Tips

10 Penyebab Laptop Panas (Overheat) dan Cara Mengatasinya

10 Penyebab Laptop Panas (Overheat) dan Cara Mengatasinya 5

Menggunakan barang elektronik dengan waktu yang lama pasti akan menyebabkan hal buruk, baik itu untuk penggunanya maupun untuk barang itu, seperti laptop maupun smartphone.

Tidak hanya menggunakan dengan waktu yang lama, bisa juga karna hal lain yang menyebabkan laptop menjadi panas. Nah, kali ini TipsPintar.com akan memberi tahu, apa saja penyebabnya.

[irp posts=”17775″ name=”10 Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri (100% Sembuh)”]

Berikut Penyebab Laptop Menjadi Panas

Laptop menjadi panas itu sangat berbahaya jika diabaikan, bisa saja meledak. Kamu harus tahu apa saja penyebabnya. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Terlalu Lama Digunakan

Laptop Sering Digunakan

Laptop Sering Digunakan

Penyebab yang pertama adalah telalu lama menggunakan laptop. Semakin lama laptop kamu gunakan, semakin cepat juga laptop kamu menjadi panas.

Dikarenakan, laptop tetap menyala dan terus bekerja penuh untuk tetap menemani kamu selama menggunakan laptop ini. Hal ini jangan sampai kamu abaikan. Karena bisa saja laptop kamu akan meledak atau mati total

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Tanpa Tombol Power

2. Perhatikan Letak atau Posisi Laptop

Salah Peletakan Laptop

Salah Peletakan Laptop

Penyebab yang selanjutnya adalah peletakan atau posisi laptop kamu tidak tepat. Setiap laptop pasti akan mengeluarkan suhu atau udara panas ke luar.

Jika kamu menghalangi atau menutup udara panas yang keluar. Maka udara panas tersebut akan masuk lagi ke dalam dan mengakibatkan laptop kamu menjadi panas.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop yang Tiba-tiba Blue Screen

3. Kipas Processor Tidak Berfungsi

Kipas Mati

Kipas Mati

Penyebab yang selanjutnya adalah kipas dari processor yang sudah tidak berfungsi lagi. Kegunaan dari kipas adalah untuk menurunkan suhu panas dari processor kamu.

Dengan adanya kipas di processor kamu. Laptop akan tetap berada pada suhu yang normal dan kipas tersebut akan tetap melawan dari suhu panas yang dihasilkan.

Baca Juga: Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot (Tanpa Software Tambahan)

4. Thermal Paste Sudah Kering

Thermal Paste Kering

Thermal Paste Kering

Penyebab yang selanjutnya adalah thermal paste yang sudah kering. Fungsi dari paste ini adalah untuk mendinginkan processor kamu yang selalu bekerja keras.

Jika thermal paste kering. Maka laptop kamu akan berubah suhu menjadi panas. Hal ini sangat cepat merasakan panas ketika menggunakan laptop loh sobat pintar.

Baca Juga: 5 Hal Fatal yang Terjadi Jika Laptop Dimatikan Langsung dari Tombol Power

5. Ventilasi Udara di Laptop Tersumbat

Ventilasi Udara Laptop

Ventilasi Udara Laptop

Penyebab yang selanjutnya adalah ventilasi udara di laptop tersumbat. Sama halnya dengan ruangan yang memiliki ventilasi. Jika tersumbat, maka akan terasa panas.

Ventilasi merupakan suatu tempat yang melalukan pertukaran udara. Jika laptop sudah mulai panas, coba perhatikan ventilasi dari laptop kamu.

Baca Juga: Cara Membedakan Laptop Asli Pabrik dengan Rakitan Toko

6. Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi

Banyak Aplikasi Terbuka

Banyak Aplikasi Terbuka

Penyebab yang selanjutnya adalah terlalu banyak membuka atau menjalankan aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka semain juga processor bekerja.

Sehingga laptop akan menjadi lag dan akan kelamaan laptop menjadi panas. Sebagian orang pasti suka membuka banyak aplikasi, tapi itu cukup berbahaya loh.

Baca Juga: 5 Tips Agar Hard Disk Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak

7. Laptop yang Selalu Di-charge

Laptop Di-charge

Laptop Di-charge

Penyebab yang selanjutnya adalah laptop yang selalu di-charge. Kebanyakan orang, pasti lupa menyabut charge laptop jika baterai laptop mereka sudah penuh.

Jika tidak kamu cabut, itu akan berdampak buruk loh. Bisa saja baterai menjadi bocor, laptop menjadi panas dan tagihan listrik kamu menjadi besar.

Baca Juga: 5 Penyebab Kipas Laptop Berputar Kencang dan Cara Mengatasinya

8. Ruangan Bersuhu Panas

Ruangan Tertutup

Ruangan Tertutup

Penyebab yang selanjutnya adalah ruangan yang memiliki suhu panas. Ruangan dengan bersuhu panas, akan berdampak buruk juga kepada laptop yang kamu gunakan.

Suhu yang ada di ruangan tertutup pasti akan menjadi panas. Nah, jika kamu sedang menggunakan laptop di ruangan tertutup. Maka jangan kaget ketika laptop kamu menjadi cepat panas.

