Games

10 Game Simulator PC Terbaik, Wajib Download!

Home / Games / 10 Game Simulator PC Terbaik, Wajib Download!

Game Simulator PC

Di antara banyaknya genre game PC, pasti Kamu sudah tidak asing lagi dengan genre simulator, bukan? Yaps, sesuai dengan namanya, game simulator ini adalah media simulasi atas sesuatu yang terjadi, berkaitan dengan profesi maupun kegiatan.

Nah, bagi Kamu yang mungkin ingin tahu rasanya menjadi seorang pilot, menata kota layaknya seorang gubernur atau walikota, maka game simulator adalah jawabannya!

Seperti yang Kamu ketahui, di dalam game simulator ini, Kamu bukan hanya memainkan sebuah permainan lalu merasakan sensasi keseruannya. Tapi, Kamu juga akan merasakan sebuah kondisi dimana Kamu menjalankan sebuah aktivitas/profesi seseorang layaknya kehidupan normal di dunia nyata.

Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan pelatihan untuk mengasah insting serta kemampuan analitis Kamu dalam memecahkan masalah.

So, bisa dibilang game ini memiliki manfaat yang bagi bagi tumbuh kembang otak. Game simulator ini sendiri bisa dimainkan pada lintas device, seperti di Smartphone Android, iOS, ataupun PC.

Nah, khusus Sobat Pintar pada hari ini, TipsPintar akan memberikan 10 rekomendasi game simulator PC terbaik yang wajib untuk Kamu coba mainkan!

Penasaran apa saja game nya? Yuk, simak ulasan berikut!

10 Game Simulator PC Terbaik 2022

1. Railway Empire

Railway Empire

Railway Empire

Diurutan pertama, ada game Railway Empire. Yaps, game ini merupakan sebuah permainan yang mempunyai latar background 1830-1930 an dan berlangsung di negara Amerika Serikat. Nah, di sini para pemain dapat membangun sebuah peradaban, seperti jalur kereta ataupun lokomotif lainnya untuk melayani kota-kota industri.

Game ini pun menggambarkan sebuah perkotaan yang sedang dalam masa perkembangan. Nah, tugas Kamu disini adalah membantu proses pengembangan tersebut.

Bukan hanya itu, para pemain juga dapat memperkerjakan para pekerja untuk beroperasi di kereta api atau menempatkannya di kantor. Kamu juga bisa mengatur mereka sesuai dengan tipe kepribadian mereka, dengan begitu pekerjaan Kamu bisa lebih mudah.

Game ini sendiri memiliki beberapa level permainan yang dapat dimainkan, seperti Campaign mode, Scenario mode, Free mode, dan juga Sandbox mode.

Di awal tahun 2019, developer dari game ini menawarkan paket DLC atau downloadable content (Konten yang dapat diunduh) dimana konten tersebut dapat dibeli oleh pemain dengan menambahkan lokomotif tambahan serta area baru.

Tempat tersebut meliputi wilayah Danau Besar seperti Kanada dan AS, Meksiko, Amerika Selatan, Inggris & Irlandia, Jerman, Perancis, dan juga Eropa Utara.

Gimana, terdengar seru untuk dimainkan bukan?

NamaRailway Empire
HargaRp344.999,-
Link Download

2. Football Manager 2022

Football Manager 2022

Football Manager 2022

Buat Kamu yang ingin merasakan sensasi dalam memerankan karakter pelatih/manajer sepak bola, maka game ini sangat wajib untuk Kamu mainkan!

Yaps, di dalam game ini, pemain nantinya dapat mengambil alih sebuah klub bola atau menangani timnas dari negara-negara yang terdaftar di FIFA.

Di Football Manager 2022 ini, para pemain juga bisa lho membeli pemain lain untuk bergabung ke dalam klub dan ikut berlatih. Selain itu, pemain juga dapat mengelola keuangan klub tersebut, memberikan instruksi, mengatur strategi, dan hal-hal yang berhubungan dengan manajemen klub tersebut.

Nah, sesuai dengan regulasi terbaru. Game ini juga akan menerapkan sistem Video Assistant Referee (VAR) yang sudah diterapkan di liga-liga Eropa.

Permainan ini juga menawarkan klub-klub sepak bola yang berasal dari berbagai benua, seperti Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara, dan juga Amerika Selatan.

