Tips

Cara Memperbaiki HP Mati Total Paling Mudah

Home / Android / Tips / Cara Memperbaiki HP Mati Total Paling Mudah

Hallo sobat pintar! Kali ini kita ada tips terbaru yang akan kita bagikan ke kamu yaitu cara memperbaiki HP mati total. Ada beberapa faktor yang bisa membuat kamu HP mati total.

Salah satunya adalah HP terkena virus, HP tercebur air sampai HP yang bootloop. Nah, untuk mengatasi HP yang mati total. Kamu bisa simak artikel ini sampai habis ya…

Cara Memperbaiki HP Mati Total

Untuk mengetahui apa saja sih hal-hal yang bisa menyebabkan HP kamu mati total. Kamu bisa lihat di bawah ini sobat pintar.

Penyebab HP Mati Total

1. Baterai yang Habis

Baterai Smartphone Boros

Baterai Smartphone Cepat Habis

Penyebab pertama adalah baterai HP yang habis. Hal ini sering terjadi, apalagi jika kamu terlalu asik bermain atau menggunakan HP. Maka baterai HP akan cepat habis.

Nah, hal ini lah yang bisa membuat kamu tidak sadar sehingga HP menjadi mati total. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan persentase dari baterai kamu ya.

2. Konektor Baterai yang Sudah Karatan

Konektor Baterai

Konektor Baterai

Penyebab selanjutnya adalah konektor baterai yang sudah mulai berkarat. Seiringnya waktu, maka logam yang ada di konektor baterai akan menjadi karatan.

Nah, ketika sudah karatan, bisa saja arus listrik tidak bisa berjalan sehingga HP kamu menjadi mati total.

3. HP Masuk ke Dalam Air

HP Masuk ke Dalam Air

HP Masuk ke Dalam Air

Penyebab selanjutnya adalah HP masuk ke dalam air. Setiap orang pasti tidak jauh dari HP. Dia bisa menggunakan HP dimana saja dan kapan saja. Seperti menggunakan HP di dalam toilet sekalipun.

Ketika HP masuk ke dalam air, semua mesin dari HP menjadi basah sehingga HP kamu bisa langsung mati. Berbeda dengan HP yang sudah dilengkapi dengan tahan air.

4. Software Rusak

Software RUsak

Software Rusak

Penyebab selanjutnya adalah software rusak. Salah satu software yang bisa rusak adalah Operating System yang ada di setiap HP. Biasanya Operating Rusak karena kurang kompatibel dengan spesifikasi HP kamu.

Jadi ketika mau kamu upgrade ke Operating System terbaru, pastikan Operating System tersebut cocok dengan spesifikasi HP kamu ya.

5. Overheat Pada HP

Smartphone Overheat

Smartphone Overheat

Penyebab terakhir adalah overheat pada HP. Ketika kamu sering menggunakan HP tanpa henti, itu bisa menyebabkan HP kamu menjadi panas lalu mati total.

BACA
Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi (Dijamin Berhasil)

Karena CPU menjadi panas sehingga akan memberikan perintah otomatis kepada sistem HP untuk mati. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan aplikasi pendingin CPU untuk mengurangi suhu dari HP kamu.

Cara Memperbaiki HP Mati Total

Setelah kita memberitahu kamu apa saja sih penyebab HP mati total. Kini kita akan kasih tau cara untuk memperbaiki HP yang mati total.

1. Charge HP Terlebih Dahulu

charge HP

charge HP

Cara pertama adalah dengan men-charge HP terlebih dahulu. Baterai yang habis bisa menjadi menyebabkan HP kamu menjadi mati total, karena kamu terlalu asik menggunakan HP.

Untuk mengatasinya, kamu bisa men-charge HP tersebut hingga baterai menjadi penuh dan HP kamu bisa hidup kembali lagi.

2. Mencabut Baterai HP

Mencabut Baterai

Mencabut Baterai

Cara selanjutnya adalah dengan cara mencabut baterai HP. Hal ini bisa saja terjadi karena baterai HP kamu yang sudah lama atau rusak sehingga tidak bisa lagi digunakan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencabutnya lalu mengganti dengan baterai HP yang lain. Asal kamu tau bahwa untuk mengganti baterai HP, harus sesuai baik itu model maupun tegangannya ya.

3. Wipe Data maupun System di Recovery

Wipe Data

Wipe Data

Cara selanjutnya adalah dengan wipe data maupun mengembalikan sistem ke pengaturan awal atau yang biasa yang disebut dengan hard reset.

Hal ini bisa kamu lakukan, ketika HP bisa hidup namun hanya berhenti ketika muncul logo HP saja. Itu bisa saja sistem pada HP bermasalah. Kamu bisa mengatasinya dengan hard reset HP.

Untuk mengetahui hard reset semua tipe HP, kamu bisa klik disini ya.

4. Membawa HP ke Tempat Service Resmi

Tempat Service Resmi

Tempat Service Resmi

Cara terakhir adalah dengan membawa HP ke tempat service yang resmi. Hal ini bisa kamu lakukan jika HP tidak bisa kamu hidupkan dengan menggunakan cara di atas.

Itu kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian hardware HP yang dimana kamu harus membawanya ke tempat service untuk diperbaikinya.

Gimana guy, dengan cara untuk mengatasi HP yang mati total? Jika kamu memiliki kritik/saran, kamu bisa berikan di kolom komentar ya…

Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top