iOS

10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

iphone 6s - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

iPhone adalah salah satu smartphone yang paling populer. iPhone juga salah satu smartphone yang dijual dengan harga yang sangat mahal.

Bagi sebagian orang untuk menghemat uang, mereka akan membeli iPhone bekas. Karena iPhone bekas memiliki harga yang cukup terjangkau.

Namun, perlu diingat kamu juga harus berhati-hati sebelum membeli iPhone bekas. Terutama kamu juga harus tahu dulu nih tips sebelum membeli iPhone bekas yang berkualitas.

Berikut 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

Nah! Kali ini TipsPintar.com akan mengulas Tips jitu sebelum membeli iPhone bekas agar terhindar dari penipuan. Jadi, simak baik-baik yaa gais.

1. Bukan iPhone Palsu

iphone palsu - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

iPhone Asli dan iPhone Palsu

Tips yang pertama adalah pastikan kamu tidak membeli iPhone bekas yang palsu. Kamu bisa mengecek apakah iPhone tersebut asli atau palsu.

Karena saat ini sudah banyak iPhone palsu yang beredar dipasaran. Jangan sampai kamu menjadi salah satu korban penipuan iPhone palsu ya. Kamu harus terus berhati-hati dalam membeli iPhone.

Terlebih jika kamu ingin membeli iPhone bekas. Sudah iPhone tersebut bekas, kamu juga tertipu kalau iPhone tersebut palsu. Jadi harus tetap waspada yaa.

Baca Juga: 12 Tips Membedakan iPhone Asli dan iPhone Palsu

2. Pastikan Bukan iPhone Curian

iphone curian - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

iPhone Curian

Tips yang kedua adalah jangan membeli iPhone hasil curian. iPhone hasil curian biasanya akun iCloud-nya belum ter-logout. Hal ini akan menghambat kamu untuk menggunakan iPhone bekas tersebut. Karena kamu harus mencari cara untuk me-logout akun sebelumnya.

Selain itu, membeli iPhone second hasil curian juga mempersulit kamu. Karena banyak cara untuk menemukan iPhone yang hilang. Bisa saja kamu akan dituduh sebagai pencuri. Jadi, kamu harus tetap waspada ya sebelum membeli iPhone second.

Baca Juga: Cara Melacak Seseorang Dengan iPhone Tanpa Ketahuan

3. Verifikasi nomor ESN, IMEI atau MEID

imei - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

Nomor IMEI Pada iPhone

Tips yang ketiga adalah dengan memverifikasi nomor IMEI atau MEID. Hal ini dilakukan untuk mengindetifikasi iPhone bekas tersebut. Nah! Untuk iPhone GSM menggunakan nomor IMEI dan CDMA menggunakan nomor MEID.

Cara mengetahui nomor IMEI dan MEID pada iPhone adalah sebagai berikut:

  • Settings > General > About
  • Tekan *#06# dan panggil
  • Lihat dibelakang case atau dus pada iPhone
  • Di tempat meletakkan SIM Card

Dan untuk memverifikasi nomor kunjungi situs imei.info, kemudian masukkan nomor IMEI atau MEID > klikCheck“.

Baca Juga: 10 Tips Rahasia iPhone yang Belum Banyak Diketahui

4. Pastikan iPhone Tidak Rusak

iphone rusak - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

iPhone yang Rusak

Tips yang keempat adalah pastikan bahwa iPhone bekas tersebut tidak rusak. Jika kamu akan membeli iPhone bekas dengan garansi sudah habis, itu tidak akan menjadi masalah.

Nah! Jika iPhone tersebut rusak karena terendam air. Lebih baik kamu mencari iPhone second yang lain. Karena untuk memperbaiki iPhone yang rusak karena terendam air, kamu akan mengeluarkan biaya tambahan.

Selain itu pastikan juga bahwa layar dan touchscreen pada iPhone second tersebut masih bagus. Sama halnya dengan terendam air, kamu juga akan mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki atau men-service iPhone tersebut.

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi HP yang Mati Karena Tercebur Air

5. Periksa Bagian Kamera

kamera iphone - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

Mengambil Foto Menggunakan Kamera iPhone

Tips yang kelima adalah periksa kamera dengan mengambil foto atau membuat video. Foto dan video merupakan salah satu fitur terpenting dari setiap smartphone.

iPhone dirancang dengan kamera yang sangat bagus dan memberikan hasil gambar yang menarik. Kamu harus mencoba memotret gambar dan bandingkan dengan iPhone bekas yang lainnya.

Jika hasil gambarnya terlihat masih bagus, sudah dipastikan bahwa kamera iPhone bekas tersebut masih berfungsi dengan baik.

Selain itu, kamu juga harus mencoba merekam video. Cobalah dengan merekam video 30 detik dalam rentang waktu 5 menit untuk memastikan perangkat kamera berkerja dengan sempurna.