Baca Juga: 10 Tips Mengatasi Laptop yang Lemot

9. Virus yang Sudah Bersarang di Laptop

Virus Laptop

Virus Laptop

Penyebab yang selanjutnya adalah virus yang sudah bersarang lama di laptop kamu. Selain untuk merusak dari sistem laptop kamu, virus juga dapat membuat laptop menjadi panas.

Virus akan memberikan serangan kepada sistem, sehingga sistem harus bekerja sangat keras untuk tetap menyala dan ini yang menyebabkan laptop menjadi panas.

Baca Juga: 10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Awet

10. Laptop yang Sudah Tua

Laptop Sudah Tua

Laptop Sudah Tua

Pernyebab yang terakhir adalah laptop yang kamu miliki sudah tua. Laptop yang sudah tua, memiliki kinerja yang lambat dan gampang panas.

Karena, laptop dulu tidak dilengkapi dengan pendingin seperti laptop sekarang. Jika mengalami rusak, untuk memperbaikinya juga sedikit sulit loh.

Baca Juga: Cara Menjadikan Android Kamu Sebagai Mouse Laptop

Solusi untuk Mengatasi Laptop Panas

Laptop yang sudah bersuhu panas, itu sudah mempertandakan bahwa laptop kamu harus diistirahatkan. Tapi tidak hanya itu saja untuk mengatasi laptop sudah panas.

Ada cara lain untuk mengatasinya. Dari pada penasaran, langsung aja di simak ke bawah ini.

1. Menggunakan Seperlunya Saja

Menggunakan Seperlunya

Menggunakan Seperlunya

Solusi yang pertama adalah menggunakan laptop seperlunya saja. Ketika kamu sudah tidak menggunakan laptop atau sudah selesai dengan kerjaan di laptop kamu.

Sebaiknya laptop kamu dimatikan saja. Dengan begini, laptop kamu tidak akan mudah cepat panas ketika digunakan kembali lagi.

Baca Juga: 10 Laptop Asus Terbaik 2017 Harga di Bawah 5 Jutaan

2. Letakan Laptop yang Benar

Laptop yang Benar

Laptop yang Benar

Solusi yang selanjutnya adalah pelatakan laptop yang benar. Ketika menggunakan laptop usahakan jangan di atas kasur. Itu sangat berbahaya loh.

Karena, dapat menyumbat udara dari laptop yang ingin keluar sehingga laptop kamu akan dengan mudah menjadi panas.

Baca Juga: 10 Laptop Acer Terbaik Harga 3 Jutaan

3. Menggunakan Cooling Pad

Menggunakan Cooling Pad

Menggunakan Cooling Pad

Solusi yang selanjutnya adalah menggunakan cooling pad. Dengan menggunakan cooling pad, laptop kamu akan berada pada suhu yang dingin.

Karena, cooling pad merupakan suatu tempat yang memiliki kipas dan mengeluarkan angin ke atas. Nah, jika laptop diletakan di atasnya maka, laptop kamu tidak cepat menjadi panas.

Baca Juga: 10 Laptop ASUS Harga 3 Jutaan Terbaik

4. Mengganti Thermal Paste

Mengganti Thermal Paste

Mengganti Thermal Paste

Solusi yang selanjutnya adalah mengganti thermal paste. Ketika thermal paste sudah kering, laptop kamu akan dengan cepat berubah suhu menjadi panas.

Kegunaan dari thermal paste adalah untuk menurunkan suhu panas dari processor laptop kamu. Jadi, usahakan beberapa bulan sekali mengganti thermal paste kamu ya.

Baca Juga: 10 Laptop Lenovo Terbaik Harga 3 Jutaan

5. Membersikan Laptop dari Debu

Membersihkan Laptop

Membersihkan Laptop

Solusi yang selanjutnya adalah membersihkan laptop kamu dari debu. Laptop yang kotor akan membuat laptop kamu dengan cepat menjadi panas.

Untuk itu cobalah membersihkan laptop kamu ya. Minimal sebulan sekali agar laptop kamu tetap bersih dan tidak cepat menjadi panas.

Baca Juga: 10 Laptop yang Paling Susah Rusak Harga 5 Jutaan

6. Membersihkan Ventilasi Maupun Kipas Processor

Membersihlan Ventilasi

Membersihlan Ventilasi

Solusi yang selanjutnya adalah membersihkan ventilasi maupun kipas processor laptop kamu. Jika tidak, maka laptop kamu akan dengan cepat menjadi panas.

Dengan adanya ventilasi atau kipas, pastinya untuk menurunkan maupun mendinginkan dari suhu laptop kamu yang sudah mulai panas.

Baca Juga: 10 Laptop Paling Laris Harga di Bawah 5 Juta

7. Menggunakan Water Cooling

Menggunakan Wter Cooling Pad

Menggunakan Wter Cooling Pad

Solusi yang terakhir adalah dengan menggunakan water cooling. Kegunaan water cooling sangat berpengaruh dalam menurunkan suhu panas laptop kamu.

Water Cooling sudah banyak yang menggunakanya. Jika kamu ingin memilikinya, kamu bisa membeli di Tokopedia maupun Lazada.

Baca Juga: 10 Laptop Gaming dengan Harga 9 Jutaan

Nah, itu dia 10 Penyebab Laptop Menjadi Panas dan Cara Mengatasinya. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top