Android

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Bootloop (100% Berhasil)

Setiap smartphone Android pasti ada saja yang namanya gangguan, seperti virus atau tiba-tiba suka me-restart sendiri. Sama halnya dengan laptop yang tiba-tiba blue screen.

Namun, berbeda ya antara blue screen dan bootloop. Nah, ciri-ciri Android yang terkena bootloop adalah Android kamu tiba-tiba restart sendiri dan jika dihidupkan kembali hanya muncul logo dari Android kamu.

BACA
Cara Mengatasi HP Android Lemot (3x Lebih Ngebut)

Ini Dia Cara Mengatasi Android yang Bootloop

Bootloop bisa terjadi kepada semua Android dan tidak tahu kapan itu terjadi. Nah, TipsPintar.com ada solusinya untuk mengatasi Android yang bootloop. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Menghapus Cache Sistem Android

Menghapus Cache Sistem Android

Menghapus Cache Sistem Android

Cara yang pertama adalah dengan menghapus cache dari sistem Android kamu. Biasanya cache yang kamu ketahui hanya berada di aplikasi saja.

Ternyata sistem Android juga memiliki cache loh. Semakin banyak cache yang menumpuk, pasti akan berdampak buruk kepada Android kamu seperti bootloop.

Berikut Cara Menghapus Cache Sistem Android:

Tekan tombol “Power + Volume Bawah” secara bersamaan > Pilih menu “Advance> Pilih “Wipe-Dalvik Cache> Pilih menu “Mounts & Storage> Pilih opsi “Wipe/Cache“.

Baca Juga: 10 Tips Agar Android Tidak Cepat Panas

2. Menghapus Cache Partition

Menghapus Cache Partition

Menghapus Cache Partition

Cara selanjutnya adalah menghapus cache yang ada di partition. Partition dimaksudkan di sini adalah memori kamu. Jadi, di memori kamu juga bisa terdapat cache-cache.

Untuk itu, hapus cache yang ada di memori Android kamu agar tidak menumpuk sehingga dapat menyebabkan Android kamu menjadi bootloop.

Berikut Cara Menghapus Cache Partition:

Tekan tombol “Power + Volume Bawah” secara bersamaan > Pilih menu “Wipe Cache Partition> Pilih “Yes“.

Baca Juga: 10 Aplikasi Terbaik Untuk Mempercepat Performa Android

3. Factory Reset Android

Factory Reset

Factory Reset

Cara yang terkakhir adalah factory reset Android kamu. Cara ini cukup terbilang paling ekstrim, karena seluruh data kamu akan terhapus secara permanen.

Untuk itu, mulai dari sekarang usahakan backup data-data kamu agar ketika terjadi sesuatu data kamu tidak hilang begitu saja yang dimana tidak dapat kembali lagi.

Berikut Cara Factory Reset Android:

Tekan tombol “Power + Volume Bawah” secara bersamaan > Pilih menu “Backup & Restore> Pilih “Backup> Pilih menu “Wipe Data/Factory Reset> Pilih “Yes“.

Baca Juga: Cara Factory Reset Semua Tipe Smartphone Android

Nah, itu dia sebuah Cara Mengatasi Smartphone Android yang Bootloop (100% Berhasil). Jika, kamu memiliki saran atau pendapat selain diatas tadi. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Like and Share

Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top