Intermezzo

10 Film Islami Indonesia Terbaik, Cocok Ditonton Saat Ramadhan

Home / Intermezzo / 10 Film Islami Indonesia Terbaik, Cocok Ditonton Saat Ramadhan

Kumpulan Film Islami Indonesia Terbaik

Saat memasuki bulan Ramadhan, sangatlah baik bagi Kita untuk bisa mengisi setiap waktu dengan hal-hal yang berguna dan juga positif. Mungkin rata-rata dari kalian melakukan aktifitas seperti biasanya, seperti bekerja ataupun sekolah.

Tapi gak sedikit juga orang yang mempunyai cukup banyak waktu luang di rumah. Nah, biasanya kalau menjalani hari di rumah aja ketika puasa, pasti hawanya ingin malas-malasan dan rebahan aja tanpa melakukan banyak kegiatan, betul kan?

Padahal, ada banyak hal loh yang bisa Kamu lakukan ketika menjalani puasa di rumah aja. Apalagi saat ini Kita hidup di era teknologi yang sudah sangat maju, khususnya dalam fasilitas internet. Nah, Kamu bisa banget tuh manfaatin internet tersebut untuk mengisi waktu luang Kamu.

Misalnya, kalau Kamu adalah seseorang yang hobby menonton, Kamu bisa tonton berbagai film sejarah islam atau film drama Islami untuk mengisi waktu kosong mu.  Ya, hitung-hitung bisa belajar mengambil makna sekaligus menghibur diri melalui film-film tersebut.

Nah, oleh sebab itu kali ini TipsPintar akan membahas tentang kumpulan film Islami Indonesia terbaik yang bisa Kamu tambahkan ke dalam list nonton Kamu. Mau tau apa aja? Yuk, simak baik-baik ulasan berikut ini ya!

Kumpulan Film Islami Indonesia Terbaik, Dijamin Bikin Baper!

Menghabiskan waktu di rumah aja saat berpuasa sudah pasti akan menimbulkan rasa bosan yang besar. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Kamu bisa isi waktu luang mu dengan menonton kumpulan film Islami Indonesia terbaik berikut ini, dijamin gak akan bikin Kamu membatalkan puasa:

1. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Hafalan Shalat Delisa

Hafalan Shalat Delisa

Nah, film Islami terbaik diurutan pertama yang dapat Kamu tonton adalah Hafalan Shalat Delisa yang rilis pada tahun 2011 lalu. Film ini diangkat dari novel karya Tere Liye yang mengangkat tema kejadian Tsunami Aceh yang pada tahun 2006 lalu.

Hafalan Shalat Delisa ini cukup sukses membuat para penonton ikut merasakan kesedihan yang dialami oleh seorang anak yang bernama Delisa, dimana ia menjadi salah satu korban yang selamat dari bencana besar tersebut.

Yang menjadi bagian tersedih dari film ini adalah ketika Delisa harus menerima kenyataan bahwa ia kehilangan seluruh orang terdekatnya, mulai dari teman baiknya, saudara, sampai Umi nya yang saat itu sedang menemani Delissa untuk melaksanakan praktik hafalan Shalat.

Delisa pun juga harus merelakan sebalah Kaki nya yang tidak bisa diselamatkan.

Rating IMDb6.6
Durasi Film1 Jam 42 Menit
SutradaraSony Gaokasak
Link NontonNetflix

2. Bulan Terbelah Dilangit di Amerika (2015)

Bulan terbelah di langit Amerika

Bulan terbelah di langit Amerika

Film Islami yang recomended untuk Kamu tonton selanjutnya adalah Bulan Terbelah di Langit Amerika. Yaps, film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini sukses memikat perhatian para penonton karena alur ceritanya yang menegangkan.

Menceritakan tentang seorang jurnalis wanita cantik bernama Hanum, dimana ia memiliki tugas untuk membuat sebuah artikel tentang “Apakah Dunia Lebih Baik Tanpa Islam?” dan suaminya Rangga yang ditugasi untuk mewawancarai seorang Milyuner asal Amerika untuk keperluan S3 nya.

Namun sayangnya tugas kedua pasangan kekasih ini menjadi berantakan dikarenakan adanya demonstrasi besar yang berakhir ricuh dan ikut membahayakan keselamatan mereka.

