Tips

7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Home / Windows / Tips / 7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Masalah yang sering dialami oleh sebagian orang dalam menggunakan laptop adalah beberapa tombol keyboard yang sudah tidak berfungsi lagi atau sudah error.

Padahal keyboard memiliki peran penting untuk dalam mengggunakan laptop, terlebih lagi jika ingin melakukan pekerjaan dan tugas. Jika sudah error, mau tidak mau kita perlu menonaktifkan keyboard dan menggunakan keyboard eksternal.

Nah, pas banget nih! Kali ini kita akan membahas gimana sih cara memperbaiki keyboard yang error. Namun sebelumnya, kamu perlu tau nih beberapa hal yang membuat keyboard error berikut ini.

Penyebab Laptop Keyboard Tidak Berfungsi Sebagaian / Error

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Penyebab Laptop Keyboard Tidak Berfungsi Sebagaian / Error

Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan keyboard laptop rusak, tapi yang pasti antara kerusakan dari segi software dan juga hardware.

Namun ada faktor lainnya yang membuat keyboard menjadi rusak atau error. Nah, berikut ini penyebab keyboard laptop yang rusak:

  • Adanya bantalan keyboard yang sudah longgar atau sudah tidak sensitif.
  • Keyboard mengalami korslet akibat ketumpahan benda cair.
  • Banyaknya debu atau benda asing yang menumpuk di sela-sela dalam keyboard.
  • Software mengalami kerusakan sehingga tidak bisa match dengan laptop.

Dengan begitu, keyboard mengalami error. Nah, kalau sudah begini, yuk kita simak cara memperbaiki keyboard laptop yang macet berikut ini!

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Sebelum untuk membeli baru lagi, coba deh kamu ikuti cara yang akan kita rekomendasikan ini. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Bersihkan Keyboard Laptop

Membersihkan Laptop

Membersihkan Laptop

Cara yang pertama adalah membersihkan keyboard laptop. Kebiasaan sepele yang bikin laptop cepat rusak, karena kamu jarang sekali membersihkannya dari debu.

Makanya gak heran kalau keyboard yang jarang dibersihkan akan terdapat banyak debu sehingga mengakibatkan keyboard laptop rusak.

Untuk itu, coba bersihkan keyboard laptop kamu. Paling tidak sebulan sekali. Baik itu dari luar maupun dari dalam laptop yang dimana harus dibongkar terlebih dahulu.

2. Install Ulang Driver Keyboard

Install Driver Keyboard Laptop

Install Driver Keyboard Laptop

Cara yang selanjutnya adalah meng-install ulang driver keyboard laptop. Mungkin driver keyboard laptop kamu terdapat bug yang membuat keyboard laptop tidak bisa digunakan.

Keyboard akan berfungsi ketika memiliki driver yang dimana bisa digunakannya. Untuk itu coba install ulang driver keyboard dari laptop kamu. Berikut cara install ulang driver keyboard:

  • Pertama, buka “My Computer” lalu klik kanan lalu pilih “Manage“.
My Computer lalu Manage

My Computer lalu Manage

  • Kedua, pilih “Device Manage” lalu pilih “Keyboard“.
Pilih Device Manager lalu Pilih Keyboard

Pilih Device Manager lalu Pilih Keyboard

  • Ketiga, pilih tipe keyboard yang sesuai dengan laptop kamu.
Pilih Keyboard Device

Pilih Keyboard Device

  • Keempat, klik kanan lalu pilih “Uninstall“.
Pilih Uninstall

Pilih Uninstall

  • Kelima, klik kanan pada nama laptop kamu lalu pilih “Scan for hardware changes
Pilih Scan for

Pilih Scan for hardware changes

3. Restore System

Restore System

Restore System

Cara yang selanjutnya adalah melakukan restore system. Restore system adalah mengembalikan sistem yang ada di laptop kamu. Seperti mengembalikan sistem keyboard.

