Internet

CATAT, Ini Contoh CV Bahasa Inggris dengan Penulisan yang Tepat!

Home / Internet / CATAT, Ini Contoh CV Bahasa Inggris dengan Penulisan yang Tepat!

Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV bahasa Inggris dapat dijadikan sebagai referensi untuk menampilkan kemampuan dan pengalaman kerja. Penggunaan bahasa Inggris yang tepat pun dapat bermanfaat untuk memberikan kesan yang baik kepada HR yang akan membacca CV mu.

Yap, sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris memang mulai digunakan diberbagai bidang pekerjaan. Jadi, apabila Kamu menemukan lowongan kerja yang mencantumkan syarat kemampuan bahasa Inggris, maka surat lamaran dan curriculum vitae atau CV sebaiknya ditulis dalam bahasa Inggris.

Daftar riwayat hidup atau CV ini sendiri merupakan ringkasan karie, kualifikasi, dan juga pendidikan seseorang. Jadi, membuat CV dalam bahasa Inggris dapat menunjukkan kemampuan bahasa asing Kamu kepada perekrut sehingga bisa menambah nilai plus.

Nah, berikut ini TipsPintar akan memberikan beberapa contoh CV bahasa Inggris serta tips untuk membuatnya dengan tepat. Penasaran apa saja contoh-contohnya? Yuk, langsung aja simak ulasan berikut!

CV Bahasa Inggris

CV Bahasa Inggris

CV Bahasa Inggris

Selain dapat menambah nilai plus Kamu di mata HR, membuat CV bahasa Inggris merupakan cara untuk menampilkan keunggulan dan menarik perusahaan, terutama yang bertaraf multinasional. Tetapi, pastikan untuk selalu cek tata bahasa dan memahaminya agar dapat dipertanggunjawabkan apabila dipanggil untuk wawancara.

Perbedaan CV dan Resume

Perbedaan CV dan Resume

Perbedaan CV dan Resume

Sebelum memasuki inti pembahasan kali ini,  Kamu pasti bertanya-tanya apasih bedanya CV dan resume?

Mengutip dari beberapa sumber, CV dan resume sendiri merupakan dokumen yang sama di mayoritas negara Eropa dan Australia. Akan tetapi, di Amerika Serikat, CV dan resume dianggap berbeda.

Dokumen CV di AS sendiri isinya lebih banyak dan merinci semua karir dan pengalaman akademis. Mulai dari sertifikat dan juga penghargaan hingga keanggotaan, pidato, konferensi, dan publikasi. Bagi kandidat dengan banyak pengalaman, CV lebih cocok dan biasanya berjumlah lebih dari dua halaman.

Resume sendiri berjumlah satu halaman dan hanya menyoroti kualifikasi yang relevan untuk posisi tertentu. Resume lebih sering digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan. Sedangkan CV biasanya digunakan saat melamar posisi akademis atau penelitian.

Struktur Penulisan CV Bahasa Inggris

Struktur Penulisan CV Bahasa Inggris

Struktur Penulisan CV Bahasa Inggris

Nah, buat Kamu yang ingin mencoba buat CV bahasa Inggris. Coba untuk ikuti struktuk penulisan CV bahasa Inggris berikut:

1 Personal Details (Identitas Diri)

Bagian personal details pada CV disebut juga sebagai bagian identitas diri. Nah, pada bagian personal details ini, data-data yang perlu Kamu masukkan, adalah:

  • Full name (nama lengkap)
  • Nick name (nama panggilan)
  • Date of Birth (tempat dan tanggal lahir)
  • Gender (jenis kelamin): Male (laki-laki) / Female (perempuan)
  • Address (alamat)
  • Marital Status (status pernikahan): Single (lajang)/ Married (sudah menikah) / Divorced (bercerai)
  • Religion (agama)
  • Nationality (kewarganegaraan)
  • Phone (telepon)
  • Cellphone (nomor HP)
  • Email

Cantumkan juga informasi terbaru dan akurat agar pihak yang membaca CV dapat menghubungimu dengan mudah. Ingat, semakin detail informasi yang diberikan, maka akan semakin besar pula potensimu dipertimbangkan sebagai kandidat!

