Android

Cara Screenshot Panjang di Android (Tanpa Root)

Home / Android / Cara Screenshot Panjang di Android (Tanpa Root)

Pada saat ini, banyak dari smartphone canggih dilengkapi dengan fitur yang menarik. Dan salah satunya adalah melakukan screenshot. Screenshot adalah fitur yang memungkinkan kita untuk menangkap gambar yang ada di layar smartphone kita.

Namun, kebanyakan dari smartphone hanya bisa memuat tampilan sedikit. Tergantung dari layar dan besar huruf. Tapi kini, kita bisa melakukan screenshot panjang alias long screenshot di smartphone. Tapi bagaimana sih cara menggunakannya?

Inilah Cara Screenshot Panjang di Smartphone dengan Mudah

Nah, kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara melakukan long screenshot di smartphone Android. Cekidott..

Cara 1: Screenshot Panjang Menggunakan Aplikasi Scroll Capture for Web

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk melakukan long screenshot adalah menggunakan aplikasi Scrool Capture. Berikut ini cara menggunakannya.

1. Download dan Install Scroll Capture for Web

Download dan Install Aplikasi Scroll Capture for Web

Download dan Install Aplikasi Scroll Capture for Web

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah men-download aplikasi Scroll Capture for Web. Scroll Capture for Web adalah aplikasi screenshot panjang yang bisa kamu gunakan untuk men-capture halaman web. Aplikasi ini berukuran hanya berukuran 1,11 MB.

2. Buka Aplikasi Scroll Capture

Buka Aplikasi Scroll Capture

Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasinya. Di dalam aplikasi ini nantinya kamu diharuskan memasukan link web yang ingin di capture.

3. Masukan Link dan Capture

Masukan Link dan Tekan Cari

Masukan Link dan Tekan Cari

Apabila kamu sudah mencari link yang ingin di capture, langkah selanjutnya adalah memasukkan link tersebut di tempat yang disediakan lalu dilanjutkan dengan tekan gambar kaca pembesar di samping link.

Masukan Link dan Mulai Capture

Tunggu Link dan Mulai Capture

Ketika tampilan web sudah terbuka, klik gambar capture di tengah untuk melakukan proses capture. Tunggu hingga proses capture selesai, dan kamu bisa mengecek hasil screenshot-nya di galeri smartphone.

Hasil Scroll Capture for Web

Hasil Scroll Capture for Web

Cara 2: Screenshot Panjang Menggunakan Aplikasi LongShot for Long Screenshot

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot panjang adalah mengunakan aplikasi LongShot. Inilah cara menggunakannya.

1. Download dan Install LongShot for Long Screenshot

Download dan Install Aplikasi LongShot

Download dan Install Aplikasi LongShot

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah men-download aplikasi LongShot for long screenshot. Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui Google Play Store. Ukuran dari aplikasi ini adalah sekitar 1,99 MB.

2. Buka Aplikasi LongShot

Buka Aplikasi dan Pilih Menu

Buka Aplikasi dan Pilih Menu

Apabila proses instalasi sudah selesai, selanjutnya kamu buka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi tersebut nantinya ada beberapa menu yang bisa kamu pilih. Seperti Capture Screenshot dan Capture Web Page.

3. Pilih Menu lalu Capture

Masukan Link dan Mulai Capture

Masukan Link dan Mulai Capture

Kali ini kita pilih Capture Web Page, caranya adalah masukan link yang ingin kamu capture. Tunggu hingga website keluar, kemudian scroll hingga posisi yang ingin kamu capture. Kemudian pilih End Here and Capture. Maka proses capture selesai.

Hasil Akhir Aplikasi Longshot

Hasil Akhir Aplikasi LongShot

Jika kamu menggunakan menu Capture Screenshot, kamu bisa melakukan screenshot sekaligus kemudian dijadikan satu menjadi long screenshot.

Nah, itulah beberapa aplikasi long screenshot yang bisa kamu kamu gunakan tanpa harus melakukan root smartphone Android. Jangan lupa like, comment dan share artikel ini supaya kamu #SelaluLebihTau

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top