Android

10 Aplikasi Pendeteksi Gempa Paling Akurat di Android

Home / Android / Apps / 10 Aplikasi Pendeteksi Gempa Paling Akurat di Android

Pendeteksi Gempa Paling Akurat di Android

Belum sembuh duka Indonesia karena bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok. Indonesia pun kembali terkena bencana gempa bumi sekaligus tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Indonesia memang berada di jalur gempa teraktif di dunia. Sehingga, sulit untuk memastikan terjadinya gempa bumi.

Walaupun begitu, kamu bisa mendeteksi jika terjadi gempa bumi menggunakan aplikasi pendeteksi gempa bumi, aplikasi tersebut biasanya dilengkapi juga dengan aplikasi prakiraan cuaca. Nah, berikut ini rekomendasi aplikasi untuk mendeteksi gempa bumi.

Airy Rooms

Cara Mendeteksi Gempa Bumi dengan Menggunakan Aplikasi Ini!

Gempa bumi memang termasuk salah satu bencana alam terbesar. Jadi, kamu harus tetap waspada dan siaga jika teridentifikasi terjadinya gempa ya gaes!

1. Info BMKG

Info BMKG

Aplikasi Info BMKG

Salah satu aplikasi pendeteksi gempa yang resmi diluncurkan BMKG adalah Info BMKG. Aplikasi yang dirancang oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Weather ini memiliki ukuran cukup kecil yaitu 9,6MB.

Fitur yang tersedia pada aplikasi ini antara lain untuk mengetahui prakiraan cuaca, kualitas udara, adanya gempa bumi, menyajikan informasi iklim di Indonesia, cuaca maritim, xuaxa di bandara dan informasi titik panas (GeoHotspot).

Selain itu, aplikasi Info BMKG terdapat fitur untuk menyajikan informasi mengenai peringatan dini cuaca dan cuaca jalur mudik. Sepertinya, bisa juga digunakan sebagai aplikasi yang wajib di-install saat mudik lebaran deh gaes.

NamaInfo BMKG
Ukuran9,6MB
Total Download1 Juta
Rating di Play Store4.3
Download di Sini

2. Info Gempa Indonesia (BMKG)

Info Gempa Indonesia (BMKG)

Aplikasi Info Gempa Indonesia (BMKG)

Aplikasi selanjutnya adalah Info Gempa Indonesia (BMKG). Aplikasi yang memiliki ukuran hanya 3,3MB ini dirancang oleh RedcircleApps. Aplikasi Info Gempa Indonesia (BMKG) akan mempermudah kamu untuk memantau jika terjadi gempa bumi di Indonesia.

Aplikasi ini juga bersumber dari Info BMKG loh gaes. Jadi, dipastikan sangat akurat. Nah, fitur yang tersedia antara lain untuk memantau di lokasi mana saja yang akan terjadi gempa bumi, menyajikan lokasi gempa bumi berdasarkan peta.

NamaInfo Gempa Indonesia (BMKG)
Ukuran3,3MB
Total Download10 Ribu
Rating di Play Store4.2
Download di Sini

3. EarthQuakes

EarthQuakes

Aplikasi EarthQuakes

Aplikasi untuk mendeteksi gempa yang ketiga adalah EarthQuakes. Aplikasi yang menyajikan informasi mengenai gempa bumi di seluruh dunia ini memiliki ukuran sekitar 7,7 MB dan dirancang oleh topstcn.com.

Jadi, bukan hanya di Indonesia kamu bisa mengetahui di mana aja sih akan terjadinya gempa. Aplikasi ini menampilkan informasi gempa bumi secara real time dan juga kamu bisa mengetahui riwayat negara yang baru saja terkena gempa bumi.

Nah, untuk mengetahui terjadinya gempa, kamu harus mengaktifkan fitur GPS terlebih dahulu dan akan muncul koordinat secara manual untuk mengetahui apakah akan terjadi gempa bumi.

NamaEarthQuakes
Ukuran7,7MB
Total Download500 Ribu
Rating di Play Store4.1
Download di Sini

4. Earthquake Alert!

Earthquake Alert!

Aplikasi Earthquake Alert!

Aplikasi pendeteksi gempa untuk Android yang kelima adalah Earthquake Alert!. Aplikasi yang sudah di-download lebih dari 1 juta ini memiliki ukuran sekitar 2,6MB dan dirancang oleh Josh Clemm.

Aplikasi Earthquake Alert! bisa membantu kamu untuk mendeteksi gempa bumi ini juga punya fitur yang lainnya yaitu bisa diaktifkan alarm tanda gempa akan terjadi, melihat peta jika terjadi gempa. Nah, gempa yang diinformasikan juga bukan hanya di Indonesia saja tapi di seluruh dunia loh gaes.

NamaEarthquake Alert!
Ukuran2,6MB
Total Download1 Juta
Rating di Play Store4.4
Download di Sini

5. My Earthquake Alerts – US & Worldwide Earthquakes

My Earthquake Alerts - US & Worldwide Earthquakes

Aplikasi My Earthquake Alerts – US & Worldwide Earthquakes

Aplikasi yang kelima adalah My Earthquake Alerts – US & Worldwide Earthquakes. Aplikasi yang menyajikan informasi mengenai gempa bumi ini dirancang oleh Jake Ruston dan memiliki ukuran sekitar 11MB.

