Android

Cara Mengatasi Smartphone yang Panas saat Bermain Game

Home / Android / Tips / Cara Mengatasi Smartphone yang Panas saat Bermain Game

Siapa di sini yang suka banget main game di smartphone? smartphone emang udah menjadi bagian hidup dan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan kita sehari-hari. Berbagai kegiatan dan pekerjaan bisa terbantu dengan hadirnya smartphone mulai dari menyimpan data, internetan, chatting, mencari informasi dan lain-lain.

Seperti yang kita ketahui kalau game udah menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna smartphone. Faktanya game sangat berpengaruh dengan kenaikan suhu smartphone dan baterai yang cepat terkuras. Hal ini seringkali menjadi masalah bagi gamers, nah mau tau gimana cara mengatasi smartphone panas saat bermain game? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kalian coba!

[irp posts=”22590″ name=”10 Penyebab HP Kamu Cepat Panas! Begini Cara Mengatasinya”]

Awas Meledak! Ini Tips Aman Mengatasi Smartphone Cepat Panas Saat Main Game!

Nah, kali ini kita akan membahas tips mengatasi smartphone yang overheat akibat main game. Jadi, simak baik-baik ya gaes..

1. Menggunakan Charger Original

Menggunakan Charger Original

Menggunakan Charger Original

Pastikan charger yang kita gunakan adalah charger yang original. Karena charger yang tidak sesuai akan membuat smartphpone lebih cepat panas dan habis.

Charger original lebih aman karena dikeluarkan dari pabrik langsung, sehingga dayanya sudah disesuaikan dengan kapasitas smartphone. Bahaya menggunakan charger palsu akan menimbulkan efek negatif ke smartphone dan salah satunya bisa membuat smartphone kita cepas panas dan meledak.

Baca Juga: Tips Memotret Foto Ala Profesional Ngegunain Smartphone!

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

 Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Saat sedang bermain game hal yang sangat sederhana untuk kita lakukan adalah menutup aplikasi yang sedang tidak kita pakai. Karena salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak aplikasi online yang sedang kita pakai misalnya kita sedang BBMan, membuka aplikasi Intagram, Facebook, Line, sambil bermain game akan membuat smartphone bekerja lebih keras dan akibatnya menjadi cepat panas dan baterai pun gampang habis.

Sebaiknya hindari menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan terutama aplikasi online dan selalu biasakan untuk menutup aplikasi yang tidak dipakai sehingga smartphone tidak bekerja terlalu berat.

Bagaimana cara menutup aplikasi? Mudah saja, kita cukup tekan tombol di sebelah kiri (recent apps) nanti akan muncul daftar aplikasi yang sedang berjalan, lalu tinggal slide ke kanan atau ke kiri dan bisa juga tekan tombol X untuk menutup aplikasi tersebut.

Baca Juga: 7 Keunggulan HP Old School yang Nggak Dipunya Smartphone

3. Aktifkan Mode Hemat Daya

Aktifkan Mode Hemat Daya

Aktifkan Mode Hemat Daya

Smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur hemat daya atau mode power saving bisa menjadi pilihan kita. Fitur ini berfungsi untuk membantu menghemat baterai saat kita sedang bermain game supaya tidak cepat panas.

Mode ini akan mengirit pemakaian daya dengan mematikan animasi, sinkronisasi background, dan mengurangi kecerahan layar.

Baca Juga: 7 Aplikasi Smartphone yang Bisa Bantu Waktu Belajar Kita

4. Turunkan Brightness Layar Smartphone

Turunkan Brightness Layar Smartphone

Turunkan Brightness Layar Smartphone

Bagian smartphone yang paling banyak memakan daya baterai adalah layar, apalagi kalau kita menggunakan tingkat kecerahan (brightness) yang terlalu tinggi. Untungnya semua smartphone punya fitur pengendali kecerahan layar secara otomatis dan kita juga bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Saat bermain game, hal ini juga menjadi faktor baterai cepat panas maka pastikan kita menggunakan brightness yang tidak memakan daya baterai terlalu banyak. Sebaiknya atur tingkat kecerahan layar smartphone kamu ke tingkat yang lebih rendah.

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

5. Install Aplikasi Pendingin

Instal Aplikasi Pendingin

Install Aplikasi Pendingin

Selain menggunakan fitur yang ada di smartphone kita, tambahkan aplikasi pendukung yang berfungsi untuk mengurangi overheat smartphone. Salah satu aplikasi pendingin yang bisa kita coba adalah Clean Master.

Aplikasi ini akan membantu mendinginkan smartphone dan menghemat daya baterai saat kita sedang bermain game. Selain  itu, Clean Master juga bisa membersihkan cache, memantau penggunaan CPU secara keseluruhan, menutup aplikasi yang membuat smartphone panas, dan mengoptimalkan kerja smartphone kita.

Baca Juga: HP Kamu Cepat Panas? Pakai 10 Aplikasi Pendingin HP Android Ini Gratis!

Intinya kita juga harus tau batasan saat bermain game, selain itu kita harus mengetahui batas wajar dan kapasitas smartphone yang kita  miliki. Pastikan game yang kita mainkan masih di bawah spesifikasi minimum game itu sendiri dan jangan terlalu memaksakan game yang berat untuk dimainkan di smartphone kita.

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara mengatasi smartphone yang mudah panas. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top