Gadget

6 Tanda Harus Segera Ganti Baterai Smartphone

Home / Gadget / Smartphone / 6 Tanda Harus Segera Ganti Baterai Smartphone

Tanda Harus Segera Ganti Baterai Smartphone

Seperti yang kita ketahui, kalau beberapa tahun lalu produksi smartphone masih menggunakan baterai yang removeable, sehingga ketika ada masalah pada smartphone, pengguna hanya perlu mengganti baterai saja. Namun sekarang hampir semua smartphone terbaik sudah baterai non-removeable.

Sehingga pengguna tidak bisa melepaskannya. Oleh sebab itu, kamu harus merawat baterai smartphone yang non-removeable. Jika tidak terpaksa kamu harus menggantinya ke service center.

Nah, untuk mengetahui kapan baterai smartphone kamu harus diganti, kamu bisa cek tanda-tanda berikut ini:

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Mengganti Baterai Smartphone

Bingung kapan harus ganti baterai smartphone? Tenang! Kamu bisa simak poin-poinnya berikut ini ya!

1. Daya Baterai Cepat Habis

Tanda Harus Segera Ganti Baterai Smartphone

Daya Baterai Cepat Habis

Tanda harus segera ganti baterai smartphone yang pertama adalah daya baterai cepat habis. Ketika awal pembelian smartphone dengan kondisi baterai 90% bisa bertahan hingga 8 jam, namun sekarang hanya 2 jam saja kemungkinan baterai smartphone kamu bocor.

Nah, tanda ini sudah mengindikasikan kalau baterai smartphone kamu bermasalah. Akan tetapi harus kamu perhatikan apa sih penyebab baterai smartphone cepat habis? Jika digunakan untuk bermain game berat, hal tersebut sangatlah wajar.

Namun jika kamu menggunakannya dengan aktivitas yang wajar, maka hal tersebut sudah diindetifikasikan kalau baterai smartphone kamu bermasalah.

2. Smartphone Tiba-tiba Mati Sendiri

Tanda Harus Segera Ganti Baterai Smartphone

Smartphone Tiba-tiba Mati Sendiri

Tanda harus segera ganti baterai smartphone berikutnya adalah smartphone tiba-tiba mati sendiri. Jika kamu menemukan tanda seperti ini maka sudah bisa dipastikan kalau baterai smartphone kamu bermasalah.

Apalagi jika kamu menggunakannya dalam keadaan wajar dan tidak dalam keadaan baterai lemah. Karena jika baterai sudah lemah, maka bisa langsung mati. Jadi ada kemungkinan juga kalau baterai smartphone kamu sudah lemah.

Baca Juga: 10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian

3. Daya Baterai Tidak Bisa Terisi Penuh

Tanda Harus Segera Ganti Baterai Smartphone

Daya Baterai Tidak Bisa Terisi Penuh

Tanda harus segera ganti baterai smartphone selanjutnya adalah daya baterai tidak bisa terisi penuh. Yups, ketika kamu mengisi daya dan persennya tidak naik atau penuh, ada kemungkinan baterai smartphone kamu bermasalah.

Karena baterai yang normal akan langsung terisi penuh dan akan memutuskan daya ketika memang sudah penuh. Walaupun kamu sudah mempercepat pengisian baterai, namun tetap tidak ada perubahan maka kamu harus segera mengganti baterai smartphone.

4. Baterai Mudah Panas

Tanda Harus Segera Ganti Baterai Smartphone

Baterai Mudah Panas

Tanda harus mengganti baterai smartphone berikutnya adalah baterai menjadi mudah panas. Seperti yang kita tau, ketika menggunakan smartphone dengan aktivitas yang berat akan membuat smartphone menjadi panas.

Namun ketika kamu menggunakannya untuk aktivitas yang ringan dan smartphone overheat atau panas, maka kamu harus segera mengganti baterai. Karena untuk mengatasi smartphone yang panas memang harus mengganti baterainya.

Jika tidak maka baterai tersebut akan mempengaruhi komponen lainnya yang ada di dalam smartphone. Sehingga untuk jangka panjang akan membuat smarrtphone cepat rusak.

5. Smartphone Susah untuk Diaktifkan

Tanda Harus Segera Ganti Baterai Smartphone

Smartphone Susah untuk Diaktifkan

Tanda harus mengganti baterai smartphone selanjutnya adalah smartphone susah untuk diaktifkan. Yups, jika kamu membutuhkan waktu lama untuk bisa mengaktifkan atau menyalakan smartphone maka hal tersebut sudah bisa dipastikan kalau baterai smartphone bermasalah.

Biasanya hal ini terjadi karena kamu sering mengisi daya semalam dan tidak melepaskannya. Kemudian kamu menggunakan kabel yang bukan original. Walaupun hal sepele yang bisa merusak smartphone ini kerap dilakukan, maka sebaiknya kamu hentikan ya!

6. Baterai Sudah Mengembung

Tanda Harus Segera Ganti Baterai Smartphone

Baterai Sudah Mengembung

Tanda harus mengganti baterai smartphone terakhir adalah baterai sudah mengembung. Baterai yang sudah mengembung ini termasuk ciri-ciri baterai smartphone yang sudah bocor, sehingga kamu harus segera menggantinya.

Jika kamu menunda untuk menggantinya maka akan membuat komponen lainnya rusak. Selain itu, akan mengganggu design smartphone kamu, karena belakangnya akan tampak seperti hamil. Hehehe 😀

So, itulah beberapa tanda kamu harus segera mengganti baterai smartphone. Menurut kamu, apa lagi sih tanda untuk mengganti baterai smartphone? Kalau ada tulis di kolom komentar yah!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top