Android

Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Home / Android / Tips / Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Cara Batalkan Tiket Kereta Secara Online

Salah satu cara mengisi waktu liburan selain main Mobile Legends atau PUBG Mobile yaa liburan yaa gaes. Tapi apa daya kalau tiba-tiba si boss memberikan pekerjaan secara dadakan kepada kamu, padahal kamu juga sudah membeli tiket kereta secara online. Yaaa, mau nggak mau kamu juga harus membatalkan rencana liburan tersebut yaa gaes.

Biar uang dari pembelian tiket kereta kembali, mending kamu batalkan aja gaes pembelian tiket kereta tersebut. Apalagi sekarang, kamu sudah bisa loh membatalkan tiket kereta secara online. Nah, berikut ini adalah cara membatalkan tiket kereta secara online melalui Android. Jadi, disimak ya gaes!

Airy Rooms

Nggak Jadi Pergi? Ini Cara Batalkan Tiket Kereta di Android

Oh iya, buat kamu yang setiap tahun mudik, baca juga ya artikel tentang tips pesan tiket kereta api, supaya kamu kebagian tiket gaes. Eh kita langsung aja yuk bahas cara batalkan tiket kereta secara online berikut ini.

Cara Pembatalan Tiket Kereta Secara Online

  • Pertama, download dan install aplikasi ‘KAI Access‘ di Play Store.
Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Aplikasi KAI Access

  • Kedua, setelah itu kamu jalankan aplikasi, bisa daftar akun dulu atau tidak juga bisa > Kemudian tap menu ‘MY TRIPS‘ dan pilih kode booking kereta yang ingin kamu batalkan.
Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Pilih Kode Booking Kereta

Catatan!

  • Tiket kereta yang kamu beli secara langsung atau bukan dari aplikasi KAI Access, juga bisa dibatalkan melalui aplikasi ini. Syaratnya dengan menggunakan no. identitas yang sesuai pada tiket tersebut.
  • Ketiga, pada menu e-ticket kamu tap tombol ‘Pembatalan‘.
Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Pilih ‘Pembatalan’

Catatan!

  • Pembatalan tiket hanya bisa dilakukan jika status tiket kamu sudah LUNAS atau PAID. Maksimal pembatalan tiket 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Keempat, berikutnya pilih nama penumpang dengan mencetangnya > Lalu centang juga fitur ‘Saya telah membaca dan menyetujui‘ dan tap tombol ‘Lanjut‘.
BACA
2 Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android
Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Pilih ‘Lanjut’

  • Kelima, kemudian untuk mendapatkan pengembalian bea (refund), masukkan akun bank kamu dengan benar. Mulai dari nama bank, nomor rekening dan nama rekening > Lalu tap ‘Lanjut‘.
Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Mengisi Data Bank

  • Keenam, setelah itu periksa kembali halaman konfirmasi pembatalan tiket kereta sebelum dilanjutkan.
Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Periksa Halaman Konfirmasi Pembatalan Tiket

  • Kelima, berikutnya akan muncul kotak konfirmasi untuk memastikan kamu membatalkan tiket kereta, langsung saja kamu tapYA, SAYA YAKIN‘.
Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Pilih ‘YA, SAYA YAKIN’

  • Nah, jika berhasil maka akan muncul kotak ‘Batal‘ pada booking kereta tersebut.
Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Pembatalan Tiket Kereta

Aturan Umum Pembatalan Tiket Kereta Secara Online

Cara Membatalkan Tiket Kereta Secara Online

Aturan Umum Pembatalan Tiket Kereta

Nah, sekarang kamu sudah tau kan cara membatalkan tiket kereta di Android. Oh iya, kamu juga wajib tau nih aturan umum ketika melakukan pembatalan tiket kereta secara online berikut ini:

  1. Pembatalan tiket kereta dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket yang kamu beli. Biayanya pun pembulatan ke atas dengan kelipatan Rp1.000,- (Seribu Rupiah).
  2. Pengembalian bea (refund) tiket dilakukan setelah hari ke 30 sampai hari ke 45 dari tanggal pemberangkatan.
  3. Refund akan dikirimkan melalui transfer bank yang sudah diisi tadi.
  4. Pastikan kamu mengisi nomor rekening bank dan nama pemohon pembatalan dengan benar atau sesuai dengan yang ada di tiket.
  5. Detail syarat dan ketentuan pembatalan bisa kamu lihat di aplikasi KAI Access pada kolom ‘Syarat & Ketentuan Pembatalan Kereta Secara Online’.
  6. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi contact center Kereta Api Indonesia di nomor 021-121 atau email [email protected]

So, bagaimana sobat pintar? Mudah banget kan cara batalkan tiket kereta secara online. Oh iya, kalau ada cara lain, boleh banget loh tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Baca Juga Artikel Ini Gaes!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top