Android

5 Cara Bedakan Charger Xiaomi Original dan Palsu

Home / Android / Tips / 5 Cara Bedakan Charger Xiaomi Original dan Palsu

Penggunaan smartphone yang hampir kamu pakai seharian full mewajibkan kamu selalu membawa power bank berkapasitas besar, namun kamu juga wajib membawa chargernya juga ya guys.

Tetapi saat mengisi daya dengan smartphone, HP Xiaomi kamu malah berkurang. Karena charger yang kamu miliki palsu dan kamu tidak tau cara membedakan charger Xiaomi original dan palsu.

Nah, kamu udah bisa belum bedakan ciri charger xiaomi original dan palsu? Yuk langsung aja disimak.

Bahaya Menggunakan Charger Palsu Xiaomi

Sebelum membahas cara membedakan charger Xiaomi asli dan palsu. Kamu juga harus mengetahui bahaya menggunakan charger palsu. Yuk! Langsung saja simak bahaya-nya.

1. Usia Baterai Menjadi Berkurang

Usia Baterai Pendek

Usia Baterai Pendek

Bahaya yang pertama saat kamu menggunakan charger Xiaomi palsu adalah menyebabkan usia baterai menjadi pendek.

Biasanya voltase atau ampere pada charger palsu itu berbeda dengan yang aslinya ya guys. Karena tidak sebanding dengan output, maka baterai akan menjadi cepat rusak.

2. Pengisian Baterai Menjadi Lama

Pengisian Baterai Lama

Pengisian Baterai Lama

Hayoo! Siapa yang pernah merasakan ini? Kalau sudah begini pastinya charger yang kamu gunakan pasti palsu guys.

Seperti yang dijelaskan pada bahaya yang pertama, apabila output yang dikeluarkan pada charger tidak sesuai akan membuat HP Xiaomi kamu menjadi lama saat di-charger dan bisa menyebabkan smartphone panas.

3. Baterai Xiaomi Menjadi Boros

Baterai Boros

Baterai Boros

Baterai Xiaomi menjadi boros itu sih sudah pasti guys! Karena pengisian baterai yang lama akan membuat life circle pada baterai kamu menjadi habis.

Kalau life circle pada baterai kamu sudah habis, sebaiknya kamu harus mengganti baterai baru ya guys.

4. Hardware Xiaomi Menjadi Rusak

Komponen HP Xiaomi

Komponen HP Xiaomi

Bahaya yang terakhir, yaitu hardware Xiaomi kamu menjadi rusak. Karena kamu terlalu lama men-charge, maka beberapa komponen di dalam HP bisa menjadi rusak karena kepanasan bahkan bisa meledak.

Cara Bedakan Charger Xiaomi Asli vs Palsu

1. Perhatikan Adaptor

Adaptor Charger Xiaomi Origunal

Adaptor Charger Xiaomi Origunal

Hal yang kamu perhatikan saat membedakan charger asli dan palsu adalah lihat adaptornya, pada adaptor Xiaomi terdapat Serial Number. Dengan begitu menandakan bahwa adaptor dari si charger ini ori.

Membedakan adaptor Xiaomi memang terbilang sangat mudah dibandingkan adaptor charger lainnya. Karena pada adaptor Xiaomi hanya terdapat 1 Serial Number dan pastinya berbeda dari adaptor Xiaomi yang lainnya.

2. Perhatikan Kabel USB

Socket Hitam

Socket Hitam

Selanjutnya kamu harus memperhatikan kabel USB pada charger Xiaomi. Bagian slot socket USB pada Xiaomi berwarna hitam dan apabila kamu menemukan slot socket berwarna putih, menandakan bahwa charger tersebut palsu.

BACA
7 Hero Mobile Legends Paling Mudah Digunakan (Cocok untuk Pemula)

Nah, bukan cuma itu saja guys. Pada bagian plug charger juga terdapat icon petir, apabila charger smartphone kamu tidak memiliki kedua ciri-ciri tersebut pada smartphone kamu. Tandanya charger yang kamu miliki itu palsu.

3. Jangan Tergiur Harga yang Murah

Jangan Tergiur Harga Murah

Jangan Tergiur Harga Murah

Terkadang dengan harga yang cukup murah, membuat kamu jadi tergiur untuk membeli charger dengan harga yang di bawah standart. Nah, dengan begitu akan membuat kamu mudah tertipu dengan charger xiaomi palsu.

Dengan harga yang murah juga tidak akan menjamin keselamatan pada charger atau smartphone kamu. Karena mungkin saja dengan harga yang murah, komponen pada charger tersebut terbilang berkualitas di bawah standart keselamatan.

Baca Juga: Cara Hard Reset Smartphone Xiaomi Terbaru 2017

4. Beli di Toko Resmi

BEli di Toko Resmi

BEli di Toko Resmi

Di dunia yang sudah begitu canggih, membuat kita untuk melakukan segala hal di smartphone. Terutama untuk urusan membeli barang, keseringan kita berbelanja menggunakan media online karena lebih praktis dan tanpa harus muter-muter mencari barang yang kita mau.

Dengan belanja di online shop kamu tidak dapat mengetahui charger itu benar ke asliannya atau tidak, kamu hanya dapat mengetahuinya saat barang yang kamu beli sudah sampai. Saran dari kita sebaiknya kamu membeli charger di toko resmi terdekat, daripada kamu menanggung resiko menggunakan charger palsu.

5. Menggunakan Aplikasi

Aplikasi Ampere

Aplikasi Ampere

Untuk membedakan charger asli atau palsu yang terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi Ampere, kamu dapat membedakan charger Xiaomi asli dan palsu.

Cara menggunakannya sagatlah mudah, kamu hanya tinggal melakukan pengisian daya. Nanti akan muncul keterangan tegangan dan arus yang masuk, lalu kau bisa samakan dengan adaptor yang kamu gunakan.

Apabila arus dan tegangannya sangat jauh berbeda, berarti charger yang kamu gunakan adalah charger xiaomi palsu dan begitu sebaliknya.

Gimana guys? Sudah mengerti cara membedakan charger Xiaomi asli vs. palsu. Apabila kamu memiliki kritik dan saran bisa tulis di kolom komentar di bawah ya guys.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top