Sebab, perusahaan biasanya tidak memiliki banyak waktu untuk mencari tahu identitas diri pelamar, apalagi jika pelamar sangat banyak.

2. Education Details (Riwayat Pendidikan)

Bagian riwayat pendidikan ini sangat penting untuk Kamu cantumkan, apalagi jika kamu melamar pekerjaan di lokasi yang mengharuskan adanya riwayat background tertentu pada CV atau cover letter Kamu nanti.

Nah, pada bagian education details ini, Kamu tidak perlu menyebutkan seluruh riwayat studi, seperti dari Kindergarten (Taman Kanak-Kanak) dan Elementary School (SD).

Berikut ini beberapa informasi yang biasanya dicantumkan pada CV bahasa Inggris untuk melamar pekerjaan:

  • Junior High School (Sekolah Menengah Pertama)
  • Senior High School (Sekolah Menengah Atas)
  • Vocational School (Sekolah Menengah Kejuruan)
  • College (Kampus)
  • University (Universitas)

Selain perlu menyebutkan lokasi tempat menempuh studi, berikan juga informasi tambahan terkait tahun masuk studi dan tahun kelulusan.

3. Certificates (Sertifikat)

Selanjutnya, ada bagian Certificates (Sertifikat). Yap, perusahaan pastinya akan melirik setiap kandidat yang memiliki skill atau prestasi yang mendukung.

Selain bisa menyebutkan prestasi di bagian CV, cantumkan juga bukti sertifikat keahlian. Jenis sertifikat yang biasanya disebutkan ke dalam CV bahasa Inggris, adalah:

  • TOEFL Certificate (sertifikat TOEFL)
  • IELTS Certificate (sertifikat IELTS)
  • Other language certificate (sertifikat bahasa lainnya)

Jika Kamu memiliki sertifikat tambahan di bidang kerja yang dilamar, jangan segan untuk mencantumkannya.

Namun, ubah terlebih dahulu bahasa yang digunakan agar semua menjadi berbahasa Inggris. Hindari untuk melampirkan sertifikat yang tidak relevan, misalnya ketika Kamu melamar pekerjaan di bidang IT yang ditulis justru sertifikat keahlian akuntasi. Jadi, pastikan Kamu mencantumkan prestasi yang bisa mendukung kariermu tersbeut ya!

4. Job Experiences (Pengalaman Kerja)

Pengalaman bekerja pastinya menjadikan sebuah poin plus bagi Kamu yang ingin melamar sebuah pekerjaan.  Jika Kamu sudah pernah mengikuti program magang atau bekerja part-time (paruh waktu) maupun full-time (penuh waktu), cantumkan pula pada CV.

Perusahaan pastinya akan mempertimbangkan kandidat yang sudah berpengalaman karena dianggap lebih siap bekerja. Selain itu, pengalaman kerja sebelumnya juga berpengaruh pada kebijakan perusahaan untuk menjalankan training.

Tuliskan pengalaman kerja terbaik yang kamu miliki dan jangan lupa cantumkan pula detail pekerjaan yang dilakukan. Dengan demikian, perusahaan bisa mengetahui kontribusi dan skill yang Kamu kuasai.

5. Personality (Karakter Pribadi/Kepribadian)

Mencantumkan informasi tentang personality atau karakter pribadi diperbolehkan pada sebuah CV. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui karakter kandidat melalui deskripsi personality yang dicantumkan.

Nah, biar bisa meningkatkan peluang diterimanya Kamu di perusahaan tersebut, jangan mencantumkan personality yang dinilai negatif. Berikut ini, kosakata untuk personality bahasa Inggris yang dapat Kamu gunakan, antara lain:

  • Communicative (komunikatif)
  • Diligent (rajin)
  • Discipline (disiplin)
  • Good attitude (berkelakuan baik)
  • Hardworking (pekerja keras)
  • Honest (jujur)
  • Kind (baik)
  • Responsible (bertanggung jawab)
  • Target oriented (berorientasi target)
  • Tolerant (toleran)
  • Dedication (dedikasi)

Jika memiliki kemampuan tambahan, cantumkan pula pada CV, seperti computer skill (kemampuan komputer), writing skill (kemampuan menulis), dan kemampuan tambahan lainnya.