Mungkin sistem tersebut mengalami atau terdapat bug sehingga keyboard tidak terbaca di laptop. Untuk itu kamu lakukan restore system untuk memperbaiki sistem keyboard laptop. Berikut cara restore system:

  • Pertama, buka “Control Panel“.
Buka Control Panel

Buka Control Panel

  • Kedua, pilih “System and Security“.
Pilih System and Security

Pilih System and Security

  • Ketiga, pilih “Back up your computer“.
Pilih Back up your computer

Pilih Back up your computer

  • Keempat, pilih “Recover system setting or your computer“.
Pilih Recover

Pilih Recover system settings or your computer

  • Kelima, pilih “Open System Restore” lalu tunggu hingga proses selesai.
Pilih Open

Pilih Open System Restore

Baca Juga: 10 Cara Mengtasai Laptop yang Mati Sendiri (100% Sembuh)

4. Periksa Num Lock Keyboard Laptop

Periksa Num Lock

Periksa Num Lock

Cara yang selanjutnya adalah memeriksa Num Lock yang ada di laptop. Namun, Num Lock ini hanya ada di laptop tertentu saja. Num Lock juga bisa menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi.

Num Lock yang aktif hanya bisa menggunakan beberapa huruf atau alfabet saja. Nah, untuk itu coba cek Num Lock kamu sedang aktif atau tidak.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Tanpa Tombol Power

5. Membersihkan Virus

Scan Virus

Scan Virus

Cara yang selanjutnya adalah membersihkan virus yang ada di laptop kamu. Memang keadaan virus di laptop sangat mengganggu sistem maupun software yang ada.

Termasuk menggantu atau merusak dari sistem keyboard laptop kamu. Untuk itu bersihkan virus yang ada di laptop kamu dengan menggunakan antivirus yang terbaik.

6. Restart Laptop

Restart Laptop

Restart Laptop

Cara berikutnya adalah dengan restart laptop. Mungkin keyboard laptop kamu tidak merespon atau kurang merespon dari keyboard dari laptop kamu.

Untuk itu coba restart laptop agar menutup secara paksa seluruh software maupun driver dari laptop kamu sehingga atau mungkin keyboard laptop bisa digunakan kembali lagi.

7. Membawa ke Tempat Service Resmi

Service Tempat Resmi

Service Tempat Resmi

Cara yang terakhir adalah membawa ke tempat service yang resmi. Jika hal itu semua tidak bisa untuk memperbaiki keyboard laptop kamu yang rusak.

Cobalah untuk membawa ke tempat service yang resmi dari laptop kamu. Dengan begitu, keyboard laptop kamu pasti akan sudah benar kembali lagi.

Baca Juga: Cara Uninstall Software Sampai ke Akar-akarnya (100% Bersih)

Solusi Keyboard yang Sudah Rusak

Jika sudah rusak dan tidak tau harus bagaimana lagi, kamu bisa mengikuti saran yang kita berikan ini. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Menggunakan Keyboard USB

Keyboard Eksternal

Keyboard Eksternal

Solusi yang pertama adalah menggunakan keyboard external yang dihubungkan melalui USB. Keyboard external adalah keyboard yang akan dihubungkan dengan laptop baik itu melalui USB atau wireless.

Basanya banyak orang yang menggunakan keyboard external untuk mengganti dari keyboard laptop yang sudah rusak. Kamu juga bisa membelinya di aplikasi belanja online seperti Shopee, Tokopedia dan lain sebagainya.

2. Menggunakan On-Screen Keyboard

On-Screen Keyboard

On-Screen Keyboard

Solusi berikutnya adalah dengan menggunakan On-Screen keyboard. Jika tidak ingin membeli keyboard external, kamu bisa menggunakan On-Screen keyboard yang ada di dalam laptop.

On-Screen keyboard merupakan salah satu fitur yang telah tersedia di dalam setiap laptop. Untuk mengunakannya, kamu hanya menggunakan mouse yang diarahkan ke On-Screen keyboard.

3. Menggunakan Android Sebagai Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Menggunakan Android Sebagai Keyboard

Solusi yang terakhir adalah dengan menggunakan Android kamu sebagai keyboard di PC. Sekarang kan sudah banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk menjadikan Android sebagai PC, untuk yang mau tau caranya bisa cek di artikel cara mengubah Android menjadi keyboard di PC/Laptop ya!

Nah, itu dia cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top