Android

10 Tips Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Home / Android / Tips / 10 Tips Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Tips tips mengatasi HP Android kamu yang cepat panas atau overheat. Penggunaan Aplikasi HP Android yang berlebihan bisa menjadi pemicu HP Android overheat

Overheating adalah salah satu gejala suhu panas secara tiba-tiba pada hardware atau perangkat keras. Terkadang panas yang dihasilkan berlebihan makanya disebut overheat. Overheat biasanya terjadi pada perangkat elektronik khususnya smartphone android.

Biasanya smartphone dengan spesifikasi rendah lebih sering terjadinya panas atau overheat. Tapi bukan berarti smartphone dengan spesifikasi tinggi terhindar dari overheat, hal ini disebabkan karena kerja CPU, RAM atau perangkat keras lainnya yang berat ketika digunakan secara berlebihan.

Airy Rooms

10 Tips Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Berikut ini TipsPintarCom akan memberikan tips-tips untuk kamu agar HP Android terhindar dari overheat dan mengatasi HP Android yang cepat panas.

1. STOP! Menggunakan HP Android Secara Berlebihan

STOP! Menggunakan HP Android secara berlebihan. Kamu sebaiknya mengurangi pemakain HP Android kamu yang terus menerus, baik itu ketika menggunakannya untuk bermain games, browsing internet, berjelajah di media sosial maupun chatting sampai teleponan yang terlalu lama.

Hal ini menyebabkan HP Android kamu tidak mempunyai ruang untuk beristirahat, CPU pada HP Android kamu akan bekerja terus menerus sehingga menimbulkan reaksi overheating pada perangkatnya. Gunakan HP Android kamu sewajarnya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Stop! Memainkan HP Android secara berlebihan

2. STOP! Menggunakan HP Android yang sedang di-Charger

Masih banyak yang memainkan HP Android-nya sambil di-charger, harusnya kamu stop kebiasaan buruk ini. Hal ini dikarena penyebab paling sering terjadinya HP Android overheating pada HP Android kamu. Jika kamu terus menerus memainkan HP Android kamu sambil di-charger ini akan memperburuk baterai pada HP Android kamu.

Bahkan jika hal ini terus menerus di lakukan maka akan membahayakan kamu dan lingkungan sekitar. Bahaya yang biasanya akan terjadi antara Terjadinya ledakan, HP Android kamu jadi cepat rusak, korsleting, Kesetrum, dan mengurangi umur baterai HP Androd kamu.

3. Install Aplikasi Pendingin HP Android

Download aplikasi pendingin untuk HP Android kamu. Pilih aplikasi yang berfungsi untuk mengoptimasi HP Android kamu agar menjadi ringan dan mengurangi suhu secara berlebihan pada HP Android kamu.

Aplikasi pendingin HP Android biasanya mampu mengurangi panas pada CPU dan mengurangi overheat, bukan hanya itu aplikasi pendingin juga akan menghemat daya baterai yang diakibatkan kinerja CPU yang berlebihan. Contohnya aplikasi Clean Master, aplikasi ini multifungsi bisa untuk mengoptimasi HP Android kamu. Langkah-langkahnya seperti berikut :

Aplikasi Clean Master

  • Kemudian pilih fitur Percepat Ponsel.

Fitur Percepat Ponsel

  • Selanjutnya pada bagian Suhu CPU, kamu klik COMPROBAR.

COMPROBAR

  • Lalu Clean Master akan menampilkan aplikasi apa saja yang membuat HP Android kamu overheating, kemudian klik DINGINKAN.

Aplikasi yang ter-scan

  • Kemudian aplikasi Clean Master akan men-scan apa saja yang membuat HP Android kamu overheating.

Men-Scan CPU

  • Pemindaian CPU Selesai, kamu bisa melakukan langkah-langkah diatas secara berulang-ulang jika HP Android kamu masih terasa agak panas.

Pemindaian CPU Selesai

4. Hindari Meletakkan HP Android di Suhu yang Panas

Hindari meletakkan HP Android kamu yang terkena sinar matahari secara langsung. Suhu sekitar yang panas juga akan mempengaruhi HP Android kamu menjadi cepat panas. Sama halnya ketika kamu terkena sinar matahari langsung, kamu akan merasakan panas menyengat ke kulit kamu dan ini juga sama jika terjadi kepada perangkat HP Android kamu.

Jadi kamu harus meletakkan HP Android kamu di tempat yang suhunya stabil ya. Jika kamu meletakkan di ruang yang siklus udaranya sedikit pun akan membuat HP Android kamu mudah panas. Misalnya kamu meletakkan di saku celana jeans kamu yang ketat, sebaiknya kamu letakkan di saku yang memiliki ruang lebih untuk HP Android kamu.

