Tips

Cara Memulihkan Hard Drive yang Diformat Menggunakan EaseUs

Cara Memulihkan Hard Drive yang Diformat

Pasti kamu pernah dong mengalami kesulitan mengembalikan data yang telah diformat di hard drive eksternal maupun internal? Yups, kamu nggak sendirian mengalami kejadian tersebut. Karena, ada banyak pengguna yang menggunakan hard drive sebagai media untuk penyimpanan utamanya selama bertahun-tahun.

“Apakah bisa memulihkan hard drive yang telah diformat?”

Memang sih, kamu akan kehilangan untuk mengakses data yang sudah diformat drive. Akan tetapi, pemformatan tersebut tidak akan menghapus data yang sudah tersimpan. Bahkan, proses memformat hanya menghapus entri file saja, sehingga pengguna tidak bisa mengaksesnya. Akan tetapi, data tersebut masih ada.

Oleh sebab itu, sangat mungkin untuk memulihkan hard drive yang sudah diformat dengan menggunakan software pemulihan data. Nah, salah satu software untuk memulihkan hard drive yang paling efektif adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Software ini bisa memindai hard drive setelah diformat serta menunjukkan semua data tersebut.

Apa Sih yang Membuat EaseUS Data Recovery Wizard Menjadi Pilihan untuk Memulihkan Hard Drive yang Diformat?

Cara Memulihkan Hard Drive yang Diformat

EaseUS Data Recovery Wizard

Perlu kamu ketahui, untuk menggunakan software EaseUS sangat mudah, karena memiliki tampilan yang sederhana. Jika kamu ragu dengan software pemulihan hard drive lainnya, kamu nggak perlu ragu lagi menggunakan software ini karena penggunaanya sangat mudah, sehingga kamu tidak menemukan kendala.

Hal ini disebabkan karena panduan pemulihan data menggunakan EaseUS sangat mudah dan nggak akan bikin kamu merasa kesulitan. Oh iya, dengan menggunakan software EaseUS kamu bisa mencari file dengan cepat. Caranya dengan melakukan pemindaian yang begitu cepat.

Nah, peluang untuk bisa memulihkan data secara keseluruhan juga cukup tinggi yaitu sekitar 97,3%. Hal inilah yang membuat software EaseUS lebih unggul dibandingkan software pemulihan hard drive lainnya dan software ini juga sangat populer di kalangan para pengguna yang ingin mengambil data.

Tapi perlu dicatat juga ya! Kalau kamu tidak akan bisa memulihkan hard drive yang sudah diformat, jika kamu sudah menimpa data sebelumnya dengan data yang baru dalam bentuk apapun.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca (100% Berhasil)

Apa Langkah-Langkah yang Harus Diterapkan untuk Memulihkan Hard Drive yang Diformat?

Cara Memulihkan Hard Drive yang Diformat

Memulihkan Hard Drive yang Diformat

Nah, setelah kamu menginstall software EaseUS, kamu harus menghubungkan hard drive dari tempat file yang terhapus ke sistem komputer kamu. Setelah itu, kamu bisa jalankan Recovery Wizard dan pilih hard drive yang telah diformat tersebut.

BACA
Ketemu Hero Fanny? Pakai 5 Hero Counter Fanny ini Dijamin Menang!

Jika sudah, kamu bisa melanjutkan pemindaian drive dan tunggu sampai selesai proses pemindaian sampai kamu bisa melihat semua file yang hilang dari drive. Oh iya, kamu juga bisa meng-klik untuk file yang ingin kamu lihat.

Setelah selasai proses pengembalian data, kamu perlu memilih file dan klik tombol Recover. Kemudian software akan minta kamu untuk memilih lokasi penyimpanan dari file yang dipulihkan. Kalau bisa sih, kamu memilih lokasi yang berbeda ya gaes.

Lalu, Apa Cara Terbaik untuk Mencadangkan Data Tersebut?

Cara Memulihkan Hard Drive yang Diformat

EaseUS Todo Backup

Penghapusan yang tidak disengaja, pemformatan, kerusakan sistem merupakan beberapa kesalahan ketika kehilangan data. Nah, ada 2 cara untuk mempersiapkan hal-hal kesalahan tersebut. Caranya dengan menggunakan perangkat penyimpanan cadangan dan memiliki cadangan file lainnya.

EaseUS Todo Backup merupakan alat cadangan dan pemulihan yang dapat digunakan untuk mengamankan file, disk, partisi hard disk dan seluruh sistem yang ada dengan mudah. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan format hard drive, pastikan kamu sudah melakukan pencadangan perangkat penyimpanan.

Selain itu, kamu juga harus melakukan pemulihan data setelah dikonfigurasi. Nah, dengan cari ini kamu tidak akan khawatir untuk kehilangan data penting lagi deh gaes.

Kesimpulan

Memformat hard drive secara tidak sengaja dan kamu tidak bisa mengakses datanya memang sangat menyebalkan. Oleh sebab itu, jika kamu tidak segera memulihkan hard drive yang diformat, maka kemungkinan besar kamu akan kehilangan data penting secara permanen.

Jadi, kamu harus memeriksa versi uji coba yang bisa digunakan secara gratis dari software EaseUS. Oh iya, kamu juga bisa mencoba fitur-fitur yang tersedua, menganlisis ulasannya dan mengembalikan hard drive yang sudah diformat.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top