Tips Menulis CV Bahasa Inggris

Tips Membuat CV Bahasa Inggris

Tips Membuat CV Bahasa Inggris

Sebelum Kamu memulai untuk buat CV bahasa Inggris, Kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Tata Bahasa yang Tepat

Sebagian dari Kita pasti masih merasa bingung dan kesulitan dalam membuat CV dalam bahasa Inggris, terutama dalam penggunaan tata bahasa yang tepat.

Berbeda dengan bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris terdapat 3 pola kalimat yang biasanya digunakan past tense, present tense, dan future tense.

Dalam membuat CV dalam bahasa Inggris, biasanya Kita menggunakan pola kalimat past tense untuk pekerjaan yang sudah kamu selesaikan dan present tense untuk pekerjaan yang masih Kamu lakukan sampai saat ini.

Selain itu, untuk membuat CV bahasa Inggris-mu lebih menarik lagi, Kamu bisa mengganti subjek kalimat I, my manager dengan kata ganti kepemilikan seperti my/mine dan hers/his.

Supaya Kamu tidak semakin bingung, ada beberapa tools / aplikasi kamus bahasa Inggris gratis yang dapat  Kamu gunakan untuk mengecek penggunaan tata bahasa yang tepat dalam CV bahasa Inggris Kamu, seperti Grammarly, Grammar Checker, dan Reverso.

2. Ejaan dan Tanda Baca yang Tepat

Penggunaan ejaan dan tanda baca yang terdapat dalam bahasa Inggris umumnya tidak begitu berbeda jauh dengan bahasa Indonesia.

Dalam membuat CV bahasa Inggris, jangan lupa untuk sering mengecek katanya ke dalam kamus dan pastikan itu benar. Selain itu, Kamu juga bisa meminta bantuan temanmu untuk melakukan proofread.

Eits, bukan hanya ejaan saja ya! Dalam membuat CV bahasa Inggris Kamu juga harus memperhatikan tanda baca agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Contoh CV Bahasaa Inggris dengan Format yang Tepat

Contoh CV Bahasa Inggris dengan Format Tepat

Contoh CV Bahasa Inggris dengan Format Tepat

Berdasarkan penjelasan singkat sebelumnya, maka Kamu dapat membuat CV bahasa Inggris sesuai dengan contoh berikut:

CURRICULUM VITAE

Personal Details

Name: Firman
Date of Birth: July, 12th, 1995
Gender: Male
Address: Sudirman, South Jakarta, Indonesia
Marital Status: Married
Religion: Islam
Nationality: Indonesian
Phone: (021) 4432 6734
Cellphone: +62 855 332 755
Email: [email protected]

Education Details

2000 – 2006 Elementary School 8, Jakarta
2006 – 2009 Junior High School 31, Jakarta
2009 – 2012 Senior High School 8, Jakarta
2013 – 2017 Physical Engineering, Universitas Maju Bangsa (GPA: 3,89/4,00)

Job Experiences

July 2018 – Freelance teacher at roboguru
November 2018 – Laboratory Assistant at Universitas Maju Bangsa

Skills

Microsoft Office
English (Active)
Writing

Personality

Communicative, diligent, honest, and responsible.

This is to state that above information is true and provided here by me, all in good faith.

Sincerely,

Firman

Nah, itu lah penjelasan lengkap mengenai contoh CV bahasa Inggris dengan penulisan yang tepat. Semoga semua informasi yang Aku berikan tersebut dapat bermanfaat bagi Kamu yang ingin melamar pekerjaan ya!

Kalau Kamu punya ide untuk pembahasan menarik lainnya, silakan tulis di dalam kolom komentar ini ya. Dan jngan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman Kamu yang juga ingin melamar pekerjaan!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top