Tips

Cara Membuka Pola HP yang Lupa di Semua Android (Paling Ampuh!)

Cara Membuka Pola HP yang Lupa di Semua Android (Paling Ampuh!) 8

Mengunci HP menggunakan Pola tentu menjadi hal yang sangat penting untuk kamu ya guys. Ya, meskipun saat ini banyak smartphone yang menggunakan cara keamanan lain seperti Fingerprint atau Face ID.

Tapi tetap saja untuk menggunakan Fingerprint atau Face ID, terlebih dahulu kamu harus mendaftarkan kata sandi berupa Pola atau PIN untuk berjaga-jaga apabila Fingerprint atau Face ID kamu rusak.

Buka Pola HP

Buka Pola HP

Lalu apa jadinya jika Face ID atau Fingerprint kamu rusak, dan kamu lupa pola HP? Wah, pasti bakal bingung banget ya.

Eits, tapi tenang aja guys, karena ada loh cara membuka pola HP yang lupa. Bahkan caranya cukup mudah untuk kamu lakukan.

Lupa Pola HP? Begini Cara Membuka Pola HP yang Lupa di Smartphone Android

Cara Buka Pola HP

Cara Buka Pola HP

Tentu kita semua tahu bahwa menggunakan pola HP sangatlah penting terutama untuk menjaga data-data pribadi maupun privasi kita yang ada di HP tersebut.

Dan yang paling penting, menggunakan pola HP adalah untuk mengantisipasi kejahilan oknum yang tidak bertanggung jawab kan.

Untuk mengatasi hal itu, kamu pasti akan menggunakan pola HP yang cukup rumit ya?

Eits, tapi bisa saja menggunakan pola HP yang rumit, bakal membuat kamu lupa pola yang digunakan.

Penyebab Lupa Pola HP Android:

Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan kamu lupa pola HP. Berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi ke kamu.

  • Sering sekali mengganti pola kunci yang membuat kamu lupa pola HP.
  • HP Android sudah terlalu lama tidak digunakan dan pastinya kamu lupa dengan pola HP.
  • Pola yang digunakan sangat rumit, sehingga kamu akan sulit untuk mengingat pola HP yang digunakan.

Itulah beberapa penyebab yang biasanya berkemungkinan membuat kamu lupa pola HP. Nah, ketika kamu lupa pola HP yang digunakan, ada baiknya untuk mengikuti cara-cara yang Tips Pintar sajikan berikut ini.

1. Buka Pola dengan Fitur Lupa Pola/Forgot Pattern

Menggunakan Lupa Pola

Menggunakan Lupa Pola

Cara pertama ini adalah menggunakan fitur “Lupa Pola/Forgot Pattern”. Nah, biasanya fitur terdapat pada berbagai macam hp Android. Namun tidak sedikit juga HP yang tidak tidak memiliki fitur ini guys.

Ada berbagai macam hal yang disajikan oleh fitur Lupa Pola/Forgot Pattern ini, seperti meminta kamu untuk memasukkan akun Google, menjawab pertanyaan yang jawabannya hanya diketahui oleh kamu, atau hal lainnya.

Contoh pada HP Luna G6 berikut yang Tips Pintar gunakan. Pada smartphone ini, fitur “Lupa Pola/Forgot Pattern”, mengharuskan saya untuk menjawab pertanyaan yang jawabannya hanya diketahui oleh saya pribadi.

Pertanyaan tersebut biasanya diberikan ketika pertama kali menggunakan HP ini guys. Jadi, kamu harus mengingat jawaban dari pertanyaan yang pertama kali diberikan.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Mula-mula, kamu harus memasukkan pola yang salah berkali-kali hingga muncul tombol “Lupa Pola/ Lupa Kata Sandi/ Forgot Pattern”. Jika sudah muncul, kamu tap pada tombol tersebut.
Pilih Lupa Kata Sandi

Pilih Lupa Kata Sandi

  • Nah, bisa dilihat pada tampilan awal, saya harus mengisi pertanyaan “Siapa nama panggilan anda waktu kecil?”. Tentu jawabannya hanya saya saja yang mengetahuinya ya. Setelah mengisi jawaban, tinggal pilih tombol Konfirmasi deh.
Isi Jawaban

Isi Jawaban

  • Maka layar HP akan terbuka sendiri tanpa perlu menggunakan pola. Nah, ketika sudah terbuka, kamu diharuskan mengatur ulang kata sandi HP guys. Bisa menggunakan Pola, PIN, atau Sandi.
Mengatur Ulang Kata Sandi

Mengatur Ulang Kata Sandi

Nah, begitulah cara membuka pola hp yang lupa menggunakan fitur “Lupa Pola”. Untuk Android, tentu caranya sama meskipun berbeda sedikit.

Ada yang menggunakan pertanyaan, ada pula yang mengharuskan kamu memasukkan akun Google yang terhubung di Android tersebut.

Nah, untuk masalah akun Google, kamu hanya tinggal mengisikan alamat email, serta password akun Google yang terhubung.

Maka secara otomatis HP Android kamu akan terbuka, dan kamu tinggal memasukkan kata sandi baru guys. Gimana? Gampang banget ya.

2. Menggunakan Android Device Manager

Menggunakan Find My Device

Menggunakan Find My Device

Selanjutnya ada cara membuka pola HP yang lupa menggunakan Android Device Manager guys.

Memang bisa ya Android Device Manager digunakan untuk membuka pola HP? Bukannya Android Device Manager digunakan untuk melacak HP yang hilang?

