Kepo

7 Tips Liburan Low-Budget di Semarang. Dijamin Seru!

Lawang Sewu - Kaskus

Semarang merupakan destinasi wisata yang wajib dimasukkan ke dalam list pelesiran Anda menjelang libur pergantian tahun nanti.

Tenang saja jika Anda belum punya cukup tabungan untuk berkeliling kota ini, berikut ada beberapa tips liburan low-budget di Semarang yang bisa dijadikan solusi.

Mau Liburan ke Semarang? Ikuti Tips-Tips Berikut Ini!

Meskipun kamu sedang Low-Budget, tapi kamu gaperlu khawatir guys. Ikuti beberapa tips berikut ini, agar liburan kamu di Semarang tetap seru!

1. Rencanakan Sejak Jauh Hari

Tips Liburan Low-Budget ke Semarang

Rencanakan Sejak Jauh Hari, Sumber: Bisnis.com

Penting bagi Anda untuk merencanakan tanggal keberangkatan sejak jauh hari. Selain mengantisipasi terburu-buru karena kurang persiapan, hal ini juga berpengaruh terhadap harga tiket transportasi (pesawat) dan akomodasi nantinya.

Umumnya, makin dekat hari keberangkatan, maka harga tiket akan makin mahal—terutama jika Anda bepergian di puncak musim liburan atau saat akhir pekan. Jadi, hal pertama yang wajib dilakukan adalah menentukan tanggal secara jelas.

2. Pilihan Transpotasi Kelas Ekonomi

Tips Liburan Low-Budget ke Semarang

Pilihan Transpotasi Kelas Ekonomi, Sumber: Bisnis.com

Apa pun jenis transportasi yang Anda pilih, baik kereta, bus, maupun pesawat, pilihlah yang harganya paling murah; biasanya kelas ekonomi. Transportasi kelas ekonomi memang tak senyaman kelas eksekutif atau bisnis, tapi efektif untuk menekan anggaran liburan. Biasanya harga tiket ekonomi separuh lebih murah dari kelas bisnis atau eksekutif.

Alternatifnya, Anda bisa mulai mencari-cari promo tiket murah di website Airy. Di sana tersedia beragam pilihan maskapai murah dengan destinasi Semarang. Klik di sini untuk cek harga tiket pesawat ke Semarang.

3. Akomodasi

Tips Liburan Low-Budget ke Semarang

Akomodasi, Sumber: Kubangan Ilmu

Tidak perlu pusing soal akomodasi. Di Semarang ada banyak hotel, hostel, atau penginapan nyaman di tengah kota yang bisa disewa dengan harga murah. Jika ingin harga yang lebih bersahabat, Anda bisa menginap di hotel kapsul/hotel khusus backpacker atau room-sharing dengan teman.

Sedikit saran saat memilih akomodasi; pilihlah satu yang lokasinya cukup strategis dan dekat ke berbagai tempat wisata. Dengan begitu, Anda tak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk biaya transportasi. Utamanya jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi.

4. Pilih Objek Wisata Murah

Tips Liburan Low-Budget ke Semarang

Pilih Objek Wisata Murah, Sumber: Vebma.com

Dalam rangka menghemat pengeluaran, Anda sangat disarankan untuk mengunjungi objek-objek wisata murah—lebih baik lagi kalau gratis. Tidak perlu khawatir, di Semarang ada banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi dengan biaya murah, kok, bahkan gratis sama sekali.

Jadi meskipun gratis, liburan Anda akan tetap seru dan menyenangkan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen liburan Anda di sana, ya!

5. Jangan Kalap

Tips Liburan Low-Budget ke Semarang

Jangan Kalap, Sumber: Tribunnews.com

Umumnya wisatawan akan lebih mudah kalap saat berlibur karena membeli ini itu yang sebetulnya tidak begitu dibutuhkan. Maklum, biasanya pos oleh-oleh dan suvenir memakan anggaran lebih banyak dari yang lainnya.

Ada baiknya pertimbangkan baik-baik sebelum belanja. Ini bukan berarti Anda tak boleh membeli buah tangan, ya. Silakan saja. Namun pastikan Anda juga membelinya sesuai kebutuhan dan bujet yang sudah dianggarkan.

Baca Juga: 3 Tempat Wisata Alam di Belantara Metropolitan Surabaya

BACA
Bahaya! Ini 5 Resiko Jika Tidur dengan Perut Kosong

6. Bawa Bekel

Tips Liburan Low-Budget ke Semarang

Bawa Bekel, Sumber: IDN Times

Tips untuk menghemat pengeluaran selama liburan adalah dengan membawa bekal sendiri, terutama air minum. Ini perlu, sebab biasanya harga makanan dan minuman menjadi dua kali lipat lebih mahal di lokasi wisata.

Jika kebetulan hotel tempat Anda menginap menyediakan sarapan, maka sarapanlah dengan kenyang sebelum mulai berkeliling ke berbagai tempat wisata. Dengan begitu, pengeluaran selama liburan bisa ditekan.

7. Coba Kuliner Khas

Tips Liburan Low-Budget ke Semarang

Coba Kuliner Khas, Sumber: MakananOlehOleh.com

Mencoba kuliner khas Semarang saat berlibur ke sana bukan hanya tentang “merasakan sensasi liburan sesungguhnya”, tapi juga dalam rangka menghemat pengeluaran. Alih-alih makan di restoran atau tempat makan yang mahal, lebih baik pilih yang lebih terjangkau, misalnya kuliner tradisional setempat.

Nah, itu dia beberapa tips liburan hemat di Semarang yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top