Baca Juga: 10 Smartphone dengan Kamera 20MP Harga 3 Jutaan

6. Periksa Pemakaian Baterai

baterai iphone - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

Baterai Pada iPhone

Tips yang keenam adalah kamu harus menguji dulu masa pakai baterai iPhone bekas tersebut, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Untuk mengecek apakah baterai dalam kondisi baik adalah dengan menggunakan semua fitur iPhone secara bersamaan. Seperti mengatur kecerahan layar secara maksimal, menyalakan WiFi dan GPS atau dengan melakukkan panggilan selama lebih dari 3 menit.

Jika baterai perangkat turun secara drastis dan iPhone mulai panas atau overheat, ini kemungkinan besar baterai pada iPhone tersebut sudah rusak. Jadi, pilih-pilih lagi ya sebelum membeli iPhone bekas.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Baterai iPhone dan iPad

7. Periksa Port USB, Headphone dan Speaker

port iphone - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

Port USB, Headphone dan Speaker Pada iPhone

Tips yang ketujuh adalah dengan memeriksa bagian port USB, headphone jack dan speaker. Pemeriksaan ini adalah salah satu tips penting lainnya yang tidak boleh kamu lupakan.

Cara memeriksa port USB adalah dengan mengisi daya atau men-charger, jika pada pengisian dapat terisi secara normal berarti iPhone bekas tersebut masih bagus. Akan tetapi, jika pengisian daya tidak bertambah, sudah dipastikan port USB tersebut rusak.

Selanjutnya periksa bagian headphone jack. Nah! Kamu bisa menggunakan headset untuk mendengar musik dan pastikan headphone jack berfungsi dengan baik.

Selain mencoba mendengarkan musik dengan headset, kamu juga harus mencoba mendengarkan musik melalui speaker. Jika, suara yang dihasilkan pecah atau tidak mengeluarkan suara, sudah dipastikan speaker tersebut rusak.

Jadi, jangan lupa untuk memeriksa 3 bagian ini juga yaa.

Baca Juga: 10 Tips Melindungi Komputer dari Serangan Ransomware

8. Periksa Semua Tombol

tombol iphone - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

Tombol Power dan Volume Pada iPhone

Tips yang kedelapan adalah periksa tombol power dan volume pada iPhone second tersebut. Bagian ini juga penting karena jika tombol power tidak berfungsi, kamu akan kesulitan untuk menghidupkan iPhone tersebut.

Periksa juga tombol volume yang terdapat pada iPhone tersebut. Apakah tombol volume-nya masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika sudah tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa mencari iPhone second yang lain. Tetapi jika kamu tidak merasa keberatan, kamu bisa menggunakan aplikasi bantuan tombol volume di Apps Store dan kamu juga bisa menawar lagi harga yang penjual tentukan.

Baca Juga: 10 Games PC Paling Sulit Dimainkan 2017

9. Uji Coba WiFi dan GPS

wifi iphone - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

Fitur WiFi Pada iPhone

Tips yang kesembilan adalah periksa fitur WiFi dan GPS pada iPhone second tersebut. Ini salah satu tes penting yang harus kamu lakukan sebelum membeli iPhone second.

Kamu harus mengecek apakah berfungsi dengan benar atau tidak fitur WiFi-nya. Uji konektivitas pada WiFi dengan menyambungkan WiFi yang ada. Jika tidak tersambung, sudah dipastikan bahwa fitur WiFi pada iPhone tersebut sudah tidak berfungsi.

Selain itu, kamu juga harus periksa fitur GPS pada iPhone second tersebut. Apakah fitur GPS-nya berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak, kamu bisa membeli iPhone second yang lainnya ya. Karena fitur WiFi dan GPS adalah salah satu fitur terpenting dalam smartphone iPhone.

Baca Juga: 10 Masalah WiFi yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

10. Harga

price - Tips Sebelum Membeli iPhone Bekas, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second, Tips Penting Sebelum Beli iPhone Bekas, Tips iPhone, iPhone Second, iPhone Bekas, iPhone, IOS, icloud - 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

Mata uang rupiah

Tips yang kesepuluh adalah dengan me-review terlebih dahulu harga iPhone second yang beredar dipasaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari modus penipuan ketika membeli iPhone second.

Jadi, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih iPhone second. Jangan sampai kamu membeli iPhone second dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga yang sebenarnya yaa.

Baca Juga: 10 Tips Sebelum Membeli Smartphone Second (Bekas)

So, bagaimana sobat pintar kamu sudah tahukan tips mudah membeli iPhone bekas yang aman dan berkualitas? Jangan lupa juga ya untuk like dan share artikel ini agar teman kamu juga tahu tips beli iPhone bekas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top