BACA
Cara Mematikan Android Tanpa Menekan Tombol Power

Aplikasi ini akan menampilkan notifikasi jika terjadi gempa di sekitar kamu loh. Selain itu, aplikasi ini menampilkan seberapa jauh sih lokasi gempa bumi terjadi dari tempat kamu berada.

Tampilan aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, kamu bisa menampilkan riwayat terjadinya gempa. Nah, untuk mendapatkan notifikasi akan terjadinya gempa, kamu hanya perlu mengaktifkan GPS.

NamaMy Earthquake Alerts – US & Worldwide Earthquakes
Ukuran11MB
Total Download100 Ribu
Rating di Play Store4.4
Download di Sini

Baca Juga: 10 Aplikasi Pencari Jodoh Terbaik di Android

6. Earthquake Network – Realtime Alerts

Earthquake Network - Realtime Alerts

Aplikasi Earthquake Network – Realtime Alerts

Aplikasi pendeteksi gempa bumi yang keenam adalah Earthquake Network – Realtime Alerts. Sama seperti yang lainnya, aplikasi yang menyajikan informasi akan terjadinya gempa ini memiliki ukuran sekitar 7,2MB dan dirancang oleh Francesco Finazzi.

Aplikasi ini akan menampilkan titik lokasi jika terjadi gempa. Kemudian, kamu akan mendapatkan notifikasi dan juga getaran pada HP jika akan terjadi gempa di tempat kamu berada. Jadi, pastikan kamu mengaktifkan fitur GPS ya gaes.

NamaEarthquake Network – Realtime Alerts
Ukuran7,2MB
Total Download1 Juta
Rating di Play Store4.5
Download di Sini

7. Vibration Meter

Vibration Meter

Aplikasi Vibration Meter

Aplikasi yang ketujuh adalah Vibration Meter. Aplikasi yang berfungsi untuk mendeteksi gempa bumi ini hanya memiliki ukuran 3,0MB saja loh gaes. Aplikasi Vibration Meter dirancang oleh Smart Tools co.

Aplikasi ini cara kerjanya adalah dengan menggunakan sensor untuk mengukur getaran jika terjadi gempa bumi. Nilai yang diukur juga menggunakan skala Modified Mercalli Intensity (MMI).

Nah, untuk mendapatkan hasil yang akurat kamu hanya perlu melakukan kalibrasi pada HP. Aplikasi ini juga menampilkan data statistik dan memberikan notifikasi berupa suara jika akan terjadi gempa gaes.

NamaVibration Meter
Ukuran3,0MB
Total Download1 Juta
Rating di Play Store4.3
Download di Sini

8. LastQuakes

LastQuakes

Aplikasi LastQuakes

Aplikasi untuk mengetahui gempa bumi yang kedelapan adalah LastQuakes. Aplikasi ini resmi loh dari Pusat Gempa Euro-Meditteranea (CSEM). Aplikasi yang dirancang oleh EMSC-CSEM ini memiliki ukuran hanya 2,9MB saja.

Aplikasi ini akan menampilkan informasi gempa bumi yang terjadi di seluruh dunia. Informasinya pun berupa lokasi, jarak dari lokasi kamu, waktu terjadinya gempa. Nah, dengan begitu kamu bisa menyelamatkan diri jika memang terjadinya gempa gaes.

NamaLastQuakes
Ukuran2,9MB
Total Download100 Ribu
Rating di Play Store4.6
Download di Sini

9. EQInfo – Global Earthquakes

EQInfo - Global Earthquakes

Aplikasi EQInfo – Global Earthquakes

Aplikasi pendeteksi gempa bumi dan tsunami yang kesembilan adalah EQInfo – Global Earthquakes. Aplikasi ini ternyata digunakan oleh Lembaga Geofisika di dunia loh gaes. Aplikasi yang hanya memiliki ukuran 5,1MB ini dirancang oleh gempa GmBH.

Aplikasi ini telah diintegrasi oleh Seismograf Raspberry Shake. Jadi, kamu bisa mengetahui informasi jika akan terjadi gempa bumi di seluruh dunia. Fitur yang tersedia pada aplikasi ini antara lain menyajikan informasi gempa bumi dengan menunjukkan magnitude, lokasi, waktu, arah terjadinya gempa dan pusat gempa.

NamaEQInfo – Global Earthquakes
Ukuran5,1 MB
Total Download100 Ribu
Rating di Play Store4.3
Download di Sini

10. Volcanoes & Earthquakes

Volcanoes & Earthquakes

Aplikasi Volcanoes & Earthquakes

Aplikasi deteksi gempa yang terakhir adalah Volcanoes & Earthquakes. Aplikasi yang juga menyajikan informasi mengenai gunung berapi ini memiliki ukuran sekitar 2,6MB dan dirancang oleh developer VolcanoDiscovery.

Aplikasi ini memiliki fitur yang sama dengan aplikasi lainnya. Bedanya, terdapat fitur untuk mengetahui aktivitas gunung berapi yang berada di dekat lokasi kamu gaes. Jadi, kamu bisa mengetahui data mengenai status gunung berapi tersebut.

Nah, kamu juga bisa mengetahui informasi terjadinya gempa bumi di seluruh dunia secara akurat. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi jika terdapat identifikasi terjadinya gempa bumi.

NamaVolcanoes & Earthquakes
Ukuran2,6MB
Total Download100 Ribu
Rating di Play Store4.4
Download di Sini

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau dong aplikasi pendeteksi gempa dan juga tsunami di Android. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top