Tech-Fun!

10 Fakta Menarik Tentang Keyboard QWERTY, Kenapa Gak Sesuai Alfabet?

10 Fakta Menarik Tentang Keyboard QWERTY, Kenapa Gak Sesuai Alfabet? 5

Halo sobat pintar! Tentunya kalian sudah sering memakai keyboard QWERTY bukan? Tentu saja, keyboard QWERTY menjadi standar papan ketik dari hampir semua gadget yang ada di zaman ini. Dari Laptop, PC, hingga smartphone memakai papan ketik QWERTY ini.

Tapi, tahukah kalian fakta fakta menarik tentang keyboard QWERTY? Kali ini, TipsPintar.com akan membahas fakta-fakta menarik tentang keyboard QWERTY ini. Kalian Penasaran? langsung saja kita simak!

[irp posts=”2683″ name=”10 Keyboard Gaming Terbaik Harga di Bawah 100 Ribuan”]

Fakta-Fakta Menarik tentang Keyboard QWERTY

1. Mengapa Tidak Berurutan

Kenapa Keyboard QWERTY?

Kenapa Keyboard QWERTY?

Hal ini sangat berkaitdan dengan sejarah mesin tik. Saat Christopher Latham Sholes (1868) menciptakan mesin tik prototype sebelumnya, ia mengaku bisa mengetik dengan sangat cepat, sehingga mengakibatkan seringnya terjadi kerusakan mekanik pada mesin tik tersebut.

Akhirnya, Sholes memutuskan untuk mengacak-acak huruf pada keyboard tersebut hingga menemukan susunan yang tepat. Rancangan QWERTY tercipta untuk meminimalisir kerusakan mekanik pada mesin tik tersebut yang akhirnya dikembangkan untuk keyboard masa kini.

2. Bukan Keyboard Paling Efisien

Perbandingan Keyboard QWERTY dan DVORAK

Perbandingan Keyboard QWERTY dan DVORAK

Sebenarnya, keyboard QWERTY bukanalah keyboard yang paling efisien. Keyboard paling efisien dinobatkan pada keyboard DVORAK, hasil karya Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940. Hanya saja, akibat keterlambatan promosi, akhirnya keyboard DVORAK harus tunduk pada keyboard QWERTY.

3. 10.000 Kata = 1 Mil

10.000 Kata = 1 Mil

10.000 Kata = 1 Mil

Tahukah kalian? setiap 10.000 kata yang kita ketik pada keyboard QWERTY, berarti jari-jemari kita sudah ‘berjalan’ sejauh 1 Mil. Angka ini adalah asumsi dari perhitungan antara keyboard dan susunan QWERTY, etika mengetik yang tepat dan metodologi penghitungan tertentu.

4. CTRL + ALT + DEL

Dibalik CTRL + ALT + DEL

Dibalik CTRL + ALT + DEL

Kombinasi tombol ini digunakan untuk melakukan soft reboot. Kombinasi ini diciptakan oleh David Bradley. Sebenarnya, Bradley memilih kombinasi tombol ini untuk menghindari ketidaksengajaan penggunaan. Mengapa? Karena sangat mustahil menekan kombinasi tombol ini dengan satu tangan.

5. Tombol Spasi Terpendek

Tombol Spasi Terpendek di Dunia

Tombol Spasi Terpendek di Dunia

Tombol spasi harusnya menjadi tombol terpanjang pada keyboard QWERTY. Tombol spasi terpendek pada keyboard QWERTY bisa kita temukan pada keyboard yang biasa digunakan di Jepang. Pada keyboard QWERTY Jepang, terdapat tombol untuk mengganti huruf latin ke huruf Jepang.

6. Menekan Spasi

Fakta Menarik Tombol Spasi

Fakta Menarik Tombol Spasi

Spasi tidak hanya menjadi tombol terpanjang pada keyboard, tombol spasi juga menjadi tombol yang paling sering digunakan pada keyboard QWERTY. Tanpa sadar, saat kita menakan tombol spasi, 600.000 pengguna keyboard QWERTY lainnya juga sedang menekan tombol tersebut.

7. Kata Terpanjang yang Dapat Diketik Dengan Satu Tangan

Kata Terpanjang yang Diketik dengan Satu Tangan

Kata Terpanjang yang Diketik dengan Satu Tangan

Jika kita menggunakan keyboard QWERTY kata terpanjang yang dapat diketik dengan tangan kiri adalah ‘Stewardesses’ yang mempunyai arti pramugari. Sedangkan kata terpanjang yang dapat diketik dengan tangan kanan adalah ‘Poliphony’.

8. Lebih Jorok dari Toilet

5x Lebih Kotor dari Toilet

5x Lebih Kotor dari Toilet

Keyboard yang kita gunakan 5x lebih kotor daripada toilet umum. Hal ini disebabkan karena kita tidak pernah mencuci tangan saat mengetik pada keyboard dan debu tak kasat disekitar kita yang mengotori keyboard. Oleh karena itu, kita harus rajin membersihkan keyboard yang kita gunakan.

9. Pengetik Tercepat

Barbara Blackburn, Hingga 212 WPM

Barbara Blackburn, Hingga 212 WPM

Pengguna Keyboard pada umumnya, rata rata menyentuh kecepatan 38-40 kata perdetik. Saat ini, pengetik tercepat didunia adalah Barbara Blackburn. Barbara dapat mengetik hingga kecepatan 212 kata perdetik.

10. Tonjolan pada huruf F dan J

Patokan untuk Mengetik Tanpa Melihat Keyboard

Patokan untuk Mengetik Tanpa Melihat Keyboard

Jika kita memperhatikan keyboard QWERTY, terdapat tonjolan pada huruf F dan J. Mengapa demikian? Menurut para ahli, tonjolan tersebut berguna untuk patokan jari telunjuk kita agar dapat mengetik tanpa melihat keyboard. Huruf F untuk telunjuk kiri, sedangkan J untuk telunjuk kanan.

Baca Juga: 10 Tips Melindungi Komputer dari Serangan Ransomware

Nah, itu dia fakta fakta menarik tentang keyboard QWERTY menurut TipsPintar.com. Semoga menambah wawasan kalian!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top