Gadget

Cara Cek HP Xiaomi Asli atau Palsu dengan Mudah

Cara Cek HP Xiaomi

Seperti yang kita ketahui ya gaes, salah satu HP gaming dengan harga 3 jutaan adalah HP Xiaomi. Xiaomi merupakan salah merk HP canggih yang berasal dari Tiongkok. HP ini begitu digemari masyarakat Indonesia karena memiliki spesifikasi high-end dengan harga yang relatif terjangkau.

Nggak cuma itu aja sih, salah satu kelebihan HP Xiaomi adalah memiliki desain yang unik dan juga elegan. Sehingga, banyak juga orang yang memulai meniru HP Xiaomi ini.

HP Xiaomi tersebut merupakan HP Xiaomi tiruan atau palsu. Bahkan harga dijual bukan murah lagi akan tetapi disamakan dengan harga pasaran, supaya tidak ketahuan palsu.

Tapi kamu tenang aja, berikut ini kita akan mengulas cara cek HP Xiaomi asli dan palsu dengan mudah, supaya kamu tidak tertipu. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

Awas Kena Tipu! Ini Cara Cek HP Xiaomi yang Asli dan Palsu!

Perlu kamu ketahui juga gaes, kalau HP Xiaomi terasa lemot bisa jadi itu HP Xiaomi palsu. Makanya sebelum kamu membeli HP Xiaomi baca dulu ulasan berikut ini ya!

1. Perhatikan Fisik HP Xiaomi Tersebut

Cara Cek HP Xiaomi

Perhatikan Fisik HP Xiaomi Tersebut

Cara cek HP Xiaomi yang pertama adalah dengan memperhatikan fisik HP Xiaomi tersebut. Cara ini mudah banget kok gaes, kamu hanya perlu memperhatikan bagian belakang casing HP Xiaomi saja.

Nah, HP Xiaomi yang asli terdapat sertifikasi ‘replacement‘, garanasi dan juga kode keamanan. Berbeda dengan HP Xiaomi yang palsu, biasanya tulisan yang terdapat di bagian belakang terlihat buram.

Selain itu, HP Xiaomi yang palsu tidak terdapat tulisan sertifikasi, kode keamanan seperti yang ada di HP Xiaomi asli. Jadi, sebelum kamu membeli HP Xiaomi yang bekas, perhatikan baik-baik bagian belakangnya ya gaes.

2. Cek Baterainya

Cara Cek HP Xiaomi

Cek Baterainya

Cara kedua untuk mengecek HP Xiaomi asli atau palsu adalah dengan mengecek baterainya. Biasanya HP Xiaomi yang asli berwarna orange. Karena, warna orange memang ciri khas warna dan desain HP Xiaomi.

Nah, kalau kamu mendapati HP Xiaomi yang palsu dengan warna yang berbeda, ada kemungkinan besar HP Xiaomi tersebut palsu. Eits, cara melihat baterai HP Xiaomi ini juga khusus untuk HP Xiaomi yang bukan baterai tanam.

Akan tetapi, kamu bisa juga dengan mengecek kapasitas dari HP Xiaomi tersebut. Apakah benar kapasitasnya sesuai dengan yang tertera di dus maupun internet. Jika berbeda, ada kemungkinan HP Xiaomi tersebut palsu.

3. Cek Charger Xiaomi

Cara Cek HP Xiaomi

Cek Charger Xiaomi

Cara cek HP Xiaomi asli atau palsu yang ketiga adalah dengan mengecek charger yang tersedia di dalam dus Xiaomi. Jika di dalam dus menggunakan charger palsu, ada kemungkinan juga HP Xioami yang kamu beli juga palsu.

Nah, cara membedakan charger Xiaomi asli dan palsu adalah dengan memperhatikan adaptornya. Charger yang asli terdapat serial number gaes.

Jadi, kalau kamu menemukan charger Xiaomi yang tidak ada serial number-nya, ada kemungkinan charger tersebut palsu dan HP Xiaomi-nya juga mungkin palsu juga gaes.

4. Cek Nomor IMEI Xiaomi

Cara Cek HP Xiaomi

Cek IMEI Melalui Situs Mi.com

Cara keempat untuk mengecek HP Xiaomi asli dan palsu adalah dengan mengecek nomor IMEI Xiaomi. Semua tipe HP yang ada di dunia ini memiliki nomor IMEI dan serial number, termasuk juga dengan HP Xiaomi maupun HP Samsung.

Biasanya IMEI dan serial number ini terletak di belakang HP maupun di dalam baterai HP. Nah, IMEI dan serial number ini akan sama nomornya dengan yang ada di casing, dalam HP maupun dus.

Jika tidak terdapat IMEI maupun serial number di dalam HP Xiaomi, ada kemungkinan HP Xiaomi tersebut palsu. Apalagi kalau nomornya berbeda dengan yang ada di dus, dalam HP maupun di casing HP.

5. Pehatikan Bagian Layar Xiaomi

Cara Cek HP Xiaomi

Pehatikan Bagian Layar Xiaomi

Cara cek HP Xiaomi asli atau palsu yang kelima adalah dengan memperhatikan bagian layar HP Xiaomi. Perlu kamu ketahui gaes, kalau HP Xiaomi asli memliki layar yang terlihat jernih dan juga cerah.

Sedangkan, HP Xiaomi palsu warna layarnya terlihat kekuning-kuninagn gitu. Sehingga, kamu melihat layar HP Xiaomi tersebut menjadi sakit mata. Jadi, cobalah untuk mengatur kontrasnya apakah benar warnanya kekuningan atau tidak gaes.

