Tips

Pertolongan Penting yang Harus Dilakukan Jika HP Terendam Air

Pertolongan Penting yang Harus Dilakukan Jika HP Terendam Air 7

Bermain smartphone memang sangat mengasikan ya guys? Apalagi saat bermain Mobile Legends, pastinya kamu membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi.

Walaupun harus berkonsentrasi tinggi, kamu juga harus memperhatikan keadaan sekitar juga ya. Takutnya, jika kamu terlalu serius saat memainkan HP, kamu malh jatuh ke sebuah kubangan yang mengakibatkan HP kamu terendam air.

Bermain Smartphone

Bermain Smartphone

Apabila kejadian itu benar-benar terjadi, sebaiknya jangan panik dulu ya guys. Nah, kita akan memberitau kamu pertolongan penting yang harus dilakukan jika HP terndam air.

Beginilah Pertolongan Penting yang Harus Dilakukan Jika HP Terendam Air

1. Segera Ambil Smartphone yang Terendam di Air

Ambil Smartphone yang Terendam

Ambil Smartphone yang Terendam

Apabila kamu melihat smartphone kamu terendam air atau tercebur ke air. Jangan terlalu panik, ambilah segera smartphone kamu agar tidak terlalu lama terendam air.

Apabila terlalu lama, ditakutkan semua komponen menjadi rusak dan mati total. Karena setiap komponen memiliki daya konsleting yang berbeda.

2. Jangan Menyalakan Smartphone Terlebih Dahulu

Matikan Smartphone

Matikan Smartphone

cara memperbaiki HP yang terendam air selanjutnya, jangan menyalakan smartphone yang baru saja terendam air. Apabila kamu langsung menyakannya, kemungkinan besar akan terjadi konsleting pada smartphone kamu.

Apabila smarphone kamu terendam air dalam keadaan sedang di-charge, sebaiknya dicabut dahulu dan jangan juga kamu menyalakan smartphone saat masih terhubung dengan charger. Karena kamu bisa tersetrum atau smartphone kamu menjadi konslet.

3. Keringkan Smartphone Secepat Mungkin

Bersihkan dengan Kain atau Handuk

Bersihkan dengan Kain atau Handuk

cara memperbaiki HP jatuh ke air selanjutnya, lepas semua komponen smartphone kamu. Mulai dari cassing, baterai, SIM Card, dan Micro SD. Keringkan smartphone dengan kain atau handuk, usapkan perlahan sampai ke selah-selah pada smartphone.

BACA
Cara Membuat Stiker LINE Sendiri dari Foto di Galeri Smartphone

Apabila HP kamu non-removable, sebaiknya tegakan HP kamu agar air yang masuk bisa turun ke bawah. Apabila diluar ada matahari, sebaiknya kamu segera menjemurnya agar cepat kering.

4. Gunakan Vacuum Cleaner

Gunakan Vacuum Cleaner

Gunakan Vacuum Cleaner

Cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya adalah keringkan smartphone kamu menggunakan Vacuum Cleaner, alat ini sangat cocok untuk mengeringkan smartphone yang terendam air.

Vacuum Cleaner akan menghisap sisa-sisa air yang masuk ke komponen dan tidak bisa dijangkau oleh kain atau handuk.

5. Timbun di Dalam Beras

Pendam Smartphone di Dalam Beras

Pendam Smartphone di Dalam Beras

Setelah kamu membersihkan smartphone dengan Vacuum Cleaner. Selanjutnya adalah cara mengatasi HP yang ke masuk air dengan beras.

Beras merupakan bahan makanan yang dapat menyerap air. Kamu bisa memendam smartphone kamu selama 1-2 hari sampai benar-benar smartphone kamu kering.

6. Bersihkan ulang HP Kamu

Bersihkan Ulang Smartphone

Bersihkan Ulang Smartphone

Setelah kamu memendam smartphone dengan beras selama 1-2 hari. Kamu bisa mengambilnya dan membersihkannya kembali

Kamu bisa membersihkan smartphone kamu dengan tisu atau kain. Bersihkan hingga tidak ada beras yang menempel di smartphone kamu.

7. Aktifkan dan Cek Komponen Smartphone Kamu

Nyakan Smartphone dan Cek Komponen

Nyakan Smartphone dan Cek Komponen

Setelah kamu membersihkan smartphone yang telah dipendam di dalam beras, kamu boleh menyalakan smartphone. Apabila smartphone kamu berhasil dinyalakan, kamu harus mengecek komponen seperti, speaker, kamera, port charger dan headset.

Apabila samartphone kamu tidak menyala atau ada komponen yang rusak, sebaiknya kamu harus membawa smartphone kamu ke service center agar cepat ditangani.

Jadi begitu ya guys, pertolongan penting yang harus dilakukan jika HP terndam air. Apabila kamu punya kritik atau saran, bisa isi di kolom komentar di bawah ya. Terimakasih #SelaluLebihTau

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top