Internet

Apa Itu Hacker? dan Bagaimana Cara Menjadi Hacker?

Apa Itu Hacker

Cybercrime (Kejahatan Dunia Maya) memang cukup sulit untuk dihindari ya, para pelakunya pun juga sulit untuk diidentifikasi.

Dari sekian banyak kasus Cybercrime, kasus hacking merupakan salah satu yang paling sering di dengar. Nah, hacking sendiri biasanya dilakukan oleh para Hacker dengan menggunakan berbagai macam metode.

Cybercrime

Cybercrime

Eits, tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang metode hacking. Melainkan kita akan membahas orang dibalik kasus hacking, yakni para Hacker.

Apa itu Hacker dan bagaimana cara menjadi Hacker? Apa Hacker ada yang baik? Tenang guys, kita akan membahasnya secara lengkap di artikel ini. So, simak baik-baik ya!

Apa Itu Hacker?

Hacker

Hacker

Menurut Wikipedia, Peretas (Hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Bisa dibilang Hacker adalah orang yang memiliki kemampuan dalam bidang komputer dan jaringan komputer yang mencari celah di dalam suatu program.

Lalu jika dia menemukan sebuah celah di suatu program, apa yang akan ia lakukan?

Semua itu tergantung pada jenis Hacker itu sendiri guys. Hacker terbagi menjadi beberapa jenis antara lain adalah sebagai berikut!

Jenis-Jenis Hacker di Dunia

1. White Hat Hacker

White Hat Hacker

White Hat Hacker

White Hat Hacker adalah jenis hacker protagonis atau hacker baik. Mereka memegang teguh standar etika “Akses ke sistem komputer bukan bertujuan untuk merugikan, akan tetapi untuk menguji ketahanan sistem tersebut“.

Jadi bisa dibilang hacker jenis ini senang mempelajari sistem, dan ketika mereka menemukan ada celah yang bisa diterobos, mereka akan langsung melaporkannya kepada pengembang program.

Tidak hanya melaporkan adanya celah di suatu program, para White Hat Hacker ini juga nggak segan membantu pengembang program tersebut untuk menutup celah yang ditemukan oleh White Hat Hacker tadi.

Nggak heran kalau White Hat Hacker ini sering disewa sebagai konsultan keamanan. Keren nggak tuh guys?

2. Black Hat Hacker

Black Hat Hacker

Black Hat Hacker

Berbeda dengan White Hat Hacker, Black Hat Hacker ini merupakan tokoh antagonis atau bisa dibilang sebagai hacker yang jahat.

Para Black Hat Hacker biasanya menerobos sistem komputer tanpa seizin pemilik, lalu melakukan kerusakan seperti menghapus file, melakukan pencurian data pribadi, dan berbagai aktivitas yang merugikan lainnya.

Kalau kamu bertanya apa perbedaan Hacker dan Cracker? Sebenarnya sama saja. Hanya saja, Cracker disini lebih mengarah ke Black Hat Hacker dibandingkan White Hat Hacker.

Dengan kata lain Black Hat Hacker juga bisa disebut dengan Cracker karena sifatnya yang suka merusak atau merugikan orang lain.

3. Grey Hat Hacker

Grey Hat Hacker

Grey Hat Hacker

Nah, jenis Hacker yang satu ini berada diantara White Hat Hacker dengan Black Hat Hacker. Karena biasanya para Grey Hat Hacker terkadang mengikuti standar etika, tapi terkadang juga melanggar hukum.

4. Script Kiddie

Script Kiddie

Script Kiddie

Kalau kamu pernah menonton film Action bertema Hacker yang berjudul “Who Am I“, pasti nggak asing dengan yang namanya “Script Kiddie“.

Script Kiddie adalah jenis hacker yang tidak mahir dengan sistem komputer, namun dia mampu menerobos sistem komputer menggunakan software atau tools yang dibuat oleh orang lain.

5. Hacktivist Hacker

Hacktivist

Hacktivist

Hacktivist Hacker adalah jenis hacker yang menggunakan kemampuannya untuk menyebarkan pesan-pesan tertentu (Agama, Politik, Ideologi, dan lainnya). Mereka melakukan website deface untuk menampilkan pesan mereka di website korban.

Itulah beberapa jenis hacker. Lalu apa aja sih metode yang digunakan oleh para hacker dalam melakukan aksinya?

Metode Hacking yang Sering Digunakan Hacker

Ada beberapa metode yang biasanya digunakan para hacker untuk menerobos masuk ke sistem komputer korbannya. Metode tersebut antara lain adalah:

1. Social Engineering

Social Engineering

Social Engineering

Social Engineering merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi itu.

Social Engineering mengkonsentrasikan diri pada rantai terlemah sistem jaringan komputer, yaitu manusia. Jadi para hacker akan menargetkan korbannya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

BACA
10 Aplikasi Edit Foto Keren dan Terbaik di Android

Seperti metode hacking yang lain, Social Engineering juga memerlukan persiapan, bahkan sebagian besar pekerjaan meliputi persiapan itu sendiri.

