Tips

Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri dengan Mudah

Home / Windows / Tips / Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri dengan Mudah

Yang namanya perangkat elektronik, pasti ada aja masalahnya. Bahkan mesin canggih seperti komputer atau laptop jugamemiliki penyakit sendiri, mulai dari komputer restart sendiri bahkan sampai laptop yang tiba-tiba mati sendiri.

Hal tersebut pasti membuat siapa saja menjadi kesal dan panik. Karena bisa menyebabkan komputer atau laptop rusak seketika. Apalagi jika kamu sedang bermain game PC terbaik dan belum menyelesaikan pertandingan.

Nah pas banget nih! Kali ini kita akan memberikan kamu solusi untuk mengatasi PC yang restart sendiri. Buat kamu yang penasaran, harus perhatikan artikel ini sampai kelar ya!

Penyebab Komputer Restart Sendiri

Sebelum kamu tau cara mengatasi laptop yang restart sendiri, alangkah baiknya kamu tau nih kenapa sih laptop bisa restart sendiri.

Nah berikut ini beberapa dugaan atau penyebab dari laptop yang restart sendiri. Disimak baik-baik ya!

1. Prosesor Overheat (Panas)

Prosesor Overheat

Prosesor Overheat

Prosesor yang terlalu panas (Overheat) bisa menyebabkan laptop atau PC kamu restart sendiri loh gaes! Hal ini dikarenakan sistem tidak bisa menerima suhu yang terlalu berlebihan pada komponen.

Biasanya penyebab laptop panas atau overheat karena kamu terlalu sering menggunakan laptop tanpa henti, sambil di-charger. Sehingga membuat prosesor akan menjadi panas dan akhirnya bisa menyebabkan laptop menjadi restart sendiri.

2. Power Supply Kekurangan Daya

Power Supply

Power Supply

Penyebab selanjutnya adalah karena power supply yang kekurangan daya. Power supply memiliki fungsi untuk menghantarkan aliran listrik ke komputer atau laptop. Jika daya yang diantarkan kurang, maka komputer dan laptop bisa restart sendiri atau bahkan tidak bisa menyala.

3. RAM Rusak

RAM Rusak

RAM Rusak

Penyebab berikutnya adalah RAM mengalami error atau kerusakan. RAM yang rusak bisa menyebabkan program tidak bekerja maksimal sehingga membuat komputer restart sendiri.

Bahkan yang lebih parah bisa menyebab layar laptop bisa keluar garis yang mengganggu. Kalau sudah begini, maka kamu akan kesulitan untuk memperbaiki LCD laptop bergaris karena komponen RAM mengalami kerusakan.

4. VGA Rusak

VGA

VGA

Sama seperti poin sebelumnya, VGA yang sedang error atau mengalami kerusakan akan membuat laptop atau komputer restart sendiri. Hal ini bisa disebabkan komponen VGA terlalu kotor sehingga memperlambat pergerakan dan membuat komputer atau laptop kamu suka restart sendiri.

5. Fan (Pendingin) Komputer Bermasalah

Selanjutnya fan atau pendingin komputer yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab kenapa komputer kamu restart sendiri. Hal ini biasanya disebabkan karena komponen fan terlalu kotor, apalagi cara kerja fan yang berputar seperti kipas angin yang sangat rentan tertumpuk debu.

Nah, fan atau pendingin komputer yang kotor ini bisa menyebabkan kinerja laptop atau komputer lambat. Sehingga menimbulkan masalah atau kendala seperti restart sendiri, bahkan komputer bisa tiba-tiba blue screen.

6. Hard Disk Mengalami Bad Sector

Kemungkinan besar penyebab laptop atau PC restart sendiri bisa jadi karena hard disk mengalami bad sector. Bad sector merupakan kondisi di mana data yang terdapat pada hard disk tidak bisa terbaca termasuk data sistem.

Makanya nggak heran kalau penyebab laptop atau PC yang suka restart sendiri karena hard disk mengalami bad sector. Untuk memperbaiki hard disk yang bad sector pun salah satunya dengan install ulang Windows atau sistem operasi.

7. Virus di Komputer

Virus

Virus

Penyebab terakhir adalah terinfeksi virus atau malware. Malware atau virus ini, selain bisa membuat laptop menjadi hang atau not responding, ternyata bisa juga menyebabkan komputer restart sendiri. Hal ini dikarenakan virus bisa mengambil sumber daya pada komputer tanpa kamu sadari.

