Media Sosial

5 Perbedaan Antara Instagram Reels dan TikTok yang Jarang Disadari!

Home / Media Sosial / 5 Perbedaan Antara Instagram Reels dan TikTok yang Jarang Disadari!

Perbedaan Antara Instagram Reels dan TikTok

Instagram telah mengeluarkan fitur terbarunya yaitu Reels. Fitur tersebut hampir mirip dengan TikTok, dimana pengguna bisa membagikan video potrait dengan durasi maksimal 59 detik. Konten Reels ini sedang diprioritaskan oleh Instagram. Makanya banyak yang berlomba membuat ide konten Instagram.

Apalagi pengguna juga bisa download video Reels sama seperti download video TikTok. Walaupun keduanya sama, tapi ada perbedaannya loh gaes. Penasaran apa aja perbedaan Reels dan TikTok? Kalau iya, langsung simak aja ya artikel berikut ini!

Ini Perbedaan Instagram Reels dan TikTok

Buat yang masih bingung bedanya Instagram Reels dan TikTok, bisa langsung simak artikel berikut ini yah!

1. Durasi Video

Perbedaan Antara Instagram Reels dan TikTok

Durasi Video

Perbedaan Instagram Reels dan TikTok yang pertama adalah durasi video. Jika dibandingkan Instagram Reels memiliki durasi yang lebih sedikit dibandingkan TikTok, dimana Instagram Reels ada beberapa pengguna yang hanya bisa upload durasi maksimal 30 detik.

Namun beberapa juga ada yang sudah 59 detik. Semua penggunannya tidak mendapatkan bagian durasi yang sama. Berbeda dengan TikTok dimana durasi maksimalnya 59 detik. Akan tetapi jika followers sudah 10k lebih, maka bisa upload video lebih dari 59 detik.

Oleh sebab itu, saat kamu membuat video untuk di Instagram Reels dan TikTok di aplikasi edit video tambahan lain, pastikan kamu memperhatikan durasi videonya yah! Jangan sampai melewati durasi, karena jika melewati maka video otomatis akan terpotong.

2. Tata Letak Menu

Perbedaan Antara Instagram Reels dan TikTok

Tata Letak Menu

Perbedaan Instagram Reels dan TikTok berikutnya adalah tata letak menu. Jika dilihat sekilas maka tampilan tata letak menunya akan tampak sama. Namun jika kamu perhatikan ternyata berbeda loh!

Yups, di Instagram Reels hanya memiliki menu di bawah berupa Home, Search, Icon Reels (untuk upload video), Shop, Profile. Sedangkan menu di samping hanya tombol Like, Comment, Share, Settings, dan Music.

Sedangkan, di TikTok memiliki menu di bawah berupa Home, Search, Icon Plus (untuk upload video), Notifikasi, Profile. Sedangkan menu di samping hanya tombol Follow, Like, Comment, Share, Settings, dan Music.

Jika dari segi penggunannya, TikTok lebih nyaman jika dibandingkan dengan Instagram Reels, karena tidak ada banyak fitur di dalamnya. Nah, hal ini juga lah yang menjadi alasan kenapa aplikasi TikTok makin populer.

3. Pemilihan Musik atau Lagu

Perbedaan Antara Instagram Reels dan TikTok

Pemilihan Musik atau Lagu

Perbedaan Instagram Reels dan TikTok selanjutnya adalah pemilihan musik atau lagu. Yups, untuk akses musik atau lagu di Instagram masih terbilang sedikit dibandingkan dengan TikTok.

Apalagi jika akun bisnis maka penggunaan musiknya akan sangat terbatas. Makanya gak heran kalau ingin membuat Instagram Reels, banyak pengguna yang membutuhkan aplikasi tambahan seperti aplikasi edit video untuk bisa menggunakan musik atau audio yang diinginkan.

Sedangkan di TikTok semua pengguna baik individual dan bisnis, bisa memiliki akses ke semua stok audio dan musik TikTok. Bahkan pengguna bisa mencari audio yang diinginkan menggunakan hashtag serta bisa menambahkan dan mengedit audio.

4. Demografi

Perbedaan Antara Instagram Reels dan TikTok

Demografi

Perbedaan antara Instagram Reels dan TikTok berikutnya adalah Demografi. Jika dilihat dari hasil laporan platform sosial media marketing, justru pengguna TikTok umurnya lebih banyak di usia muda jika dibandingkan dengan Instagram Reels.

Oleh sebab itu, untuk kamu pebisnis online jika ingin menjangkau generasi Z, maka kamu disarankan untuk membuat konten yang sedang viral atau tren challenge di kalangan pengguna TikTok.

Sedangkan jika kamu ingin menjangkau generasi milenial, maka pilihan terbaik adalah dengan membuat video dan membagikannya di Instagram Reels.

5. Algoritma

Perbedaan Antara Instagram Reels dan TikTok

Algoritma

Perbedaan antara Instagram Reels dan TikTok terakhir adalah Algoritma. Yups, seperti yang kita ketahui kalau di TikTok ada yang namanya FYP (For Your Page), jadi para pengguna TikTok akan diberikan video TikTok yang sedang viral.

FYP ini didasarkan beberapa faktor seperti jumlah komentar, penayangan, like, dan share. Selain itu, faktor pembahasan juga berlaku. Untuk masuk FYP, biasanya jumlah penontonnya akan mencapai 10k tayangan, makanya gak heran kalau banyak yang ingin masuk FYP dengan cepat.

Sedangkan Instagram Reels hanya didasarkan dengan pengikutnya dan eksplore. Namun belum ada kepastian konten yang viral berdasarkan jumlah like, komen atau share.

So, itulah perbedaan antara TikTok dan Instagram Reels. Kalau menurut kamu, apa lagi sih perbedaan TikTok dan Instagram Reels? Kalau ada, tulis di kolom komentar bawah sini yah 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top