Android

Cara Merubah Kamera Smartphone Android Jadi Fingerprint

Home / Android / Tips / Cara Merubah Kamera Smartphone Android Jadi Fingerprint

Hallo sobat pintar! Perkembangan teknologi di jaman sekarang sudah tidak perlu diragukan lagi ya gaes. Mulai dari komputer atau laptop yang semakin canggih, hingga smartphone yang semakin canggih pula.

Smartphone-smartphone jaman sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur yang keren, salah satunya fingerprint. Namun fitur fingerprint tersebut hanya ada di beberapa model smartphone saja gaes. Nah, kamu tau nggak sih? Ada loh cara mengubah kamera smartphone biasa kamu menjadi fingerprint.

BACA
Cara Menjadikan Smartphone Kamu Sebagai CCTV

Jadi Kamu Bisa Membuka Aplikasi Hanya Dengan Menempelkan Jari ke Kamera

Untuk mengubah kamera smartphone kamu menjadi fingerprint, kamu bisa menggunakan cara yang TipsPintar.com berikan berikut ini.

Pertama, install aplikasi Fingerprint Applock. Karena aplikasi ini tidak tersedia di Play Store, kamu bisa mengunduhnya di link berikut.

Finger Print Applock Download

Kedua, setelah ter-install buka aplikasi tersebut. Lalu kamu pilih Finger Enroll.

Pilih Finger Enroll

Pilih Finger Enroll

Ketiga, kamu diharuskan memilih tangan dan jari mana yang akan digunakan untuk men-scan sidik jari.

Pilih Tangan dan Jari

Pilih Tangan dan Jari

Keempat, kamera belakang kamu akan otomatis menyala dan kamu harus meletakkan jari tangan kamu dibawah kamera sesuai dengan posisi yang diharuskan.

Kamera Belakang Menyala

Kamera Belakang Menyala

Tunggu hingga proses scan sidik jari selesai, apabila berhasil maka panel sidik jari akan berubah menjadi warna hijau. Ulangi hingga tujuh kali.

Scan Sidik Jari Hingga 7 Kali

Scan Sidik Jari Hingga 7 Kali

Kelima, jika semua panel sudah berwarna hijau, maka akan ada pesan verifikasi bahwa sidik jari kamu cocok. Klik Use This Fingerprint untuk menggunakan sidik jari kamu tadi.

Gunakan Sidik Jari

Gunakan Sidik Jari

Keenam, kamu akan kembali ke halaman utama, lalu pilih Lock Apps.

Pilih Lock Apps

Pilih Lock Apps

Ketujuh, kamu akan diminta akses Accessibility, klik OK. Lalu kamu akan berpindah ke pengaturan Aksebilitas, dan aktifkan Finger Print Applock.

Aktifkan Aksebilitas Fingerprint

Aktifkan Aksebilitas Fingerprint

Kedelapan, jika proses aksebilitas sudah selesai, kembali ke halaman Lock Apps tadi. Kemudian kamu pilih aplikasi yang ingin dikunci, klik lalu pilih Finger Print Lock kemudian Lock.

Pilih Aplikasi Lalu Lock

Pilih Aplikasi Lalu Lock

Jadi setiap kamu ingin membuka aplikasi tersebut, maka kamu diharuskan untuk memasukkan sidik jari melalui kamera belakang smartphone tersebut.

Masukan Sidik Jari untuk Membuka Aplikasi

Masukan Sidik Jari untuk Membuka Aplikasi

Nah, itulah tadi cara mudah mengubah kamera smartphone kamu menjadi fingerprint. Jika kamu memiliki saran atau pendapat, silahkan isi dikolom komentar ya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Comments
To Top