“Lalu bagaimana cara memperbaiki laptop atau PC yang restart sendiri?”

Tenang! Jangan panik dulu ya, kamu bisa ikuti caranya sebagai berikut ini:

Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri

Nah, berikut ini cara mudah mengatasi PC yang restart sendiri. Jadi disimak baik-baik ya gaes!

1. Perhatikan Daya di Power Supply

Power Supply

Power Supply

Cara pertama adalah memperhatikan daya di power supply. Power supply memiliki fungsi untuk mengantarkan daya listrik ke komputer. Ketika komputer suka restart sendiri.

Kamu harus memperhatikan power supply mulai dari kebersihan hingga kipas power supply yang masih berputar atau tidak. Oh iya, kamu juga bisa menggunakan UPS atau stabilizer untuk mengatasi daya yang berkurang.

2. Membersihkan RAM

Membersihkan RAM

Membersihkan RAM

Cara selanjutnya adalah membersihkan RAM. Salah satu tanda RAM yang kotor adalah kamu bisa lihat pada bagian tembaga yang berwarna kuning yang sudah menghitam.

Untuk membersihkannya kamu hanya membutuhkan penghapus pensil lalu membersihkan pada bagian tembaga yang berwarna kuning hingga bersih sehingga RAM bisa kamu gunakan kembali. Tapi hati-hati saat membersihkan kuningan pada RAM ya!

3. Membersihkan VGA

Membersihkan VGA

Membersihkan VGA

Cara berikutnya adalah membersihkan VGA. VGA yang kotor bisa kamu lihat pada kipas yang dimana terdapat banyak debu atau sarang sehingga membuat kipas tidak bekerja secara maksimal.

Untuk membersihkannya cukup mudah, kamu tinggal mengeluarkannya lalu membersihkannya dengan kuas hingga bersih. Setelah itu, pastikan kamu memasangnya kembali dengan benar ya!

4. Perhatikan Suhu dari CPU

CPU

CPU

Cara keempat adalah dengan perhatikan suhu dari CPU. Jika kamu terlalu sering menggunakan komputer atau laptop tanpa henti, itu bisa menyebabkan CPU menjadi panas.

Nah, untuk itu kamu bisa mengistirahatkannya terlebih dahulu dengan mematikan komputer atau laptop hingga CPU menjadi dingin. Jika sudah dalam keadaan dingin, kamu bisa menggunakannya kembali. Namun pastikan kamu memberikan istirahat pada komputer atau PC ya!

5. Bersihkan Heatsink CPU

Membersihkan Heatsink CPU

Membersihkan Heatsink CPU

Cara selanjutnya adalah membersihkan heatsink di CPU. Heatsink disini adalah kipas yang berada di atas CPU yang memiliki fungsi untuk mendinginkan CPU agar tidak panas.

Biasanya heatsink yang kotor terdapat banyak debu atau kotoran. Nah, kamu bisa membersihkannya dengan cara menggunakan kuas lalu bersihkan heatsink CPU hingga bersih

6. Software atau Driver Tidak Kompatibel

Tidak ada Notifikasi

Driver Tidak Kompatibel

Cara selanjutnya adalah ada software atau driver yang tidak kompatibel dengan spesifikasi komputer kamu. Hal ini bisa mengakibatkan komputer menjadi rusak atau restart sendiri.

Untuk itu harus memperhatikan dari software atau driver tersebut, cocok tidak dengan tipe komputer kamu.

7. Membersihkan Virus

Virus di PC

Virus di PC

Cara terakhir adalah membersihkah virus. Virus bisa menyebabkan komputer menjadi error, seperti komputer restart sendiri. Untuk itu kamu bisa menggunakan antivirus yang paling ampuh untuk membersihkan virus tersebut.

AntivirusGratis atau BerbayarUkuran FileLink Download
AvastGratis240MBDownload
IObitGratis39MBDownload
NortonBerbayar ($59.00)Website
BitdefenderBerbayar ($44.15)Website
KasperskyGratis (Trial)169MBDownload

Gimana gaes, cukup mudah bukan untuk mengatasi komputer restart sendiri. Jika kamu memiliki kritik/saran. Kamu bisa berikan di kolom komentar ya…

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top