Internet

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik untuk HRD, Pasti Lolos!

Home / Internet / Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik untuk HRD, Pasti Lolos!

Contoh CV Lamaran Kerja

Membuat CV yang baik dan benar memang menjadi salah satu syarat yang paling penting sebelum memilih/melamar sebuah pekerjaan. Tanpa CV yang benar, kemungkinan Kamu lanjut ke tahap selanjutnya cenderung kecil.

Yap, Curriculum Vitae (CV) atau resume bisa dikatakan sebagai senjata pertama dalam berburu pekerjaan. Hal ini karena resume yang Kamu kirimkan merupakan hal pertama yang dipertimbangkan dan dapat menentukan kesan pertama departemen SDM perusahaan.

Resume yang baik dan akurat akan menjadi perhatian khusus bagi manajer perusahaan dan personel SDM sebagai penerima karyawan baru. Berdasarkan resume Kamu, perusahaan akan memeriksa apakah Kamu cocok untuk wawancara berikutnya.

Dalam postingan TipsPintar kali ini, Kamu akan belajar bagaimana menulis resume yang baik dan benar tergantung pada jenis pekerjaan yang Kamu lamar. Dimulai dengan contoh berbagai jenis resume, hingga isi resume, cara menulisnya, dan tips dan trik untuk membuat resume Kamu lebih kuat untuk melamar pekerjaan impian.

Mau tau apa aja? Yuk, langsung aja simak ulasan berikut ini!

Curriculum Vitae

Curriculum

Curriculum

Curriculum Vitae atau yang biasa disebut sebagai CV ini berasal dari sebuah bahasa latin yang berarti perjalanan hidup saya. Oleh sebab itu, resume dikatakan sebagai informasi tentang kehidupan seseorang.

Nah, dalam konteks pekerjaan. Resume merupakan file yang berisi ringkasan informasi tentang identitas Kamu dan pencapaian hidupmu, mulai dari pendidikan hingga pencapaian. Resume yang baik dapat meyakinkan perekrut bahwa Kamu adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu. Oleh karena itu, untuk membuat resume yang tepat, Kamu perlu mempertimbangkan aspek-aspek penting.

Aspek Penting dalam CV Lamaran Kerja

Aspek Penting

Aspek Penting

Membuat CV lamaran kerja tentunya tidak boleh asal-asalan ya guys, jadi pastikan Kamu membuatnya dengan format dan juga penulisan yang tepat.

Selain itu, ada beberapa aspek penting yang harus Kamu perhatikan ketika membuat CV lamaran kerja, di antaranya sebagai berikut:

1. Cantumkan Data Diri Secukupnya

Hal pertama yang perlu Kamu perhatikan sebelum membuat CV lamaran kerja adalah porsi info dari data diri yang Kamu cantumkan. Sebenarnya hal ini sendiri tergantung pada bidang pekerjaan Kamu. Bisa saja Kamu diminta untuk melampirkan informasi pribadi lengkap ke dalam CV mu.

Namun, jika tidak ada persyaratan khusus untuk menggambarkan data pribadi yang lengkap, hanya yang relevan yang harus dipertimbangkan.

Ruang terbatas saat menulis resume, jadi Kamu perlu memasukkan data yang cukup tentang diri agar efektif. Jika Kamu lulusan baru dan tidak memiliki pengalaman kerja, mulailah dengan memberikan informasi identitas pribadi seperti nama, tanggal lahir (usia), jenis kelamin, dan dua latar belakang pendidikan terakhir.

2. Menjelaskan Detail Pengalaman

Rincian pengalaman yang dimaksud ini merupakan sebuah proses yang harus diikuti sebelum mendaftar ke perusahaan tertentu. Jika Kamu baru saja lulus dari perguruan tinggi atau baru saja berhenti dari pekerjaan, Kamu mungkin tidak perlu menjelaskannya.

Namun, jika Kamu memiliki banyak waktu sebelum mendapatkan pekerjaan, ada baiknya untuk menjelaskan secara singkat hasil positif yang telah dicapai.

Jika Kamu tidak melakukan kegiatan pra-kerja di waktu luang, cobalah mengisi waktu dengan hal-hal positif seperti bergabung dengan komunitas atau organisasi, menjadi sukarelawan di suatu acara, atau berpartisipasi dalam pelatihan pra-kerja tertentu. Ini pasti akan membuatmu lebih berharga sebagai kandidat.

Alasan Membuat CV yang Baik dan Tepat

Mengapa pembuatan CV yang baik dan benar harus diperhatikan? Jawabannya sangat simpel, karena CV yang baik, benar, serta menarik tentunya akan membuat perekrut merasa tertarik dan akan memberikan kesan yang baik kepadamu sebagai pelamar selain surat lamaran kerja.

Alhasil, Kamu pun akan dipanggil ke tahap-tahap seleksi berikutnya seperti ke tahap wawancara dan membuatmu lebih dekat satu langkah untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Meski CV sudah umum dan kerap kali dibuat, banyak orang yang kadang masih bingung saat harus membuat CV yang baik dan benar.

Banyak yang tidak tahu apa yang harus ditulis dalam CV lamaran kerja. Pada dasarnya, contoh CV lamaran kerja adalah kumpulan data tentang informasi tentang dirimu, baik dari segi informasi pribadi, pendidikan, skill, pengalaman kerja, dan masih banyak lainnya.

Karena CV merupakan aspek penting dan salah satu hal pertama yang akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak HRD (Human Resources Department/ Bagian Sumber Daya Manusia), CV harus dibuat sebaik-baiknya dan menunjukkan benar informasi dan kualifikasimu sebagai pelamar.

Contoh CV Lamaran Kerja

Nah, berikut ini adalah contoh CV lamaran kerja yang bisa kamu jadikan inspirasi. contoh CV lamaran kerja di bawah ini semuanya ditulis dengan benar, menarik, dan yang jelas akan meloloskanmu ke tahap seleksi yang lebih lanjut.

Buat kamu yang sekarang baru cari-cari kerja dan butuh contoh CV yang baik dan benar, yuk simak contoh CV lamaran kerja di bawah ini!

CV Sederhana Minimalis

CV Sederhana Minimalis

CV Tanpa Foto Simpel

CV Tanpa Foto Simpel

CV Marketing

CV Marketing

CV Magang

CV Magang

CV Kreatif

CV Kreatif

CV Desain Grafis

CV Desain Grafis

Kesimpulan

Nah, itu lah penjelasan lengkap mengenai contoh CV lamaran kerja dengan penulisan yang tepat. Semoga semua informasi yang Aku berikan tersebut dapat bermanfaat bagi Kamu yang ingin melamar pekerjaan ya!

Kalau Kamu punya ide untuk pembahasan menarik lainnya, silakan tulis di dalam kolom komentar ini ya. Dan jngan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman Kamu yang juga ingin melamar pekerjaan!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top