Android

Cara Cek Apakah Password Kamu Diketahui Orang Lain atau Tidak

Home / Android / Tips / Cara Cek Apakah Password Kamu Diketahui Orang Lain atau Tidak

Pernah nggak sih akun media sosial kamu dibajak oleh seseorang? Pasti kamu akan bertanya-tanya kenapa hal tersebut bisa terjadi kan? Mungkin kamu akan berpikiran bahwa ada seseorang yang tau password email pribadi kamu.

Terlebih jika akun email tersebut terdapat informasi pribadi kamu. Pastinya kamu akan sangat kebingungan, siapa sih yang mengetahui password email kamu itu. Ada loh caranya agar kamu bisa mengetahui jika password akun email kamu diketahui orang lain.

Cara Cek Apakah Password Kamu Diketahui Orang Lain

Cara Cek Apakah Password Kamu Diketahui Orang Lain

Berikut Cara Mengetahui Apakah Password Kamu Diketahui Orang Lain atau Tidak

Nah! kali ini TipsPintar.com akan memberikan tips agar kamu bisa mengetahui apakah password kamu diketahui oleh orang lain atau tidak. Cekidot…

1. Perhatikan Gejalanya

Facebook Security on Android

Facebook Security on Android

Secara teori, tanpa kamu sadari ada kemungkinan bahwa orang lain dengan sengaja meretas email pribadi kamu.

Entah orang tersebut menggunakan akun kamu secara langsung. Misalnya, merubah kata sandi, membeli barang dari akun kamu atau mengirim email palsu ke kontak kamu.

Selain itu, orang tersebut juga menggunakannya secara tidak langsung, yaitu dengan menggali informasi lain yang mereka temukan di akun kamu.

Dengan demikian, orang tersebut bisa menggunakan atau menjual data pribadi kamu kepada orang lain tanpa sepengetahuan dari kamu.

Baca Juga : Cara Cek Apakah WhatsApp Kamu Disadap dan Cara Mengatasinya

2. Cek Menggunakan Haveibeenpwned.com

Situs haveibeenpwned.com

Situs web ini dinamakan Haveibeenpwned.com kamu hanya perlu mengetikkan alamat email kamu, dan situs web akan memberi tahu kamu apakah seseorang mengetahui kata sandi atau tidak.

Dalam kedua kasus tersebut, basis data Have I Been Pwnd sangat besar (lebih dari 300 juta kata sandi) karena mengumpulkan akun yang di retas dari LinkedIn, VK, MySpace, Badoo, Dropbox dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Aman Agar Instagram Tidak di Hack

Berikut Cara Mengatasi Password Kamu Agar Tidak Diketahui oleh Orang Lain

Nah! kali ini TipsPintar.com akan memberikan tips agar password kamu tidak diketahui oleh orang lain. Cekidot..

1. Pastikan Kamu Telah Mengaktifkan Keamanan Maksimal

Upaya Masuk Chrome di Windows

Upaya Masuk Chrome di Windows

Sudahkah kamu mengaktifkan semua setting keamanan? Misalnya, beberapa layanan menggunakan sistem verifikasi 2 langkah. Kemungkinan jika kamu menggunakan fitur tersebut bisa mengurangi terjadinya peretasan pada akun email kamu.

Biasanya layanan sistem tersebut akan memberi tau kamu apabila terjadi peretasan. Misalnya, Google dan Facebook yang akan langsung mengirim pesan untuk memberi tau bahwa seseorang telah mencoba mengakses akun kamu dari perangkat lain.

Cara Mengamankan Akun Gmail

1. Buka laman Verifikasi 2 langkah. Mungkin kamu akan diarahkan untuk login terlebih dahulu.

2. Pilih Mulai.

3. Lalu ikuti tahap-tahapnya.

Cara Mengamankan Akun Yahoo

1. Aktifkan Verivikasi Dua Tahap

Selain menggunakan kata sandi, metode ini memerlukan kode keamanan ekstra. Sehingga apabila akun kamu terdeteksi log in dari perangkat lain akan sulit bagi si peretas untuk membukanya meskipun dia memiliki kata sandi kamu.

2. Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Ubahlah Secara Rutin

Buatlah kata sandi yang rumit namun mudah untuk kamu, rutinlah mengganti kata sandi dan Gunakan kata sandi yang berbeda di setiap akun kamu apabila kamu memiliki dual account.

3. Buat Kata Sandi Khusus Aplikasi Untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga (Non-Yahoo) seperti iOS Mail, Android Mail, dan Microsoft Outlook tidak dapat menggunakan verivikasi dua tahap.

Untuk mengatasi hal itu, maka sebaiknya kamu membuat kata sandi khusus untuk aplikasi pihak ketiga tersebut.

Cara Mengamankan Akun Facebook

1. Sembunyikan Informasi Pribadi

Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu sembunyikan dari profil Facebook kamu, seperti email, nomor HP, atau hal pribadi lainnya.

2. Aktifkan HTTPS

Jangan lupa untuk mengaktifkan HTTPS agar kamu bisa membuka Facebook dengan aman. Caranya masuk ke Pengaturan Akun (Account Setting) > Keamanan (Security) > Aktifkan Jelajah Aman (Secure Browsing).

3. Amankan Password

Buatlah password yang mudah di ingat namun sulit ditebak oleh orang lain. gunakan kombinasi huruf, angka, atau karakter khusus. Jangan pernah menggunakan password seperti nama ayah, ibu, pacar, teman dekat, atau idola kamu.

4. Pastikan Logout

Nah, ini nih yang paling penting. Kamu harus selalu mengecek apakah akun Facebook kamu benar-benar telah logout atau belum.

Baca Juga : Cara Menyadap WhatsApps Seseorang Tanpa Ketahuan

2. Periksa Seberapa Aman Password Kamu Menggunakan Passwordmeter.com

Bill Burr adalah pencipta standar untuk password yang aman. Singkatnya, dia mengatakan untuk memastikan kamu berkreasi dengan kata sandi dan memastikan itu bukan hanya satu kata dengan karakter di awal atau akhir.

Ada lho situs yang mempermudah kita untuk mengecek apakah password kita cukup aman untuk digunakan. Nama situs tersebut adalah passwordmeter.com kamu hanya perlu menuliskan password apa yang ingin kamu gunakan.

Nantinya situs tersebut akan memberi tau kamu seberapa kuat password kamu. Apabila password kamu cukup kuat, maka Complexy di situs tersebut akan menampilkan “Good“, “Strong“, atau “Very Strong“.

Namun, apabila password kamu masih terlihat lemah, maka Complexy akan menampilkan “Very Weak“, atau “Weak

Jadi itulah beberapa tips apakah password kamu diketahui orang lain. Jangan lupa like, comment dan share artikel ini agar sobat pintar lainnya tahu cara mengetahui apabila password diketahui oleh orang lain.

Artikel Menarik Lainnya

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top