2. Distributed Denial of Service

DDOS

DDOS

Nah, teknik hacking yang satu ini biasa dikenal dengan sebutan DDoS. Teknik ini menyebabkan sistem yang ada di suatu jaringan tidak dapat di akses.

Hal itu karena Hacker akan mengirimkan paket data dalam jumlah yang tak terbatas kepada server yang menjadi tujuannya.

Server yang menerima paket dalam jumlah tak terbatas tersebut biasanya tidak mampu lagi menampung, sehingga server akan mengalami Down System dan tidak dapat diakses.

3. Phishing

Phishing

Phishing

Sebelumnya kita pernah membahas apa itu Phishing kan. Nah, phishing sendiri merupakan metode penipuan untuk mencuri informasi penting seperti password atau data pribadi korban dengan maksud tertentu.

Hacker akan membuat form palsu di sebuah website palsu yang biasanya mirip dengan website aslinya. Ketika korban mengisikan data dirinya di form palsu tersebut, maka hacker akan mendapatkan informasi mengenai dirinya.

4. Brute Force

Brute Force

Brute Force

Brute Force adalah metode untuk meretas password seseorang dengan cara mencoba semua kemungkinan kombinasi password yang ada pada wordlist.

Meskipun efektif untuk mendapatkan password yang tepat, namun metode ini cukup memakan banyak waktu.

Brute Force sendiri merupakan gabungan kata dari Bahasa Inggris yang jika diartikan adalah “Memaksa secara Kasar”.

Tidak hanya melalui cara manual, Brute Force juga bisa menggunakan bantuan sebuah software.

5. Deface

Deface

Deface

Deface adalah teknik mengganti atau menyisipkan file pada server, teknik ini dilakukan ketika hacker sudah bisa menerobos ke dalam sistem sebuah website.

Deface bertujuan untuk melakukan perubahan tampilan pada website korban dengan tampilan yang dimiliki oleh si Defacer itu guys.

Para hacker biasanya meninggalkan pesan dan nickname mereka agar hasil kerjanya diketahui oleh hacker lainnya.

Itulah beberapa metode yang paling sering digunakan oleh para Hacker. Sebenarnya tidak hanya itu aja, masih banyak metode lainnya seperti Keylogger, Spyware, Trojan Horse, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Menjadi Hacker?

Untuk menjadi seorang hacker, ada banyak hal yang kamu harus pelajari. Kamu bisa mendapatkan berbagai pelajaran melalui otodidak atau dari teman dan kerabat yang sudah paham mengenai hal ini.

Adapun beberapa hal yang harus kamu pelajari antara lain adalah:

1. Kode Programming

Kode Programming

Kode Programming

Kamu harus mempelajari bahasa pemrograman, entah itu PHP, Javascript, C++, atau lainnya. Terlebih lagi, kamu juga perlu paham dengan HTML dan CSS untuk bisa menguasai dan memahami dasar struktur dalam dunia website.

Kamu bisa mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman secara otodidak melalui internet. Bahkan sudah banyak situs yang bisa kamu akses untuk belajar bahasa pemrograman seperti W3Schools, Codepolitan, dan lainnya.

2. Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Bagi seorang hacker, mempelajari jaringan komputer juga sangat dianjurkan. Mempelajari jaringan komputer berguna untuk mempermudah kamu dalam mengkonfigurasi suatu jaringan sehingga bisa dengan lancar untuk mengubah alamat IP, masuk kedalam HTTPS, dan masih banyak yang lainnya.

3. Software

Software

Software

Software atau perangkat lunak berperan penting ketika kamu sedang belajar dalam dunia pemrograman.

Seorang hacker harus tahu cara memperbaiki sistem yang terkena gangguan dan bisa memberi solusi serta bisa memperbaikinya.

Selain itu, dengan mempelajari isi dari software itu sendiri membuat kamu bisa melakukan modifikasi terhadap software-software tertentu.

Memahami perintah yang digunakan dalam CMD Windows ataupun Terminal Console Linux juga merupakan hal dasar yang harus dimengerti oleh seorang hacker.

4. Hardware

Hardware

Hardware

Hardware (Perangkat Keras) juga harus dipelajari oleh seorang Hacker. Bagi sebagian orang mungkin menjadi seorang Hacker tidak memerlukan pelajaran mengenai Hardware, padahal kenyataannya salah besar guys.

Dengan mempelajari hardware dari perangkat yang kamu gunakan, diharapkan jika sewaktu-waktu mengalami masalah, kamu dapat mengatasinya.

Akhir Kata

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu Hacker. Gimana? Sudah paham dong ya mengenai Hacker. Kalau kamu ingin menjadi Hacker, jadilah White Hat Hacker.

Jangan menjadi peretas yang merugikan orang lain, kamu nggak mau kan ditangkap oleh pihak berwenang karena kedapatan meretas sesuatu yang sangat penting?

Pergunakanlah pengetahuan yang kamu miliki untuk di gunakan dalam hal kebaikan, atau bahkan bisa menjadi pekerjaan utama kamu, yaitu menjadi seorang yang mengawasi, memperbaiki, dan menjaga suatu sistem perusahaan dengan bayaran yang tidak sedikit.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top