BACA
10 Aplikasi Edit Foto Jadi Musik di Android 2019

Eits, Android Device Manager juga bisa digunakan untuk membuka pola HP kok. Hanya saja, kamu harus menghapus data akun Google yang terhubung di perangkat tersebut guys.

Jadi bisa dibilang, menggunakan Android Device Manager sama saja seperti me-reset data Android kamu guys.

Oleh sebab itu, kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah ingin menggunakan cara ini atau tidak.

Jika ingin menggunakan cara ini, maka kamu harus mem-backup semua file yang ada di HP itu terlebih dahulu ya.

Apabila sudah di-backup, selanjutnya kamu tinggal mengikuti cara ini guys. Tentu cara ini sama seperti ketika kamu kehilangan hp ya.

  • Hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah membuka halaman¬†www.google.com/android/find. Selanjutnya kamu harus login dengan akun Gmail yang terhubung ke HP yang lupa password tadi.
Login Gmail

Login Gmail

  • Jika sudah login, maka akan muncul informasi tentang HP kamu itu. Serta terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan.
Atur HP

Atur HP

  • Nah, untuk menghapus akun Google yang terhubung sekaligus membuka pola HP, kamu pilih fitur “Erase Device”.
Hapus Perangkat

Hapus Perangkat

Secara otomatis HP kamu yang tidak bisa dibuka pola-nya akan melakukan restart. Setelah menyala kembali, smartphone tersebut akan tampil seperti baru tanpa di-password oleh apapun.

Kamu tinggal melakukan backup data agar data-data kamu kembali seperti semula. Ingat! Kamu harus pertimbangkan sebelum menggunakan cara ini ya.

3. Membuka Pola yang Lupa Dengan Hard Reset

Hard Reset Smartphone

Hard Reset Smartphone

Langkah terakhir yang bisa kamu gunakan untuk membuka pola HP yang lupa adalah dengan melakukan Hard Reset smartphone guys.

Eits, karena cara ini merupakan Hard Reset, maka seluruh data yang ada di HP kamu itu bakalan hilang ya guys. Oleh sebab itu kamu perlu melakukan backup sebelum melakukan hard reset guys.

Lantas bagaimana cara melakukan hard reset Android? Tenang, kamu tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Mula-mula kamu harus mematikan smartphone Android yang lupa password. Pastikan bahwa smartphone tersebut benar-benar mati.
  • Jika smartphone sudah dalam keadaan mati, tekan tombol “Volume Down + Power” secara bersamaan untuk beberapa saat hingga muncul tampilan Android Recovery.
Masuk Menu Recovery

Masuk Menu Recovery

  • Pada menu tersebut, gunakan Volume Up untuk berpindah ke atas, dan Volume Down untuk ke bawah. Sedangkan tombol Power untuk OK.
  • Gunakan Volume Down untuk berpindah ke bawah menuju menu “Wipe data/factory reset”. Tekan tombol Power untuk membuka menu tersebut.
Pilih Wipe Data

Pilih Wipe Data

  • Akan muncul notifikasi apakah kamu ingin melakukan factory reset atau tidak. Pilih “Yes”, lalu tekan tombol Power.
Pilih Yes

Pilih Yes

  • Maka secara otomatis smartphone tersebut akan menghapus seluruh data yang ada didalamnya.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa menggunakan kembali seperti HP baru.

Nah, begitulah cara melakukan hard reset smartphone yang lupa password. Cukup merugikan ya guys, karena kita harus kehilangan data-data yang ada di HP tersebut.

Cara Agar Tidak Mengalami Lupa Pola Password

Kali ini, kita akan membahas tips dan trik agar kamu tidak mudah lupa terhadap pola password yang digunakan di smartphone.

1. Catat di Tempat Rahasia

Catat di Tempat Rahasia

Catat di Tempat Rahasia

Kamu bisa memanfaatkan kertas kecil atau barang lainnya untuk menggambar pola HP kamu. Jangan lupa untuk menyimpan catatan tersebut di tempat rahasia.

2. Gunakan Pola yang Simple

Gunakan Pola Simple

Gunakan Pola Simple

Rekomendasi lainnya yang Tips Pintar sarankan adalah dengan menggunakan pola HP yang simple untuk kamu, namun sulit ditebak oleh orang lain.

Dengan begitu kamu bisa menggunakan pola tanpa perlu takut lupa dengan pola yang digunakan. Simbol atau inisial tertentu dapat kamu gunakan untuk dijadikan pola.

3. Gunakan PIN atau Kata Sandi

Gunakan PIN atau Kata Sandi

Gunakan PIN atau Kata Sandi

Jika kamu adalah tipe orang yang gampang lupa apabila menggunakan pola, maka kamu bisa memanfaatkan fitur keamanan lainnya.

Karena selain Pola, biasanya Android juga memberikan alternatif lain seperti PIN atau menggunakan Kata Sandi.

Biasanya PIN atau Kata Sandi akan lebih mudah diingat, dibandingkan dengan menggunakan Pola sebagai pengunci layar.

Akhir Kata

Itulah cara membuka pola HP yang lupa di semua Android. Gimana? Ada yang mudah, ada pula yang cukup sulit ya guys.

Oleh sebab itu Tips Pintar rekomendasikan kamu untuk menggunakan pola yang simple, namun sulit untuk ditebak oleh orang lain ya.

Atau jika tidak ingin menggunakan pola, kamu bisa menggunakan kata sandi atau PIN yang justru lebih mudah diingat.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top