Tips

10 Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri (100% Sembuh)

10 Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri (100% Sembuh) 7

Ketika sedang menggunakan laptop lalu tiba-tiba mati sendiri yang ga tau apa penyebabnya, pasti itu akan membuat kamu bingung dan kesal. Terlebih lagi jika sedang mengerjakan tugas.

Biasanya itu bisa terjadi lagi, tidak tahu kapan terjadi lagi. Tapi tenang aja, TipsPintar.com mempunyai sebuah solusinya nih buat laptop yang suka mati sendiri.

BACA
Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-tiba Blue Screen

Ampuh Nih, untuk Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri!

Banyak penyebab yang mengakibatkan laptop bisa mati sendiri. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Bersihkan Debu di Dalam Laptop

Membersihkan Laptop

Membersihkan Laptop

Cara yang pertama adalah membersihkan debu atau kotoran yang ada di dalam laptop kamu. Laptop yang jarang dibersihkan pasti banyak menyimpan debu atau kotoran di dalamnya.

Untuk itu, coba rutin membersihkan laptop kamu. Baik itu, dari keyboard maupun kipas yang akan menghambat kinerja dari laptop kamu.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Tanpa Tombol Power

2. Bersihkan RAM

Membersihkan RAM

Membersihkan RAM

Cara yang selanjutnya adalah membersihkan RAM. RAM yang tidak kamu bersihkan, akan memiliki kerak hitam yang ada di kuningan RAM.

Sehingga dapat menyebabkan laptop suka mati sendiri. Cara membersihkannya, cukup menggunakan penghapus karet lalu kamu gosokan pada kuningan yang ada di RAM.

Baca Juga: Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot (Tanpa Software Tambahan)

3. Mengistirahatkan Laptop

Mengistirahatkan Laptop

Mengistirahatkan Laptop

Cara yang selanjutnya adalah mengistirahatkan laptop kamu. Jika kamu selalu menggunakan laptop secara terus menerus, kemungkinan laptop juga bisa kelelahan.

Apalagi jika kamu menggunakan laptop yang selalu dicolokkan. Untuk itu, coba istirahatkan latop kamu sejenak untuk meredakan panas dari laptop kamu.

Baca Juga: Cara Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Rakitan Toko

4. Memberikan Pasta Pada Processor

Memberikan Pasta pada Processor

Memberikan Pasta pada Processor

Cara yang selanjutnya adalah memberikan pasta pada processor. Kegunaan dari pasta adalah untuk memberikan dingin kepada processor.

Jika processos panas alias pasti kering, dapat menyebabkan laptop suka mati sendiri. Untuk itu, coba lah memberikan pasta pada processor agar tetap dingin seperti dia, hehe.

Baca Juga: 5 Tips Agar Hard Disk Awet dan Tidak Cepat Rusak

5. Mengecek Mainboard

Mengecek Mainboard

Mengecek Mainboard

Cara yang selanjutnya adalah mengecek mainboard laptop kamu. Jika laptop kamu suka mati sendiri, bisa saja mainboard atau motherboard kamu sudah mulai rusak.

Cara menanganinya, kamu harus membeli baru mainboard atau motherboard-nya. Namun, kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menggantinya.

Baca Juga: 5 Penyebab Kipas Laptop Berputar Kencang dan Cara Mengatasinya

6. Mengganti Hardware yang Tidak Cocok

Mengganti Hardware

Mengganti Hardware

Cara yang selanjutnya adalah mengganti hardware yang tidak cocok. Memang dengan mengganti atau meng-upgrade dari hardware pasti akan membuat performa membaik.

Namun, kamu harus menyesuaikan dengan tipe dan kemampuan dari laptop kamu. Jika tidak cocok, maka jangan kamu paksakan. Itu bisa membuat laptop kamu mati sendiri atau tidam bisa menyala.

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi Laptop yang Lemot

7. Mengecek Aliran Listrik ke Laptop

Aliran Listrik

Aliran Listrik

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengecek aliran listrik ke laptop kamu. Jika aliran listrik kamu sedikit alias tidak sesuai dengan rekomendasi dari laptop kamu.

Bisa saja itu menjadi salahs atu penyebab laptop kamu suka mati sendiri. Untuk itu coba cek aliran listrik agar laptop kamu tidak suka mati sendiri.

Baca Juga: 10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Awet

8. Mengecek Tombol Power Laptop

Tombol Power

Tombol Power

Cara yang selanjutnya adalah mengecek tombol power laptop kamu. Jika tombol power kamu agak terlalu menempel alias “mendem” itu bisa saja membuat laptop mati sendiri.

Apalagi jika kamu suka mematikan laptop langsung dari tombol power. Hal ini sebaiknya jangan kamu sering lakukan ya. Karena akan berdampak buruk buat laptop kamu.

Baca Juga: 5 Hal Fatal yang Terjadi Jika Laptop Dimatikan Langsung dari Tombol Power

9. Membersihkan Virus

Scan Virus

Scan Virus

Cara yang selanjutnya adalah membersihkan virus yang ada di laptop kamu. Mungkin virus yang menyebabkan windows kamu menjadi error sehingga terjadi mati sendiri.

Untuk itu, gunakan antivirus yang paling ampuh dan terpercaya untuk membersihkan virus-virus yang ada di laptop kamu sehingga tidak suka mati sendiri.

Antivirus Gratis atau Berbayar Ukuran File Link Download
Avast Gratis 240MB Download
IObit Gratis 39MB Download
Norton Berbayar ($59.00) Website
Bitdefender Berbayar ($44.15) Website
Kaspersky Gratis 169MB Download

Baca Juga: Cara Mengetik di Komputer Hanya dengan Suara

10. Install Ulang Laptop

Install Ulang Laptop

Install Ulang Laptop

Cara yang terakhir adalah install ulang laptop kamu. Dengan cara ini, seluruh data kamu akan hilang. Dengan meng-install ulang akan menhilangkan bug-bug maupun virus yang ada.

Walau terbilang ekstrim, terlebih dahulu di backup terlebih dahulu agar seluruh data kamu tidak hilang semua.

Baca Juga: 10 Laptop Asus Terbaik 2017 Harga di Bawah 5 Jutaan

Nah, itu dia 10 Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top