So, buat Kamu para pecinta bola, rasanya wajib banget untuk install game simulator PC terbaik yang satu ini!

NamaFootball Manager 2002
HargaRp549.999,-
Link Download

3. Silent Hunter 4: Wolves of The Pacific

Silent Hunter 4

Silent Hunter 4

Di urutan selanjutnya, ada game Silent Hunter 4: Wolves of The Pacific. Yaps, game ini merupakan sebuah permainan simulasi kapal selam khusus pengguna Windows yang dikembangkan oleh Ubisoft Bucharest.

Di dalam game ini, pemain akan berperan sebagai seorang komandan dari kapal selam milik Amerika Serikat itu.

Kapal selam ini sendiri digunakan selama Perang Dunia II yang berlangsung di Lautan Pasifik tersebut. Jadi Kamu harus bisa bertahan dalam kondisi tersebut!

Game ini menawarkan level permainan yang cukup beragam. Kamu dapat mencoba level Career, Single War Patrol, dan juga Single Battle Engagements. Sistem fungsi di dalam kapal ini juga menggunakan aspek kapal selam perang yang sesuai dengan zamannya.

Dengan aspek orisinalitas, pemain juga dapat benar-benar merasakan seberapa realistisnya game ini. So, buat Kamu yang penasaran, langsung aja install dan mainkan game ini!

NamaSilent Hunter 4: Wolves of The Pacific
HargaRp99.000,-
Link Download

4. Euro Truck Simulator 2

Euro Truck

Euro Truck

Selanjutnya ada Euro Truck Simulator 2. Yaps, di dalam permainan ini, pemain akan berperan sebagai supir truk untuk mengambil kargo dari berbagai lokasi dan akan mengirimkannya ke tempat tujuan dengan melintasi daratan Eropa.

Menurut situs Steam Spy, game ini telah terjual lebih dari lima juta unit di Steam pada bulan Juli 2019. Pemain juga bisa memilih lokasi atau markas yang terdapat di peta sebagai kota awal dalam permainan.

Selanjutnya, pemain akan disewa dan dipekerjakan oleh perusahaan pengiriman dengan truk yang sudah disediakan sekaligus dengan biaya bahan bakar, jalan tol, serta penyebrangan kapal feri.

Nah, ketika Kamu sudah mengumpulkan cukup uang, maka Kamu dapat membeli sebuah truk dan juga garasi rumah. Kamu juga bisa mengirimkan kargo dengan mempekerjakan pemain non karakter sebagai supir sewaan.

NamaEuro Truck Simulator
HargaRp169.900,-
Link Download

5. Two Point Hospital

Two Point Hospital

Two Point Hospital

Di urutan kelima, ada game Two Point Hospital. Di dalam permainan ini, Kamu akan berperan sebagai manajer dari rumah sakit yang bertugas untuk membangun dan memelihara sebuah rumah sakit yang berada di wilayah fiksi bernama Two Point County.

Tugas Kamu selama bermain game ini adalah meliputi pembangunan fasilitas seperti toilet, ruang staf, meja resepsionis, kafe, mesin penjual minuman, dan lain-lain.

Bukan hanya itu, para pemain juga dapat merekrut dokter, perawat, petugas kebersihan, dan juga asisten untuk menjaga rumah sakit.

Dengan dokter-dokter handal yang telah dimiliki, maka pemain harus memastikan para pasien yang sakit menjadi sembuh.

Hal unik dari game ini sendiri adalah disaat pasien meninggal, mereka terkadang akan menjadi hantu dan mengganggu rumah sakit dengan cara meneror pasien dan staf. Wah, terdengar horror bukan? Pastinya tidak kalah seru dengan game horror terbaik lainnya!

Tapi, Kamu bisa mengatasinya dengan cara mengutus petugas kebersihan yang memiliki kemampuan supranatural untuk melenyapkan hantu-hantu tersebut.

NamaTwo Point Hospital
HargaRp359.999,-
Link Download

6. Planet Coaster

Planet Coaster

Planet Coaster

Planet Coaster menjadi salah satu game simulator PC terbaik selanjutnya yang dapat Kamu mainkan.

Di dalam permainan ini, Kamu harus membuat avatar atau profil sendiri. Nantinya, pemain bisa memilih tiga level permainan yang terdiri dari mode Sandbox, Challenge, dan juga Career.

Game Planet Coaster ini sendiri adalah sebuah game simulasi kehidupan yang hampir mirip dengan Disney Magic Kingdoms.

