Android

7 Alasan Kenapa Zoom Lebih Baik daripada Google Meet

Home / Android / 7 Alasan Kenapa Zoom Lebih Baik daripada Google Meet

Pengumuman Pemerintah tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk menghentikan pernyebaran Covid-19 memaksa masyarakat untuk tetap di rumah aja.

Namun kebutuhan akan bertatap muka baik pekerjaan, meeting sampai silaturahmi masih menjadi sebuah keharusan.

Akibatnya aplikasi video call menjadi sebuah kebutuhan di masa PSBB seperti saat ini.

Terdapat dua aplikasi yang sedang populer di masa saat ini yaitu Zoom dan Google Meet. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Tetapi secara keseluruhan Zoom lebih unggul dibandingkan dengan Google Meet. Penasaran kenapa Zoom lebih unggul dari pada Google Meet? Simak artikel ini sampai selesai ya!.

Alasan Zoom Lebih Unggul daripada Google Meet

Memang kedua aplikasi konferensi ini sangat populer di saat PSBB seperti saat ini. Dan kedua aplikasi tersebut mempunyai fitur keunggulan masing-masing. Tetapi, ternyata secara keseluruhan Zoom masih lebih unggul dibandingkan dengan Google Meet.

Nah, kali ini TipsPintar bakalan ngasih tau nih! apa saja keunggulan aplikasi Zoom dibandingkan dengan Google meet. Yuk disimak sampai habis!

1. Bisa Melakukan Konferensi Hingga 500 Orang dalam Sekali Meeting

Salah satu fakta bahwa Zoom lebih unggul dibandingkan dengan Google Meet adalah Zoom mampu melakukan meeting hingga 500 orang.

Google Meet hanya membatasi 250 orang per-panggilan untuk paket bisnis. Sedangkan untuk paket Zoom Bussines, Zoom menawarkan sampai 300 orang dalam sekali panggilan.

Jika dirasa masih kurang, Zoom masih menyediakan paket Zoom Enterprise yang bisa mencapai 500 orang perpanggilannya. Yang artinya 2 kali lebih banyak dari penawaran Google Meet.

Selain penawaran tersebut, keunggulan lain dari aplikasi Zoom ini adalah cara menggunakan Zoom dengan mudah untuk para user.

2. Memiliki Transkip Otomatis Untuk Panggilan yang Direkam

Sebenarnya kedua aplikasi baik Google Meet maupu Zoom sama-sama memungkinkan untuk merekam panggilan yang dilakukan.

Tetapi, Zoom masih selangkah lebih maju dibandingkan dengan Google Meet karena Zoom memiliki fitur transkip otomatis.

Fitur ini hanya terdapat di paket Zoom Bussines dan  Enterprise. Pengguna paket ini akan mendapatkan transkip otomatis dari rekaman yang disimpan di cloud. 

Tentunya fitur ini sangat berguna untuk orang/pengguna yang ingin memiliki catatan tentang meeting yang dilakukan.

3. Bisa Merubah Tampilan Latar Belakang Sesuka Hati

Kemampuan untuk mengubah tampilan latar belakang dalam Zoon juga menjadi keunggulan tersendiri.

Zoom memungkinkan penggunanya untuk bisa mengubah tampilan latar belakang sesuai dengan keinginan si pengguna baik latar pegunungan, laut atau foto kostum apapun.

Walaupun fitur ini tidak terlalu berpengaruh dengan panggilan. Namun, fitur ini cukup membantu untuk orang yang ingin tetap terlihat tampil rapi walaupun kamar terasa kurang enak dilihat.

4. Integrasi Email yang Lebih Baik

Baik pengguna Zoom gratis dan berbayar semuanya memiliki integrasi penuh untuk Gmail, Outlook, Office 365 dan lain-lain.

Walaupun Google Meet baru-baru ini juga menawarkan hal yang sama untuk integrasi ke Gmail. Namun hal ini telah Zoom sudah tawarkan sejak lama.

5. URL yang Dapat Dikostumisasi Sesuai Keinginan

Ketika membuat suatu panggilan di Google Meet maka akan mendapatkan link acak panggilan yang dapat di-klik oleh orang lain untuk bergabung dengan panggilan kita. Namun hal ini terlihat kurang profesioanl dan kurang simple.

Fitur kustomisasi URL seperti ini sudah bisa dilakukan oleh Zoom dengan minimal menggunakan paket Zoom Bussines Anda sudah bisa melakukan kustomisasi URL sesuai keinginan.

6. Branding Perusahaan

Masih berkaitan dengan fitur kustomisasi yang ditawarkan oleh Zoom. Pada halaman pertama di mana pengguna lain ingin bergabung dengan panggilan, pengguna dapat menambahkan banding kustom perusahaan.

Walaupun hal seperti ini terasa tidak terlalu berpengaruh dengan fitur panggilan. Namun jika sebuah perusahaan ingin melakukan sebuah meeting dengan klien ini merupakan poin lebih yang ditawarkan Zoom dibandingkan dengan Google Meet.

7. Fitur Lengkap dengan Harga yang Wajar

Zoom merupakan salah satu aplikasi konferensi video mahal di luar sana, terutama untuk paket Bussines dan Enterprise. Di sisi lain Google Meet menawarkan hal tersebut secara gratis.

Namun jika kita melihat fitur-fitur lengkap yang ditawarkan oleh Zoom, harga yang tersebut merupakan harga yang wajar. Jika dibandingkan aplikasi lain yang menawarkan layanan yang sama.

Baca Juga: 10 Aplikasi Video Call Berkualitas Terbaik di Android (100% Gratis)

Nah itu dia guys beberapa alasan kenapa aplikasi Zoom masih lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi Google Meet yang berhasil TipsPintar rangkum. Gimana menurutmu? Tulis di kolom komentar ya!

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top