Tips

10 Tips Pesan Tiket Kereta Api Sebelum Mudik

Home / Android / Tips / 10 Tips Pesan Tiket Kereta Api Sebelum Mudik

Siapa sih yang tidak ingin pulang ke kampung halamannya? Pasti semua mau dong. Terlebih lagi jika kampung halamanya jauh, kamu bisa membeli tiket pesawat online. Jika ingin naik bus atau kereta api kamu harus menyiapkan beberapa hal penting seperti power bank dengan kapasitas besar agar smartphone kamu tetap hidup.

Ketika hendak ingin membeli tiket, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak kehabisan termasuk pesan tiket kereta api loh. Nah, TipsPintar.com akan memberikan sebuah tips pesan tiket kereta api sebelum mudik.

BACA
10 Cara Menghemat Baterai Android Saat Mudik

Daftar Tips Pesan Tiket Kereta Api

Ketika menjelang lebaran pasti penjualan tiket akan lebih cepat habis termasuk dengan tiket kereta api. Maka dari itu, kamu harus simak artikel ini sebelum mudik agar tidak kehabisan ketika membeli tiket kereta api.

1. Reservasi Tiket Kereta Api Bisa Dilakukan Dalam Waktu H-90

Reservasi Tiket

Reservasi Tiket

Tips pertama adalah kamu bisa melakukan reservasi atau pemesanan tiket kereta api pada H-90 atau 3 bulan sebelum kamu keberangkatan. Mungkin hal ini belum diketahui oleh sebagian orang.

Asal kamu tau, bahwa kamu bisa beli tiket kereta apa pada 3 bulan yang akan datang loh. Jadi sobat pintar bisa memesan tiket kereta api dari jauh-jauh hari tanpa takut akan kehabisan. Termasuk dengan lebaran nanti, kamu sudah bisa pesan tiket kereta api pada hari ini.

2. Bersiap Sebelum Jam Tengah Malam (Pukul 00.00)

Pantau Hingga Sebelum Pukul 00.00

Pantau Hingga Sebelum Pukul 00.00

Tips selanjutnya adalah kamu harus bersiap-siap pada jam tengah malam atau sebelum pukul 00.00. Pasalnya pihak KAI akan mengeluarkan tiket pada waktu setelah itu, sehingga kamu bisa langsung membeli tiket kereta api tanpa takut kehabisan.

Ketika waktu telah melewati pukul 00.00 banyak orang-orang yang membuka situs KAI yang dimana untuk membeli tiket kereta api. Jadi kamu akan bersaing dengan para orang-orang tersebut dan asal kamu tau aja, kamu akan bersaing dengan puluhan hingga ratusan juta orang atau bahkan lebih, untuk membeli tiket kereta api tersebut.

3. Pastikan Koneksi Internet Aman

Koneksi Internet Aman

Koneksi Internet Aman

Tips selanjutnya adalah kamu harus pastikan bahwa koneksi internet aman-aman saja. Soalnya ketika kamu pesan tiket kereta api, banyak orang yang akan membuka situs KAI.

Sehingga kamu harus membutuhkan koneksi yang cepat. Jika kamu memiliki sinyal yang hilang tiba-tiba, kamu tidak akan bisa mendapatkan tiket kereta api. Masalahnya banyak orang-orang yang membuka situs KAI tersebut dan kamu harus bersaing dengan mereka.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal 4G Tidak Turun ke 3G

4. Pesan Tiket Kereta Api untuk Keberangkatan dan Kepulangan

Beli Tiket Kereta Api

Beli Tiket Kereta Api

Tips selanjutnya adalah pesan tiket kereta api untuk keberangkatan dan kepulangan. Kamu harus tau, bahwa kini bisa memesan tiket kereta api untuk keberangkatan dan kepulangan.

Nah, sebelum kehabisan tiket kereta api untuk kepulangannya. Kamu bisa membelinya secara langsung ketika membeli tiket keberangkatan loh. Sehingga kamu tidak akan panik atau kerepotan lagi untuk mencari tiket kereta api pulang.

5. Jangan Cari Tiket dengan Harga Murah

Jangan Cari Tiket Murah

Jangan Cari Tiket Murah

Tips selanjutnya adalah jangan mencari tiket dengan harga murah. Ketika pihak KAI mengeluarkan tiket, pasti tiket tersebut memiliki harga yang berbeda-beda mulai dari yang mahal hingga murah.

Nah, buat kamu yang tidak ingin kehabisan tiket kereta. Usahakan jangan mencari tiket murah. Pasalnya, setiap orang pasti mencari tiket dengan harga paling murah terlebih dahulu.

