Gadget

10 Tips Penting Agar Smartphone Tidak Terinfeksi Virus

Setiap smartphone bisa saja atau pasti yang mengalami yang namanya di serang oleh virus. Virus sendiri biasanya akan membuat smartphone menjadi lag atau error.

Sebaiknya kamu harus menjaga dari serangan virus. Untuk itu, TipsPintar.com akan memberikan sebuah tips penting untuk smartphone aman dari virus.

BACA
6 Ciri Smartphone Android yang Terjangkit Virus

Daftar 10 Tips Penting Agar Smartphone Aman dari Virus

Penyebab yang mengakibatkan smartphone dari serangan virus salah satunya adalah men-download file yang tidak resmi. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Download Aplikasi dari Toko yang Resmi

Google Play Store

Google Play Store

Tips yang pertama adalah download aplikasi dari toko atau situs yang resmi. Jika kamu men-download dari luar itu, dipastikan smartphone kamu sudah diserang oleh virus.

Download dari toko resmi atau situs resmi pastinya akan bebas dari virus. Terlebih lagi jika aplikasi yang tidak kamu kenal, itu sangat rentan dari virus.

2. Cek Nama Pengembang dari Aplikasi

Nama Pemgebang Aplikasi

Nama Pemgebang Aplikasi

Tips selanjutnya adalah mengecek nama pengembang dari aplikasi. Biasanya setiap aplikasi pasti ada nama perusahaan terkenal yang mengembangkan aplikasi tersebut.

Kamu bisa mengeceknya di internet atau di Google bahwa nama perusahaan tersebut benar-benar terkenal dan aplikasinya terjamin dari serangan virus.

3. Membaca Review Aplikasi

Membaca Review Aplikasi

Membaca Review Aplikasi

Tips selanjutnya adalah membaca review dari setiap aplikasi. Biasanya setiap aplikasi pasti ada saja yang berkomentar tentang dari aplikasi.

Komentar ada yang berisikan positif maupun negatif tentang dari aplikasi tersebut, Nah, kamu bisa memutuskan sendiri bahwa aplikasi aman dari virus atau tidak

4. Aktifkan Pengaturan Keamanan Perangkat

Aktifkan Keamanan Perangkat

Aktifkan Keamanan Perangkat

Tips selanjutnya adalah mengaktifkan keamanan perangkat yang ada di smartphone kamu. Setiap smartphone pasti memilii vitur ini. Kamu bisa memanfaatkanya untuk aman dari virus.

Vitur ini akan mengecek terlebih dahulu bahwa aplikasi yang kamu download aman dari virus atau tidak. Jika terdapat virus, vitur itu akan memberikan peringatan.

Berikut cara mengaktifkan keamanan perangkat:

Buka “Pengaturan> Pilih “Keamanan> Pilih “Administrasi Perangkat

5. Hindari Aplikasi yang Membutuhkan Akses Data Pribadi

Perizinan Aplikasi

Perizinan Aplikasi

Tips selanjutnya adalah mengehindari aplikasi yang mencoba meminta akses data pribadi kamu. Virus biasanya membutuhkan akses data pribadi untuk masuk.

Jika aplikasi yang kamu download seperti itu, sebaiknya dihindari dan ganti dengan aplikasi lainnya yang ada di toko atau situs yang resmi.

6. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Tips selanjutnya adalah untuk manghapus atau meng-unistall aplikasi yang sangat mencurigakan atau yang tidak kamu ketahui. Jika kamu suka melakukan browsing, mungkin saja meng-install aplikasi yang tidak kamu ketahui.

Biasanya aplkasi tersebut memiliki ukuran yang kecil dan tidak jelas dari fungsinya. Untuk itu, cek apa ada aplikasi yang tidak kamu kenal terpasang pada smartphone kamu.

7. Hati-Hati dalam Ber-Internet

Hati-Hati dalam Ber-Internet

Hati-Hati dalam Ber-Internet

Tips selanjutnya adalah hati-hati dalam ber-internet. Jika kamu seorang pengguna aktif dalam menggunakan browsing di smartphone, kamu harus hati-hati loh.

Bisa saja muncul top-up yang mencurigakan, yang dimana kamu diharuskan untuk meng-install aplikasi yang telah disaranakan dari situs yang kamu kunjungi atau situs lain.

Baca Juga: 8 Smartphone Paling Aman dari Serangan Hacker

8. Lakukan Factory Reset

Factory Reset

Factory Reset

Tips selajutnya adalah melakukan factory reset. Dalam hal ini, seluruh data yang ada si smartphone kamu akan hilang terhapus termasuk virus yang sudah ada di dalam smartphone kamu.

Untuk itu, sebelum melakukan factory reset, pastikan data-data kamu sudah di back-up terlebih dahulu. Jika tidak, data-data yang ada di smartphone hilang begitu saja.

Baca Juga: Cara Hard Reset Semua Tipe Smartphone

9. Upgrade OS Smartphone

Upgrade OS Smartphone

Upgrade OS Smartphone

Tips selanjutnya adalah meng-upgrade OS smartphone kamu. Biasanya OS terbaru sudah dapat melindungi smartphone kamu dari serangan virus.

OS terbaru memiliki anti vius sendiri yang tahan dari serangan virus. Namun, tidak semua tipe smartphone bisa di upgrade OS-nya, karena memiliki spesifikasi tertentu dalam melakukan upgrade OS.

10. Gunakan Antivirus Terpercaya

Antivirus Smartphone

Antivirus Smartphone

Tips yang terakhir adalah menggunakan antivirus yang terpercaya. Dengan menggunakan antivirus pastinya akan melindungi smartphon dari serangan virus jahat.

Asalkan gunakan antivirus yang terpercaya atau yang sudah terbukti dapat menghapus virus. Biar aman smartphone kamu, pasang antivirus di smartphone kamu ya.

Nah, itu dia 10 Tips Penting Agar Smartphone Tidak Terinfeksi Virus. Jika, kamu memiliki saran atau pendapat selain diatas tadi. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Like and Share

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top