Baca Juga : 10 Aplikasi Android Telpon Pulsa (Gratis) Terbaik 2017

BACA
Cara Menjadikan Smartphone Kamu Sebagai CCTV

5. Uninstall Aplikasi yang Memberatkan RAM

Uninstall aplikasi yang memberatkan RAM, aplikas- aplikasi yang sebenarnya tidaak kamu perlukan seharusnya kamu hapus atau uninstall saja, ini disebabkan karena kinerja RAM akan bekerja secara berlebihan. Uninstall atau menghapus aplikasi tentu akan membuat kinerja android kamu menjadi lebih ringan.

Walaupun kamu tidak menjalankan aplikasi tersebut tetapi sebenarnya dibalik kinerja android aplikasi tersebut dijalankan oleh sistem android. Ini menyebabkan terkurasnya daya baterai HP Android kamu, tentu saja ini salah satu penyebab kenapa HP Android kamu cepat panas.

6. Matikan Layanan Aplikasi yang tidak dibutuhkan

Matikkan layanan android

Salah satu hal yang terlupakan yaitu kamu lupa mematikan layanan sistem android yang berjalan di HP Android kamu. Jika HP Android kamu sudah overheating sebaiknya kamu mematikan layanan yang sudah tidak perlukan lagi.

Contohnya kamu bisa matikkan fungsi Bluetooth jika sudah tidak digunakan. Selanjutnya jika kamu sedang tidak menggunakan jaringan WiFi sebaiknya juga kamu matikkan hal ini dikarenakan kinerja Android akan mencari jaringan WiFi agar terus bisa tersedia di HP Android kamu. Terakhir kamu bisa mengurangi kontras dari pencahayaan HP Android kamu.

7. Lakukan Power Off terlebih dahulu pada HP Android

Restart atau Power Off

Jika HP Android kamu sudah terlalu panas sebaiknya kamu Power Off atau Turn Off  HP Android kamu dan di diamkan beberapa menit.. Hal ini berfungsi untuk mengurangi kinerja sistem android yang berlebihan ketika digunakan.

Biarkan HP Android kamu istirahat sejenak sampai ketika kamu mendapati HP Android kamu sudah tidak dalam keadaan panas. Hal ini juga akan mengoptimalkan daya baterai HP Android kamu. Karena ketika HP Android dalam keadaan Off maka seluruh aplikasi yang berjalan akan secara terpaksa akan terhenti penggunaannya.

8. Menggunakan Simcard Provider dengan Jaringan yang Stabil

Gunakan Simcard  Provider yang memiliki jaringan yang stabil di lingkungan kamu. Mengapa demikian, karena jika kamu menggunakan Simcard provider dengan jaringan yang kurang stabil dilingkungan kamu ini menyebabkan sistem HP Android kamu ekstra kerja keras.

Sistem HP Andriod kamu akan mencari sinyal terus menerus untuk memenuhi standar dari jaringan yang kamu butuhkan. Sehingga daya pada HP Android kamu juga akan terkuras hanya untuk mencari jaringan tersebut.

9. Mengecek Baterai HP Android

Mengecek baterai HP Android kamu, Jika HP Android kamu terlalu sering panas atau overheat dan juga sering mengalami crash atau mati sendiri atau juga me-restart sendiri sudah dipastikan bahwa baterai kamu bermasalah atau sudah mengalami kebocoran daya.

Tenaga baterai yang semakin turun juga salah satu yang mempengaruhi HP Android kamu cepat panas. Sebaiknya kamu bisa membawa HP Android kamu ke Counter Service HP Android kamu. Kamu bisa mengklaim garansi dari HP Android atau kamu bisa mengganti baterai HP Android dengan yang baru, pastikan kamu harus menggunakan baterai dengan produk yang original.

Baca Juga : 10 Aplikasi Nada Dering Terbaik untuk Android 2017

10. Menggunakan Charger dan Konektor USB yang Original

Alasan terakhir mengapa HP Android kamu mudah panas adalah kamu menggunakan charger atau konektor yang bukan bawaan dari smartphone kamu. Ini akan mempengaruhi terhadap kinerja dari sistem HP Android kamu.

Hal ini biasanya menyebabkan baterai kamu mendapatkan kapasitas daya yang bukan seharusnya. Jika kamu menggunakan Charger dan Konektor USB yang origanal atau bawaan dari brand-nya ini sudah dilakukan pengujian sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan HP Android kamu sehingga lebih aman.

Jadi, sudah tahu-kan tips-tips agar HP Android kamu tidak lagi panas atau overheat? Sebaiknya kamu menggunakan HP Android kamu sesuai dengan kebutuhan kamu dan sewajarnya. Jangan lupa untuk selalu merawat HP Android kamu karena gejala Overheat bisa saja akan mempengaruhi umur HP Android kamu yang tidak akan bertahan lama.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top