Di dalam game ini, Kamu mempunyai tugas untuk membangun taman bermain yang bernama Toppers.

Nah, ada banyak bentuk wahana permainan yang bisa Kamu tambahkan sesuai dengan keinginan. Kamu juga bisa mengundang tamu untuk datang ke wahana buatan Kamu itu dan biarkan mereka untuk menilai sejauh mana kualitas taman bermain yang Kamu buat.

NamaPlanet Coaster
HargaRp582.095,-
Link Download

7. Cooking Simulator

Cooking Simulator

Cooking Simulator

Game simulasi PC terbaik selanjutnya adalah Cooking Simulator. Yaps, dalam game ini, Kamu akan bertanggung jawab terhadap dapur Kamu sendiri dan juga pesanan yang telah didapatkan.

Nah, di dalam permainan ini Kamu ditugaskan untuk menyiapkan semua hidangan dari pesanan tersebut. Mulai dari hidangan utama, lauk, dan juga hidangan penutup dengan sesempurna mungkin.

Ada banyak resep untuk dikerjakan, mulai dari semua jenis daging-dagingan tersedia mulai dari ayam, sapi, ikan, dan juga sayur-sayuran seperti salad, serta makanan penutup lainnya.

So, buat Kamu yang menyukai permainan masak-masakan, maka game ini sangat wajib untuk Kamu coba mainkan.

NamaCooking Simulator
HargaRp108.999,-
Link Download

8. Cities Skyline

Cities Skyline

Cities Skyline

Buat Kamu yang ingin membangun sebuah kota futuristik di masa depan, maka Kamu bisa wujudkan keinginan tersebut dalam permainan Cities Skyline ini.

Pastinya sangat seru jika Kamu dapat merealisasikan imajinasi mu ke dalam bentuk tatanan sebuah kota futuristik ini. Kamu tentunya dapat mengekspresikan daya imajinasi Kamu di dalam permainan ini tanpa ada batasan apapun.

Pada game ini, Kamu akan berperan sebagai seorang pemimpin kota yang bekerja menata kota sekaligus memantau perkembangan dan mood para penduduk.

Jadi, semakin bahagia penduduk kota, maka semakin damai pula kota yang ditempati, begitu juga sebaliknya.

NamaCities Skyline
HargaRp259.999,-
Link Download

9. Farming Simulator

Farming Simulator

Farming Simulator

Penasaran bagaimana rasanya menjadi seorang Petani? Game Farming Simulator ini akan menjawab semua rasa penasaranmu!

Yaps, di dalam game ini, Kamu akan diajak untuk beraktivitas layaknya seorang Petani pada umumnya. Kamu bisa menyemprotkan pupuk, memanen ladang, memberi makan ternak, dan lain hal sebagainya.

So, kalau Kamu suka sekaligus penasaran dengan sensasi kehidupan para Petani, Kamu bisa langsung unduh dan install game ini ya!

NamaFarming Simulator
HargaRp742.603,-
Link Download

10. The Sims 4

The Sims 4

The Sims 4

Terakhir, ada game The Sims 4. Siapa sih yang nggak kenal dengan seri The Sims ini? Bahkan hingga saat ini, The Sims sudah mencapai seri ke 4.

Pada awal kemunculannya, The Sims merupakan menawarkan sebuah mekanisme game simulasi yang revolusioner. Kamu bisa menjadi “Sang Pencipta” di dalam The Sims ini.

Nah, pada seri keempat ini, Kamu akan disuguhkan dengan grafis 3D bergaya kartun jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, The Siims 3.

Akan tetapi, di The Sims 4 ini, ada banyak ekspresi muka yang akan Kamu temukan, tapi sayangnya game ini belum menyediakan fitur mobil seperti pada seri sebelumnya.

Gimana, tertarik untuk memainkan The Sims 4?

NamaThe Sims 4
HargaRp59.750,-
Link Download

Nah, itulah kumpulan 10 game simulator PC terbaik yang dapat Kamu coba mainkan. Nah, dari sekian banyak game yang sudah disebutkan, game mana yang menurutmu paling menarik dan seru untuk dimainkan? Tulis di kolom komentar yang ada di bawah ini ya!

Oh iya, jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu ya, siapa tau mereka sedang mencari dan ingin mencoba bermain game simulator PC ini. Semoga membantu!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top