Kepo

5 Bencana Alam Terbesar yang Pernah Melanda Indonesia

Home / Kepo / Lifestyle / 5 Bencana Alam Terbesar yang Pernah Melanda Indonesia

Bencana Alam Indonesia

Sebagai negara yang terletak di atas lempeng tektonik, membuat Indonesia sering mengalami bencana alam, yakni gempa bumi.

Selain itu, di Indonesia juga terdapat banyak gunung berapi yang tersebar di berbagai pulau. Hal itu juga yang membuat negeri kita ini dalam bayang-bayang bencana besar.

Bencana terakhir yang dialami negeri ini terjadi pada 28 September 2018 lalu, yakni gempa Sulawesi Tengah tepatnya Kota Palu dan Donggala yang menyebabkan tsunami.

Selain itu, ternyata ada loh beberapa bencana alam yang pernah melanda Indonesia. Penasaran apa aja? Yuk simak artikel berikut.

Ngeri! Ini Bencana Alam yang Pernah ada di Indonesia

1. Letusan Gunung Krakatau (1833)

Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda pernah meletus dahsyat pada tanggal 27 Agustus 1833. Kekuatannya setara dengan 150 megaton TNT atau lebih dari 10.000 kali kekuatan bom atom yang menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang.

Akibat letusannya, gunung ini mengakibatkan terpisahnya Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera.

Pulau yang menampung gunung Krakatau pun lenyap beserta manusia di dalamnya. Ledakan tersebut tentunya memicu tsunami setinggi 40 Meter yang menewaskan lebih dari 36 ribu jiwa manusia.

Suara letusan gunung Krakatau masih tercatat sebagai suara letusan paling keras yang terdengar di muka bumi. Bahkan radius suara letusan tersebut mencapai 4.600 km.

Setelah gunung Krakatau meletus dan menghancurkan dirinya sendiri, beberapa tahun kemudian muncul gunung api kecil yang saat ini diberi nama Anak Krakatau.

Letusan gunung Krakatau yang sangat fenomenal ini pun diangkat kedalam film layar lebar yang sangat seru dan menegangkan.

2. Letusan Gunung Merapi (1930)

Gunung Merapi yang terletak di Jawa Tengah ini ternyata sering meletus loh. Letusan terbesar gunung Merapi yang pernah terjadi di Indonesia adalah pada tahun 1930.

Pada saat itu, gunung Merapi menewaskan hingga 1369 jiwa. Selain tahun 1930, gunung Merapi juga pernah meletus pada tahun 2006 dan 2010.

BACA
Build Miya Mobile Legends 2018: Gampang Dapat Savage

3. Tsunami Aceh (2004)

Tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 menjadi catatan bisu negeri kita ini. Lebih dari 230 ribu nyawa melayang akibat bencana alam ini.

Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara yang berdekatan pun ikut menjadi sasaran ganasnya ombak tsunami.

Tsunami ini dipicu oleh gempa berkekuatan 9.2 skala richter pada kedalaman 30 km dibawah dasar laut yang berjarak sekitar 100 km dari pantai Barat Aceh.

Akibat gempa tersebut, gelombang tsunami setinggi 24 hingga 30 meter manyapu rumah-rumah mewah di dataran Aceh dan sekitarnya.

Baca Juga: 8 Eksperimen Penggabungan antara Manusia dan Hewan!

4. Gempa Lombok (2018)

Pada tanggal 29 Juli 2018 lalu terjadi gempa dahsyat berkekuatan 6,4 skala richter yang menimpa Pulau Lombok dan sekitarnya.

Namun itu hanya permulaan saja dari rentetan gempa yang terjadi. Pada tanggal 5 Agustus 2018, terjadi gempa yang lebih dahsyat menimpa Lombok. Kekuatannya sendiri mencapai 7,0 skala richter.

5. Gempa Sumatera Barat (2009)

Pada tanggal 30 September 2009, terjadi gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,6 Skala Richter di lepas pantai Sumatera Barat.

Meskipun kekuatannya besar, gempa tersebut tidak mengakibatkan tsunami. Hanya saja banyak bangunan yang roboh dan dilaporkan lebih dari 1000 orang tewas serta lainnya mengalami luka-luka.

Nah, itulah beberapa bencana alam yang pernah melanda Indonesia. Cukup menyedihkan ya guys 🙁 Jangan lupa share artikel ini ke teman kamu ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top