Jika kamu tipe seorang pemilih harga, kamu akan kesulitan mendapatkan tiket kereta api dan bisa saja kamu tidak bisa pulang kampung alias mudik deh.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Mudah

Pilih Pembayaran Mudah

Pilih Pembayaran Mudah

Tips selanjutnya adalah pilih metode pembayaran yang mudah. Setelah menentukan tanggal, harga dan tempat duduk. Maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan pembayaran.

Ketika sudah di tahap pembayaran, usahakan pilihlah yang mudah dan terjangkau dari kamu. Soalnya ketika sudah masuk ke tahap pembayaran, kamu hanya di kasih waktu kurang lebih 1 jam saja. Jadi jika kamu telat melakukan pembayaran maka tiket tersebut hangus dan bisa diambil oleh orang lain.

7. Pesan Tiket Kerta Api Melalui Call Center

Call Center

Call Center

Tips selanjutnya adalah memesan tiket kereta api melalui call center. Pesan tiket kereta api bisa kamu lakukan melalui situs resmi KAI yang bisa kamu akses dimana saja.

Namun, kamu tidak harus berfokus pada situ saja. Kamu bisa memesannya melalui call center KAI. Kamu dapat memesan tiket dengan memberikan tujuan, tanggal keberangkatan dan meminta harga yang murah. Namun, ketika sudah mendapatkanya, kamu harus melakukan pembayaran dengan cepat.

Nomor Call Center KAI: 021 – 121

8. Beli Tiket Kereta Api di Minimarket

Beli di Minimarket

Beli di Minimarket

Tips selanjutnya adalah kamu bisa beli tiket kereta api di minimarket seperti toko Alfamart, Indomart atau lainya. Biasanya pihak KAI sudah bekerja sama dengan toko swalayan tersebut untuk memudahkan orang membeli tiket kereta api.

Jadi kamu tidak harus mengecek melalui situs KAI atau menelpon call center KAI secara terus menerus. Kamu bisa ceknya di minimarket terdekat. Selain itu, beli tiket di minimarket kamu akan langsung melakukan pembayaran dan secara langsung juga mendapatkan kode boking kereta tersebut.

Oh iya, jika kamu melakukan pemesanan pada pukul 22.00 untuk membeli tiket kereta api. Maka hal tersebut akan sia-sia, karena dari pihak minimarket sudah offline sehingga kamu harus melakukan pemesanannya pada begok pagi hari. Jadi usahakan beli tiket di minimarket sebelum pukul 22.00 ya.

9. Manfaatkan Seluruh Aplikasi Penjualan Tiket Kereta Api

Beli Tiket Kereta Melalui Aplikasi

Beli Tiket Kereta Melalui Aplikasi

Tips selanjutnya adalah kamu harus memanfaatkan seluruh aplikasi penjualan tiket kereta api. Banyak aplikasi-aplikasi yang sudah menyediakan jual tiket secara online, baik itu tiket pesawat maupun kereta api.

Membeli tiket kereta api di aplikasi akan sangat memudahkan kamu. Pasalnya banyak aplikasi-aplikasi yang bisa kamu gunakan dan bisa kamu cek dimana saja dan kapan saja.

Terlebih lagi ada beberapa aplikasi penjualan tiket yang menghadirkan promo-promo yang sangat menarik. Sehingga kamu tidak perlu panik akan kehabisan tiket kereta api.

Berikut Daftar Aplikasi Beli Tiket Kereta Api:

AplikasiGratis atau BerbayarUkuran FileLink
TravelokaGratis28MBDownload
PegipegiGratis8,5MBDownload
tiket.comGratis18MBDownload
Tiket Kereta ApiGratis4,3MBDownload

10. Terus Pantau Situs KAI Secara Bekala

Pantau Secara Berkala

Pantau Secara Berkala

Tips terkahir adalah terus pantau situs KAI secara berkala. Walau sudah habis, kadang pihak KAI menyediakan gerbong tambahan yang dimana akan disediakan pada situs resminya.

Selain itu, ketika sudah habis. Mungkin saja ada beberapa orang yang melakukan ganti hari atau cancel sehingga akan ada beberapa kursi yang kosong dan kamu bisa dengan cepat membeli tiket kereta api tersebut.

Nah, itu dia buat kamu yang ingin membeli tiket kereta api sebelum mudik. Cukup mudah bukan? Jika kamu punya kritik atau saran, kamu bisa komen di bawah ini ya…

Artikel Menarik Lainnya:

Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Add our official account

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top