nyaman ketika digunakan oleh pemilik barunya.

3. Lupa Pola

Lupa Pola HP

Lupa Pola HP

Sebelumnya Tips Pintar pernah membahas cara membuka pola HP yang lupa ya guys. Pada cara itu, salah satu cara ampuh untuk mengatasi lupa pola adalah dengan mereset ulang HP tersebut.

Jadi setelah direset ulang, password yang ada di HP kamu tidak akan ada, karena file-file yang ada perangkat kamu itu telah dihapus.

4. Kinerja Smartphone Menjadi Lambat

HP Error

HP Error

Ketika kamu menginstall banyak aplikasi di smartphone, maka kinerja smartphone kamu juga akan menurun loh guys. Bisa itu lag, panas, atau pun menjadi error.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka reset ulang smartphone menjadi jalan keluarnya. Dengan me-reset ulang, kinerja smartphone kamu akan terasa sama seperti baru di beli.

Lantas bagaimana cara reset HP Android untuk semua tipe? Tenang guys, saya akan mengulas lengkap lewat cara-cara berikut ini. Jadi, simak baik-baik ya!

Gampang Banget, Begini Cara Reset HP Android dengan Mudah

Untuk mereset HP Android, kamu bisa menggunakan beberapa cara yang saya sajikan berikut ini. Apa aja ya guys?

Cara Reset HP Lewat Pengaturan

Cara reset HP termudah yang tentunya bisa kamu lakukan adalah melalui Pengaturan guys. Dengan cara ini, kamu hanya tinggal masuk ke menu Pengaturan, lalu lakukan reset ulang deh.

Tapi sebelum melakukan cara reset HP ini, saya sarankan untuk kamu melakukan backup terlebih dahulu terhadap file-file penting yang ada di HP tersebut guys.

Jangan lupa backup chat WhatsApp agar seluruh percakapan penting kamu tidak terhapus. Kamu juga perlu membackup chat sosial media lainnya seperti LINE ya guys.

Lalu bagaimana cara reset ulang HP melalui Pengaturan? Berikut ini langkah-langkah mudah yang bisa kamu lakukan.

Langkah-langkah Reset Ulang Setelan Pabrik Lewat Pengaturan:

  • Mula-mula, kamu harus masuk ke “Pengaturan/Setelan/Settings” yang ada di perangkat smartphone kamu.
Buka Pengaturan

Buka Pengaturan

  • Lalu cari menu yang mengarah ke Setel Ulang Pabrik. Untuk bisa masuk ke menu Setel Ulang Pabrik, mula-mula kamu harus masuk ke menu “Pengaturan Lainnya“.
Pilih Pengaturan Lainnya

Pilih Pengaturan Lainnya

  • Pada menu Pengaturan Lainnya, terdapat beberapa pilihan menu yang bisa dipilih. Untuk mengatur ulang HP, kamu pilih “Buat Cadangan & Atur Ulang“.
Pilih Buat Cadangan dan Atur Ulang

Pilih Buat Cadangan dan Atur Ulang

  • Kemudian pilih menu “Hapus semua data” untuk mereset ulang smartphone.
Pilih Hapus Semua Data

Pilih Hapus Semua Data

  • Akan ada peringatan bahwa cara ini akan menghapus seluruh data termasuk akun-akun yang ada di HP tersebut. Jika kamu sudah yakin ingin mengembalikan ke setelan awal, kamu pilih “Bersihkan Sekarang“.
Pilih Bersihkan Sekarang

Pilih Bersihkan Sekarang

Setelah melakukan cara di atas, smartphone kamu akan melakukan reset ulang dan semua  data yang ada di HP tersebut akan hilang guys.

BACA
Tips Menggunakan Yi Sun-shin di Mobile Legends + Build Item Terbaik

Begitulah cara melakukan reset ulang HP melalui Pengaturan. Pada beberapa perangkat mungkin caranya sedikit berbeda. Perbedaannya pun hanya terletak pada saat kamu mencari menu “Setel Ulang HP”-nya.

Cara Reset Ulang Lewat Android Device Manager (Alternatif)

Selain untuk melacak smartphone yang hilang, ternyata Android Device Manager bisa digunakan untuk mereset ulang HP kamu loh.

Kok bisa?

Yaps, dengan menghapus akun Google secara paksa yang terhubung di perangkat kamu, maka secara otomatis seluruh data yang ada akan terhapus pula guys.

Jika ingin menggunakan cara ini, maka kamu harus mem-backup semua file yang ada di HP itu terlebih dahulu ya.

Apabila sudah di-backup, selanjutnya kamu tinggal mengikuti cara ini guys. Tentu cara ini sama seperti ketika kamu kehilangan hp ya.

  • Hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah membuka halaman www.google.com/android/find. Selanjutnya kamu harus login dengan akun Gmail yang terhubung ke HP yang akan di reset ulang.
Login Gmail

Login Gmail

  • Jika sudah login, maka akan muncul informasi tentang HP kamu itu. Serta terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan.
Atur HP

Atur HP

  • Nah, untuk menghapus akun Google yang terhubung, kamu pilih fitur “Erase Device”.
Hapus Perangkat

Hapus Perangkat

Secara otomatis HP kamu akan melakukan restart ulang dan menghapus seluruh data yang ada di sistemnya. Setelah menyala kembali, smartphone tersebut akan tampil seperti baru deh.

Cara Hard Reset HP Android

Apa bedanya hard reset dengan reset ulang yang tadi lewat menu Pengaturan sih guys?

Perbedaannya terletak pada cara melakukannya guys. Jika pada cara melalui menu Pengaturan tadi HP kamu dalam kondisi masih bisa menyala, beda halnya dengan hard reset ini guys.

Cara ini hanya dapat kamu gunakan apabila smartphone kamu benar-benar tidak bisa menyala lagi. Contohnya seperti stuck di loading screen, atau yang lainnya.

Semua smartphone tentu bisa melakukan hard reset, tinggal mematikan HP, lalu masuk ke menu Android Recovery.

Bagaimana cara melakukannya? Simak langkah-langkah berikut ini.

 1. Cara Hard Reset Asus, Samsung, dan lainnya

  • Mula-mula matikan HP Android kamu guys. Pastikan bahwa smartphone tersebut benar-benar mati.
  • Jika smartphone sudah dalam keadaan mati, tekan tombol “Volume Down + Power” secara bersamaan untuk beberapa saat hingga muncul tampilan Android Recovery.
Masuk Menu Recovery

Masuk Menu Recovery

  • Pada menu tersebut, gunakan Volume Up untuk berpindah ke atas, dan Volume Down untuk ke bawah. Sedangkan tombol Power untuk OK.
  • Gunakan Volume Down untuk berpindah ke bawah menuju menu “Wipe data/factory reset“. Tekan tombol Power untuk membuka menu tersebut.
Pilih Wipe Data

Pilih Wipe Data

  • Akan muncul notifikasi apakah kamu ingin melakukan factory reset atau tidak. Pilih “Yes“, lalu tekan tombol Power.
Pilih Yes

Pilih Yes

  • Maka secara otomatis smartphone tersebut akan menghapus seluruh data yang ada didalamnya.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa menggunakan kembali seperti HP baru.

Begitulah cara reset HP Android. Cara tersebut digunakan pada perangkat smartphone Asus Zenfone Max Pro M2, jika kamu menggunakan perangkat lain, mungkin sedikit berbeda.

Namun untuk masuk ke menu Android Recovery, caranya tetap sama kok guys. Oh iya, buat kamu para pengguna HP Xiaomi, saya juga mau kasih tau cara hard reset HP Xiaomi guys.

2. Cara Hard Reset Xiaomi

Berikut ini cara reset HP Xiaomi. Biasanya ketika kamu masuk ke menu recovery mode, bahasa yang digunakan adalah Mandarin.

Nah, kali ini saya mau kasih tau juga cara mengganti bahasa pada recovery mode Xiaomi, agar kamu lebih mudah ketika melakukan hard reset.

  • Mula-mula, matikan HP Xiaomi kamu. Pastikan sudah mati total. Lalu tekan kombinasi tombol Volume Up + Power untuk beberapa saat hingga masuk ke recovery mode.
  • Jika sudah masuk ke recovery mode coba lihat, menu-menu yang tersedia berbahasa mandarin. Untuk mengubahnya menjadi bahasa Inggris, kamu pilih menu yang saya tandai ini.
Pilih Ini untuk Ganti Nama

Pilih Ini untuk Ganti Nama

  • Nah, sekarang menu-menu tersebut berubah menjadi bahasa Inggris kan. Untuk melakukan hard reset, kamu pilih menu “Recovery“.
Pilih Menu Recovery

Pilih Menu Recovery

  • Selanjutnya kamu pilih menu “Wipe Data“. Untuk memilih menu tersebut, gunakan tombol volume up atau volume down, sedangkan tombol Power untuk Confirm.
Pilih Wipe Data

Pilih Wipe Data

  • Terakhir kamu tinggal memilih menu “Wipe All Data“. Maka HP Xiaomi kamu akan melakukan reset ulang guys.
Pilih Wipe All Data

Pilih Wipe All Data

Akhir Kata

Begitulah cara reset HP Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, Vivo, dan lainnya. Gimana? Gampang banget kan guys? Jangan lupa backup data kamu dulu sebelum melakukan reset ulang.

Share artikel ini ke teman kamu yang mengalami masalah dengan smartphone miliknya ya. Jangan lupa pantengin terus website Tips Pintar untuk mendapatkan ilmu baru lagi.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top