Tech-Fun!

Cara Membuat Makalah yang Benar [Lengkap dengan Strukturnya!]

Home / Tech-Fun! / Cara Membuat Makalah yang Benar [Lengkap dengan Strukturnya!]

Cara Membuat Makalah yang Benar

Salah satu tips ampuh agar cepat dapat kerja setelah lulus kuliah adalah dengan menyelesaikan skripsi. Skripsi ini tidak jauh berbeda dengan makalah atau karya ilmiah. Dimana isinya merupakan hasil dari pemikiran dan penelitian kamu sendiri.

Bahkan “BISA” membuat makalah juga menjadi hal yang diperhitungkan oleh perusahaan agar bisa menerima kamu sebagai karyawan. Karena pada kenyataannya di dunia kerja kamu akan membuat laporan seperti ini.

Makanya hal yang harus dilakukan sebelum lulus kuliah adalah bisa membuat makalah. Lantas, bagaimana cara membuat makalah yang benar dan baik? Tenang! Kamu bisa ikuti cara berikut ini!

Ini Struktur Makalah yang Benar

Sebelum membahas cara membuat makalah yang baik dan benar, alangkah baiknya kamu harus tau dulu nih gimana sih struktur membuat makalah yang benar sebagai berikut ini!

1. Cover

Cara Membuat Makalah yang Benar

Cover

Struktur makalah yang benar untuk lembar pertama adalah Cover. Yups, cover atau sampul ini berisikan judul, nama penulis, logo institusi, tempat, tahun terbit, serta nama penyusun makalah beserta nomor identitas di institusi tersebut.

Pada bagian covel ini, kamu harus membuat penulisannya dengan rata tengah (center) agar cover yang kamu buat terlihat lebih rapi dan juga bagus.

2. Kata Pengantar

Cara Membuat Makalah yang Benar

Kata Pengantar

Struktur makalah yang benar berikutnya adalah Kata Pengantar. Jadi lembar Kata Pengantar ini merupakan pandangan umum mengenai makalah yang dibuat. Biasanya berisikan ucapan rasa syukur.

Selain itu, Kata Pengantar juga berisikan gambaran sedikit isi dari makalah yang dibuat, baik itu judul dan juga pihak-pihak yang ikut berkontribusi dalam menyelesaikan makalah.

Tidak juga lupa memberikan kata penutup dengan permohonan maaf serta harapan pembuat mengenai makalah yang dibuat.

3. Daftar Isi

Cara Membuat Makalah yang Benar

Daftar Isi

Struktur makalah yang benar selanjutnya adalah Daftar Isi. Pada bagian ini kamu memberikan keterangan dari halaman yang telah kamu buat.

Untuk membuat Daftar Isi, pastikan kamu membuatnya sesuai dengan halamannya ya! Karena Daftar Isi ini berguna untuk pembaca menemukan pembahasan atau informasi yang ingin dibaca.

Oleh sebab itu, setiap lembar makalah yang ada, jangan lupa untuk kamu buatkan halaman di Word ya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah ketika Daftar Isi.

4. Pendahuluan

Cara Membuat Makalah yang Benar

Pendahuluan

Struktur makalah yang tepat berikutnya adalah Pendahuluan. Pada bagian ini, kamu harus menuliskan mengenai pembahasan dari makalah yang dibuat berdasarkan sudut pandang si penulis atau si pembuat.

Oh iya, biasanya pada bagian ini terdapat 3 subbab, antara lain:

  • Latar Belakang
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan

Nah, berikut ini penjelasan singkat mengenai subbab yang terdapat pada Pendahuluan:

A. Latar Belakang

Pada bagian ini berisikan penjelasan dari permasalahan yang ditemukan penulis. Selain itu, alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti, dianalisis dan ditemukan solusinya di dalam makalah.

B. Rumusan Masalah

Karena tujuan dibentuknya makalah untuk menyelesaikan masalah yang ditemukan, tentunya penulis harus menemukan rumusan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Nah, Rumusan Masalah ini bisa diisi mengenai poin-poin pertanyaan, masalah yang diteliti secara singkat dan padat.

C. Tujuan Pembahasan

Lalu untuk Tujuan Pembahasan berisikamn manfaat dari makalah yang dibuat. Biasanya tukuan ini merupakan hipotesa awal si penulis.

Oleh sebab itu, biasanya berisikan hasil atau kesimpulan dari permasalahan yang buat secara singkat, namun tetap menggambar manfaat dari penelitian tersebut.

5. Isi

Cara Membuat Makalah yang Benar

Isi

Struktur makalah yang tepat selanjutnya adalah Isi. Isi atau pembahasan ini biasanya berisikan tentang permasalahan yang akan dipecahkan, penelitian yang akan dilakukan, metode yang digunakan, tempat serta sasaran penelitian makalah.

Selain itu, bisa juga berisikan penjabaran dari hasil data-data yang telah diperoleh di lapangan. Nah, data-data ini bisa berupa data kualitatif, kuantitatif maupun data yang didapatkan dari metode campuran.

6. Kesimpulan

Cara Membuat Makalah yang Benar

Kesimpulan

Struktur membuat makalah berikutnya adalah Kesimpulan. Kesimpulan ini merupakan penjabaran dari hasil penelitian makalah yang telah dibuat.

