Internet

Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word

Home / Internet / Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word

Cara Print Bolak Balik

Sering print satu halaman di selembar kertas? Mending tinggalin cara itu deh. Selain boros, cara tersebut juga dapat merusak lingkungan loh.

Untuk mengatasi hal itu, lebih baik kamu menggunakan cara print bolak balik agar tidak memakan banyak kertas, dan tentunya juga lebih hemat biaya karena tidak perlu membeli kertas dalam jumlah banyak.

Airy Rooms

Bingung gimana cara melakukannya? Yuk, simak cara print bolak balik di segala jenis printer berikut ini. Tapi sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu fitur Printer yang kamu gunakan.

Pahami Fitur Printer untuk Cetak Bolak Balik

Sudah Mendukung Fitur Duplex

Sudah Mendukung Fitur Duplex

Untuk bisa mencetak kertas bolak balik, printer yang digunakan harus memiliki fitur “Duplex“. Untuk mengetahuinya kamu bisa mengeceknya melalui:

1. Melalui Buku Panduan Printer

Melalui Manual Book

Melalui Manual Book

Biasanya di dalam buku panduan terdapat beragam informasi mengenai printer yang kamu miliki. Bisa saja buku panduan tersebut memberi tau bahwa Printer kamu itu sudah dapat menggunakan fitur “Duplex“.

2. Melalui Microsoft Word

Melalui Microsoft Word

Melalui Microsoft Word

Selain melalui buku panduan, kamu juga bisa menemukan fitur printer melalui Microsoft Word loh. Caranya masuk ke menu Print, lalu cari opsi yang mengindikasikan percetakan dua sisi seperti Double-Sides, 2-Sides, Both Sides, atau Duplex.

3. Melalui Internet

Cari di Internet

Cari di Internet

Kamu juga bisa mencari di Google tentang spesifikasi dan fitur yang ada di printer kamu. Cukup tulis kata kunci, kemudian cari di Google. Contohnya: “Spesifikasi Printer Canon”.

Nah, itulah beberapa cara untuk bisa menemukan fitur Duplex di printer kamu. Jika printer kamu sudah memiliki fitur Duplex, yuk ikuti cara berikut ini.

Cara Print Bolak Balik Secara Otomatis

Otomatis Print

Otomatis Print

Jika printer kamu sudah mendukung fitur Duplex, maka kamu dapat melakukan print bolak balik secara otomatis guys. Beberapa printer biasanya menyediakan pengaturan otomatis yang mencetak secara bolak balik tanpa harus mengaturnya secara manual.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, kamu harus mencentang menu “Double-Side Printing” yang terdapat pada pengaturan printer kamu. Dengan begitu kamu tidak perlu melakukan pengaturan setiap ingin mencetak dokumen yang banyak.

Namun jika tidak terdapat fitur otomatis, maka kamu harus mengubah setelan default printer menjadi “Double-Side Printing” setiap kali ingin mencetak dokumen yang banyak.

BACA
50+ Wallpaper Laptop HD Paling Lucu Terbaru 2018

Cara Print Bolak Balik Secara Manual

Manual Print

Manual Print

Jika printer kamu tidak mendukung fitur Duplex, janganlah bersedih. Karena kamu masih dapat mencetak dokumen secara bolak balik loh.

Namun tentunya cara ini memakan waktu yang lama, karena kamu harus membalik setiap kertas secara manual agar dapat mencetak di kedua sisi.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke menu Print.
  • Lalu cari opsi “Manually Print on Both Side“.
  • Silahkan lakukan pencetakan. Nantinya Word, akan meminta kamu untuk memasukkan kembali kertas untuk mencetak di sisi selanjutnya.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk bisa mencetak di kedua sisi dokumen loh. Oh iya, cara ini sangat pas buat print dokumen yang memiliki halaman ganjil atau genap. Langsung disimak aja caranya ya.

Print Odd dan Even

Print Odd dan Even

  • Buka dokumen kamu di Word, lalu masuk ke menu “Print“.
  • Lalu pada settingan print, kamu pilih opsi “Print Odd Numbered Pages” (Fitur ini untuk mencetak halaman ganjil). Kemudian klik OK.
  • Jika hasil print sudah keluar, maka selanjutnya masukkan kembali hasil tersebut, namun balik kertas tersebut ke sisi yang lain.
  • Lakukan Print kembali, namun ubah opsi menjadi “Print Even Numbered Pages” (Fitur ini untuk mencetak halaman genap). Jangan lupa untuk menekan OK.

Nah, itulah beberapa cara print bolak balik menggunakan printer di Microsoft Word. Gimana? Gampang atau sulit?

Oh iya, kita juga mau kasih tau nih tips ketika mencetak dokumen melalui cara Duplex manual.

Tips Print Bolak Balik

Tips Print Bolak Balik

Tips Print Bolak Balik

Buat kamu yang kesulitan untuk bisa melakukan print bolak balik secara manual, ada baiknya menggunakan kertas percobaan terlebih dahulu.

Jadi jika menurut kamu sudah pas, maka kamu tinggal menempatkan kertas yang sesungguhnya deh. Cukup mudah kan?

Oh iya, untuk menghindari proses print bolak balik secara manual, maka ada baiknya sebelum membeli Printer kamu harus pastikan bahwa printer tersebut sudah memiliki fitur Duplex.

Nah, dengan cara print bolak balik ini, kamu jadi terhindar dari pemborosan kertas dan kerusakan lingkungan kan. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya guys!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top