Internet

Apa Itu Phishing? Ini Penjelasan dan Tips Menghindarinya

Apa Itu Phishing

Pernah dengar kata “Phishing“? Atau kamu pernah menjadi korban kejahatan cyber ini, dan ingin tau apa itu Phishing?

Nah, seiring perkembangan zaman, kejahatan cyber pun semakin beragam dan merajalela.

Terlebih minimnya pengetahuan tentang kejahatan cyber membuat para pelaku tindak kejahatan dapat dengan mudah menipu korbannya. Sehingga banyak dari pengguna internet di dunia menjadi korban kejahatan yang satu ini guys.

Cybercrime

Cybercrime

Hacking adalah salah satu tindak kejahatan cyber yang sering terjadi. Nah, untuk menipu korbannya, biasanya para Hacker (sebutan untuk orang yang melakukan Hacking) menggunakan metode Phishing.

Apa itu Phishing? Apakah sangat berbahaya sehingga sering digunakan untuk melakukan kejahatan?

Tenang guys, saya akan bahas secara lengkap mengenai metode Phishing ini, dan juga saya akan membahas mengenai cara menghindarinya. So, simak baik-baik ya!

Apa Itu Phishing?

Apa Itu Phishing - Phishing

Phishing

Phishing merupakan metode penipuan untuk mencuri informasi penting seperti password atau data pribadi korban dengan maksud tertentu.

Biasanya para hacker akan menyamar menjadi organisasi atau orang terpercaya, lalu mengirimkan email untuk korban yang berisi link Phishing.

Isi link Phishing tersebut biasanya adalah sebuah fake form login atau fake form lainnya pada situs palsu yang dibuat menyerupai situs aslinya.

Biasanya hacker menggunakan form login ke media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Jika korban mengisikan data dirinya di fake form tersebut, maka si hacker akan mendapatkan informasi  pribadi korban.

Padahal jika dilihat dari situs palsu yang ditampilkan, situs tersebut tidak terlalu mirip dengan aslinya. Namun karena korban kurang berhati-hati dan tidak punya pengalaman tentang metode phishing maka bisa saja terjebak.

Pengertian Phishing

Pengertian Phishing

Phishing sendiri diambil dari kata Fishing (Memancing) yang dalam hal ini berarti memancing informasi penting dari si korban.

Kalau kamu mengira metode ini baru ada di zaman sekarang, kamu salah besar guys. Karena metode Phishing sendiri sudah ada sejak zaman dahulu dan pertama kali digunakan pada tahun 1996.

Para hacker di zaman tersebut menggunakan metode Phishing untuk mencuri akun pengguna AOL (American On-Line) dan menggunakan akun tersebut untuk melakukan penipuan.

Semakin berkembangnya zaman metode Phishing tidak hanya melalui email, bahkan kini sudah ada teknik Phishing melalui iklan atau media sosial.

Nah, sekarang sudah paham dong apa itu Phishing. Kali ini mari kita bahas jenis-jenis Phishing yang sering digunakan oleh para hacker.

Jenis-jenis Phishing

Phishing sendiri ada berbagai macam guys, jadi nggak hanya 1 jenis saja. Tapi untuk modusnya sendiri semuanya sama guys, yakni memancing korban untuk memberikan informasi pribadi dirinya.

Lalu apa aja sih jenis-jenis Phishing?

1. Deceptive Phishing

Apa Itu Phishing - Deceptive Phishing

Deceptive Phishing

Deceptive Phishing adalah jenis phishing yang paling umum digunakan oleh pelaku kepada korbannya.

Para pelaku biasanya akan menyamar menjadi orang lain atau perusahaan yang korban kenal untuk memperoleh informasi penting ataupun data rahasia si korban.

BACA
Cara Transfer Pulsa Smartfren Terbaru 2017

Ada dua cara yang bisa digunakan ketika menggunakan metode phishing ini. Pertama, pelaku akan berpura-pura menjadi perwakilan dari suatu perusahaan dan meminta informasi dari korban.

Kedua, pelaku akan menyisipkan link palsu di dalam email dan jika korban mengisikan data di link tersebut, maka pelaku berhasil mendapatkan informasi dari data tersebut.

Baca Juga: Tips Membuat Password yang Aman dari Serangan Hacker

2. Spear Phishing

Apa Itu Phishing - Spear Phishing

Spear Phishing

Spear Phishing adalah metode Phishing yang lebih menargetkan korbannya. Jadi para pelakunya akan benar-benar menargetkan korbannya untuk dikirimkan email Phishing.

Korbannya bisa individu, organisasi, atau bisnis tertentu. Nah, ciri-ciri Spear Phishing sendiri adalah terdapat informasi personal seputar korbannya seperti nama, jabatan di perusahaan, kartu kredit atau nomor teleponnya.

Baca Juga: Tips Melindungi Komputer dari Serangan Ransomware

3. SMiShing

Apa Itu Phishing - SMiShing

SMiShing

Kamu pasti pernah mendapat pesan singkat (SMS) yang berisi pengumuman bahwa kamu memenangkan suatu undian kan?

Nah, tidak hanya melalui email, Phishing pun juga bisa dilakukan lewat pesan singkat seperti SMS ini guys.

Teknik ini disebut sebagai SMiShing. Metodenya pun tetap sama, dimana pelaku akan berpura-pura menjadi organisasi atau perusahaan terpercaya.

Di dalam SMS tersebut biasanya pelaku akan menyuruh korban mengklik link palsu, menjawab SMS dengan memberikan informasi tertentu, atau hal lainnya yang bisa digunakan untuk mengambil informasi dari korban.

Baca Juga: Tanda Akun Facebook Kamu Sedang di Hack Seseorang

4. Whale Phishing

Apa Itu Phishing - Whale Phishing

Whale Phishing

Whale Phishing adalah jenis serangan phishing yang secara khusus ditujukan kepada korban yang kaya, kuat, atau terkenal.

Korbannya sendiri pun dikenal dengan istilah Big Fish (Ikan Besar) atau Whale (Ikan Paus). Taktik yang digunakan pun sama seperti Spear Phishing.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Kena Hack!

Tips Menghindari Phishing

Cara Menghindari Phishing

Cara Menghindari Phishing

Setelah tadi kita membahas jenis-jenis Phishing, mungkin kamu sudah sedikit paham mengenai apa itu phishing kan.

Lalu bagaimana cara kita menghindari dari kejahatan cyber yang satu ini? Tenang, saya akan memberitahu beberapa tips menghindari Phishing.

  • Jika ada yang mengirimkan link ke email kamu atas dasar apapun, pastikan terlebih dahulu URL email tersebut benar, jika tidak jangan pernah klik link tersebut.
  • Apabila kamu sudah terlanjur klik link tersebut, dan didalamnya berisi form yang harus kamu isi, jangan langsung isi menggunakan data pribadi kamu. Sekali lagi kamu harus perhatikan URL tersebut benar.
  • Jika kamu menerima email dari sumber yang sebenarnya kamu kenal namun kamu curigai, hubungi sumber tersebut melalui email baru atau kontak lainnya.
  • Jangan pernah menampilkan informasi pribadi yang dapat diakses oleh umum seperti di Media Sosial.

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu Phishing. Gimana? Sudah paham dong ya apa itu Phishing dan cara menghindarinya.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan kamu seputar kejahatan cyber yang satu ini ya guys.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top