Selain itu, berisikan tentang keputusan dari rumusan masalah, apakah sudah selesai atau membutuhkan penelitian lanjutan lagi.

Oh iya, pada bagian Kesimpulan, bisanya dilengkapi dengan subbab lainnya, seperti:

  • Kritik dan Saran
  • Penutup

Nah, berikut ini penjelasan singkat mengenai subbab yang terdapat pada Kesimpulan:

A. Kritik dan Saran

Pada bagian ini berisikan kritik dan saran dari narasumber yang telah diwawancarai atau bisa juga dari hasil kesimpulan si penulis. Tujuan kritik dan saran ini agar kedepannya makalah tersebut bisa dikembangkan lagi, ditindaklanjuti maupun diterapkan.

B. Penutup

Selain itu, ada juga bagian penutup dimana berisikan kesan dan pesan penulis. Tidak lupa juga untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu.

7. Daftar Pustaka

Cara Membuat Makalah yang Benar

Daftar Pustaka

Struktur membuat makalah selanjutnya adalah Daftar Putsaka. Pada bagian ini penulis diharuskan untuk mencantumkan referensi bahan yang digunakan dalam penyusunan makalah.

Biasanya referensi ini didapatkan dari jurnal, buku, internet (dari hasil searching di Google), koran maupun dari makalah orang lain. Untuk penulisan Daftar Pusaka juga harus disusun dengan sistematis berdasarkan abjad dari nama pengarang ya.

8. Lembar Pendukung

Cara Membuat Makalah yang Benar

Lembar Pendukung

Struktur membuat makalah terakhir adalah Lembar Pendukung. Yups, pada bagian ini kamu bisa memberikan beberapa dokumentasi mengenai pembuatan makalah, bisa berupa lembar wawancara, hasil mentahan dari rumusan dan lain sebagainya.

Walaupun bagian ini kebanyakan tidak dimasukkan, namun bisa menjadi bukti kuat bahwa makalah kamu dibuat dengan original tanpa copas sama sekali.

Lalu untuk memperkuat makalah kamu original, kamu bisa ikuti trik membuat makalah yang tepat dan benar, berikut ini ya!

Ini Cara Membuat Makalah yang Tepat

Urutan struktur yang benar aja gak cukup, jika kamu membuatnya tanpa mengikuti tips membuat makalah berikut ini!

1. Menentukan Topik yang Ingin Dibahas

Cara Membuat Makalah yang Benar

Menentukan Topik yang Ingin Dibahas

Cara membuat makalah yang baik dan benar pertama adalah dengan menentukan topik yang ingin dibahas terlebih dahulu. Yups, kamu harus membuat makalah yang sesuai dengan tema yang diberikan dosen/guru.

Karena jika tidak maka kamu akan ada kemungkinan tema kamu ditolak atau nilai dikurangi. Oleh sebab itu, pahami tema yang diberikan dan buat makalah yang memang kamu kuasai.

2. Tentukan Judul Makalah

Cara Membuat Makalah yang Benar

Tentukan Judul Makalah

Cara membuat makalah yang baik dan benar berikutnya adalah menentukan judul makalah. Judul merupakan salah satu bagian paling utama, karena judul bisa menentukan isi topik yang ada di dalam makalah.

Oleh sebab itu, kamu harus membuat judul semenarik mungkin. Hal ini bertujuan agar pembaca juga tertarik dengan makalah yang kamu buat.

3. Kumpulkan Referensi

Cara Membuat Makalah yang Benar

Kumpulkan Referensi

Cara membuat makalah yang baik dan benar selanjutnya adalah mengumpulkan referensi. Setelah kamu mendapatkan tema dan juga judul, maka kamu harus mengumpulkan sebanyak mungkin bahan referensi atau data yang diperlukan.

Karena referensi ini akan membantu kamu untuk menyusun makalah dengan benar. Referensi ini bisa dalam bentuk jurnal, buku, skripsi, karya ilmiah, artikel atau bahkan makalah juga.

Bahkan kamu bisa mencari referensi di media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan lain sebagainya. Tapi pastikan referensi tersebut memiliki sumber yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

4. Buat Makalah dengan Cara Sistematis

Cara Membuat Makalah yang Benar

Buat Makalah dengan Cara Sistematis

Cara membuat makalah berikutnya adalah buatlah makalah dengan cara sistematis. Maksudnya buat makalah sesuai dengan struktur yang sudah dijelaskan di atas. Jangan sampai kamu menyusunnya dengan sembarang ya!

5. Sunting Makalah

Cara Membuat Makalah yang Benar

Sunting Makalah

Cara membuat makalah terakhir adalah sunting makalah. Maksudnya, buatlah makalah dengan perlahan-lahan, teliti dan jangan terlalu terburu-buru. Kamu harus memeriksa isi makalah dengan seksama.

Atau kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk membaca, apakah mudah dipahami atau tidak. Jika tidak maka kamu harus melakukan sunting atau edit makalah sampai bahasanya mudah dimengerti orang lain.

So, itulah beberapa cara buat makalah dengan baik dan benar. Nah, menurut kamu ada yang perlu ditambahkan ketika membuat makalah gak gaes? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top