Tips

4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak atau Tidak Terbaca

Home / Windows / Tips / 4 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak atau Tidak Terbaca

Flashdisk merupakan salah satu alat untuk menyimpan data paling simple. Namun karena, fungsinya untuk menyimpan data, biasanya flashdisk sering kali mengalami masalah seperti minta format ketika dihubungkan.

Bahkan ada juga yang flashdisk tidak terbaca atau bahkan rusak. Sehingga kita tidak bisa membukanya, bahkan untuk memformat flashdisk tidak bisa. Kalau sudah begini, flashdisk dinyatakan rusak.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang rusak? Yaudah, langsung simak aja gaes!

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi

Sebelum memperbaiki flashdisk yang rusak, alangkah lebih baiknya lagi kamu mengetahui penyebab kenapa flashdisk bisa rusak atau tidak terbaca.

Hal ini guna untuk memberikan kamu wawasan agar tidak terulang lagi. Nah, berikut ini penyebab flashdisk tidak terdeteksi:

1. Terdapat Virus dan Malware

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Terdapat Virus dan Malware

Tidak heran kalau di flashdisk retan sekali terserang virus dan malware. Karena memang kegunaannya sebagai perangkat penyimpanan portable, membuat flashdisk kerap disambungkan ke sembarangan perangkat PC/Laptop.

Apalagi kalau digunakan secara bergantian dan tentunya dengan intensitas yang cukup tinggi. Tentu akan membuat flashdisk terinfeksi virus dan malware, makanya kamu harus scan terlebih dahulu perangkat flashdisk yang tersambung menggunakan antivirus terbaik.

2. Port USB Pada Flashdisk Kotor

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Port USB Pada Flashdisk Kotor

Jika kamu yakin flashdisk tidak terinfeksi virus, coba deh cek kondisi fisik bagian port USB. Kemungkinan ada debu pada bagian tersebut sehingga membuat flashdisk tidak terbaca.

Selain itu, cek juga ya port USB di PC/laptop bisa jadi ada debu atau kotoran yang efeknya mempengaruhi kinerja flashdisk sehingga tidak terbaca di operating systems.

3. Driver USB Bermasalah

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Driver USB Bermasalah

Selanjutnya karena driver USB bermasalah, hal ini mungkin karena driver tersebut tidak ter-install. Sehingga tidak terbaca flashdisk yang terhubung di PC/laptop.

4. Flashdisk KW atau Palsu

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Flashdisk KW atau Palsu

Yang terakhir mungkin karena flashdisk yang kamu gunakan adalah flashdisk KW atau palsu. Nah, flashdisk KW ini tentu tidak memiliki kualitas yang bagus, sehingga membuat flashdisk tidak terbaca di PC/laptop.

Nah, sekarang kita bahas yuk gimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi berikut ini!

Cara Perbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca!

Salah satu cara mengatasi flashdisk yang rusak atau tidak terbaca adalah dengan memformat datanya terlebih dahulu.

Nah, berikut ini adalah cara mengatasi flashdisk yang rusak. Jadi, simak baik-baik ya gaes!

1. Bersihkan Port USB Flashdisk dan PC/Laptop dari Debu

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Bersihkan Port USB Flashdisk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab flashdisk tidak terbaca karena terdapat debu di bagian port USB. Oleh sebab itu kamu harus membersihkannya menggunakan kuas halus.

Nah, untuk bagian lempengan kuningan flashdisk kamu bisa menggunakan karet penghapus untuk membersihkan debunya. Pastikan kamu tidak merusak lempengannya ya gaes.

2. Rutin Melakukan Scanner

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak

Rutin Melakukan Scanner

Selanjutnya jika memang karena adanya virus dan malware, kamu harus rutin melakukan scanner atau pindai setiap device yang terhubung menggunakan antivirus terbaik milikmu.

Dengan melakukan scanner ini kamu bisa menghilangkan virus shortcut di flashdisk tanpa harus melakukan format flashdisk, sehingga dokumen kamu tidak hilang.

3. Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Datanya Tanpa Software Tambahan

  • Pertama, Sambungkan flashdisk ke PC, lalu buka Run dengan klikStart‘ dan klikRun‘ atau tekan keyboardWindows + R‘ secara bersamaan > Kemudian ketik ‘compmgmt.msc‘ dan klikOK‘ atau tekan ‘Enter‘.
Run

Ketik compmgmt.msc

  • Kedua, Setelah itu klikStorage> Kemudian klik ‘Disk Managahement‘ di sebelah kanan.
Storage

Pilih Disk Managahement

  • Ketiga, Kemudian cari nama device flashdisk kamu dan klik kanan pada device flashdisk kamu.

Pilih Device Flashdisk

  • Keempat, Setelah itu klikFormat..‘.

Pilih Format

  • Kelima, Kemudian akan muncul kotak dialog dengan nama device flashdisk kamu > Selanjutnya tap ‘OK’ dan tunggu proses format sampai selesai.

Pilih OK

TIPS

  • Pastikan semua isi folder/file telah kamu backup sebelumnya ya!

4. Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Sama Sekali Menggunakan Software ‘HDD Low Level Format

  • Pertama, Download dan install software HDD Low Level Format > Kemudian jalankan sofwtare-nya dan pilih device flashdisk kamu > Selanjutnya klik tombol ‘Continue >>>‘.

Pilih Continue

  • Kedua, Setelah itu klik tab ‘Low-Level-Format‘ dan klik tombol ‘Format This Device‘.
Low-Level-Format

Pilih Format This Device

  • Ketiga, Kemudian akan muncul kotak dialog konfrimasi > Selanjutnya klik tombol ‘Yes‘ dan tunggu proses format sampai selesai.

Pilih Yes

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara memperbaiki flashdisk yang rusak tidak terbaca tanpa format. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya gaes 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top