6. Periksa Hasil Foto dari Kamera Xiaomi

Cara Cek HP Xiaomi

Periksa Hasil Foto dari Kamera Xiaomi

Cara keenam untuk mengetahui HP Xiaomi asli atau palsu adalah dengan memeriksa hasil fotonya dengan menggunakan kamera bawaan HP Xiaomi. Nah, cara ini bisa kamu coba jika HP Xiaomi yang akan kamu beli termasuk salah satu HP dengan kamera terbaik gaes.

BACA
Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi yang Wajib Diketahui

Jika nanti kamu mengambil foto menggunakan HP Xiaomi hasilnya buram atau tidak sesuai dengan resolusi kameranya, ada kemungkinan HP Xiaomi tersebut palsu.

Akan tetapi, cara ini tidak sepenuhnya membenarkan kalau hasil foto yang buram merupakan hasil foto dari kamera HP Xiaomi palsu. Jadi, kamu perlu menyelidikinya dengan memeriksa resolusi kamera gaes.

7. Cek IMEI Melalui Situs Mi.com

Cara Cek HP Xiaomi

Cek Nomor IMEI Xiaomi

Cara ketujuh untuk mengetahui HP Xiaomi palsu atau asli adalah dengan mengecek IMEI di situs Mi.com. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau IMEI yang berbeda pada casing, dalam HP maupun dus merupakan salah satu ciri-ciri HP Xiaomi palsu.

Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa lakukan verifikasi IMEI melalui situs resmi Mi.com. Buat kamu yang belum tau cara mengecek IMEI Xiaomi bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka browser di HP atau PC dan kunjungi situs ‘Mi.com‘.
  • Kedua, setelah itu masukkan nomor IMEI yang terdapat di belakang HP atau dus Xiaomi kamu.
  • Ketiga, berikutnya masukkan kode keamanan seperti biasa. Jika sudah tap tombol ‘Verify‘.
  • Selanjutnya akan ada informasi mengenai HP Xiaomi tersebut.

Jika hasil informasinya sesuai dengan HP Xiaomi yang kamu miliki, berarti HP tersebut memang asli. Akan tetapi, jika hasilnya berbeda atau tidak ditemukan sama sekali, ada kemungkinan HP Xiaomi tersebut palsu.

8. Cek IMEI Melalui IMEI.info

Cara Cek HP Xiaomi

Cek IMEI Melalui Situs Mi.com

Cara cek HP Xiaomi asli dan palsu yang kedelapan adalah dengan mengecek IMEI melalui situs IMEI.info. Sama seperti dengan cara sebelumnya, jika kamu ingin memastikan HP Xiaomi tersebut asli atau tidak dengan cara mengecek IMEI gaes.

Jadi, kalau sewaktu-waktu cara yang sebelumnya tidak bisa diakses atau digunakan, kamu bisa coba dengan mengeceknya melalui situs IMEI.info ini. Nah, untuk selengkapnya bisa langsung ikuti langkah-langkah berikut ini aja gaes!

  • Pertama, buka browser di HP atau PC dan kunjungi situs ‘IMEI.info‘.
  • Kedua, setelah itu masukkan nomor IMEI yang terdapat di belakang HP atau dus Xiaomi kamu.
  • Ketiga, berikutnya check list bagian ‘I’m not a robot‘. Jika sudah tap tombol ‘CHECK‘.
  • Selanjutnya akan ada informasi mengenai HP Xiaomi tersebut.

Jika hasil informasinya sesuai dengan HP Xiaomi yang dimiliki, berarti HP Xiaomi tersebut memang asli. Akan tetapi, jika hasilnya berbeda atau bahkan tidak ditemukan sama sekali informasinya, ada kemungkinan HP Xiaomi tersebut palsu.

Sampai sini sudah jelas ya gaes, kalau IMEI HP Xiaomi kamu tidak terdaftar sudah dipastikan kalau HP Xiaomi tersebut memang barang tiruan atau palsu.

9. Cek Sistem Operasinya

Cara Cek HP Xiaomi

Cek Sistem Operasinya

Cara cek HP Xiaomi asli atau palsu selanjutnya adalah dengan mengecek sistem operasinya. Perlu kamu ketahui gaes, kalau pada umumnya HP Xiaomi yang beredar di pasaran menggunakan MIUI.

Nah, kalau HP Xiaomi yang asli maka akan mendapatkan MIUI dengan versi stabil atau terbaru. Selain itu, HP Xiaomi yang asli, sistem operasi MIUI ini akan terus meminta membaharuan.

Berbeda dengan HP Xioami yang palsu, biasanya MIUI yang disediakan dalam bentuk BETA. Bahkan tidak sama sekali meminta update gitu gaes. Jadi, begitulah perbedaannya dari segi sistem operasinya.

10. HP Xiaomi Asli Dijual Oleh Store Resmi

Cara Cek HP Xiaomi

HP Xiaomi Asli Dijual Oleh Store Resmi

Cara mengecek HP Xiaomi yang asli dan palsu berikutnya adalah HP Xiaomi yang asli hanya dijual oleh store resmi dari Xiaomi. Jadi, kalau kamu melihat di aplikasi online shop ada yang menjual HP Xiaomi, hati-hati ya gaes!

Bisa saja HP Xiaomi yang dijual tersebut merupakan HP Xiaomi palsu. Berbeda jika kamu membelinya di store resmi, sudah dipastikan kalau HP Xiaomi sudah terjamin keasliannya karena dilengkapi dengan garansi.

So, bagaimana sobat pintar? Mudah banget kan cara cek HP Xiaomi yang asli dan palsu. Jangan lupa ya untuk share artikel cara cek HP Xiaomi ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya sobat pintar lainnya, juga tau bagaimana sih cara cek HP Xiaomi yang asli dan palsu. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel cara cek HP Xiaomi asli dan palsu ini, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top