Dapatkah mereka menyelamatkan diri dari konflik besar tersebut? Kamu bisa tonton film ini melalui aplikasi nonton yang Kamu punya. Film ini pun juga mempunyai Sekuel keduanya yang telah rilis pada tahun 2016 lalu loh.

Jadi kalau Kamu mau tau alur cerita lengkapnya, disarankan tonton dari Chapter pertamanya ya!

Rating IMDb5.9
Durasi Film1 Jam 49 Menit
SutradaraRizal Mantovani
Link NontonDisney+Hotstar

3. 99 Cahaya di Langit Eropa (2013)

99 Cahaya di langit Eropa

99 Cahaya di langit Eropa

Film 99 Cahaya di Langit Eropa menjadi film recomended selanjutnya yang cocok untuk mengisi waktu luang mu di bulan Ramadhan ini.

Film ini termasuk salah satu film romantis yang menceritakan tentang kehidupan seorang jurnalis asal Indonesia yang sedang menemani suaminya yang berkuliah dektorat di Vienna, Austria.

Film ini cukup menarik perhatian para penontonya dikarenakan alur ceritanya yang menggambarkan bagaimana seorang warga minoritas harus bisa beradaptasi di sebuah Negara serta menggambarkan kondisi Islam di benua Eropa tersebut.

Film ini juga mempunyai sekuel keduanya yang dirilis pada tahun 2014 lalu.

Rating IMDb6.0
Durasi Film1 Jam 45 Menit
SutradaraGuntur Soeharjanto
Link NontonDisney+Hotstar

4. Surga yang Tak Dirindukan (2015)

Surga yang Tak Dirindukan

Surga yang Tak Dirindukan

Film Islami terbaik selanjutnya adalah Surga yang Tak Dirindukan. Film ini diangkat dari salah satu karya novel Asma Nadia yang menceritakan tentang sepasang suami istri bernama Prasetya dan Arini yang mengalami berbagai ujian dalam hubungan rumah tangganya.

Yaps, film yang bertema konflik dalam sebuah hubungan rumah tangga ini sukses mengaduk emosi para penontonya. Film ini juga memiliki 2 Sekuel dengan alur cerita yang sangat menarik. Nah, kalau Kamu mau menonton film Surga yang Tak Dirindukan Chapter 1 ini, Kamu bisa mencarinya melalui aplikasi nonton film di smartphone Kamu ya.

Rating IMDb7.9
Durasi Film2 Jam 05 Menit
SutradaraKuntz Agus
Link NontonDisney+Hotstar

5. Surga yang Tak Dirindukan 2 (2017)

Surga yang Tak Dirindukan 2

Surga yang Tak Dirindukan 2

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, film Surga yang Tak Dirindukan ini memiliki 2 sekuel yang berbeda.

Sekuel kedua ini menceritakan hubungan Arini dan Pras yang benar-benar sedang dipertaruhkan. Hal tersebut dimulai dari kehadiran Meirose yang kembali datang ke rumah Pras dengan tujuan untuk mengambil Akbar, putranya yang dirawat oleh pasangan suami istri tersebut.

Namun dalam cerita ini ada sedikit kejutan, dimana Arini justru berusaha untuk membujuk Meirose agar kembali bersama Pras. Bukannya setuju justru Meirose menjadi kebingungan dengan apa yang akan ia pilih.

Di satu sisi, Meirose masih menyimpan rasa terhadap Pras, tetapi ia juga tidak sampai hati untuk merusak kebahagiaan dari Arini. Kebingungan Meirose pun semakin menjadi-jadi di saat Pras, muncul tepat di hadapannya.

Banyak pertanyaan yang bermunculan pada film yang memiliki durasi 121 menit ini.

Mulai dari alasan mengapa Arini mendukung hubungan Meirose dengan Pras? Dan juga apa yang akan Pras lakukan kepada kedua istrinya tersebut, dapatkan ia menjadi suami yang adil?

Nah, untuk mengetahui jawabannya, Kamu bisa langsung tonton film Surga yang Tak Dirindukan 2 ini melalui aplikasi streaming film di smartphone Kamu.

Rating IMDb7.1
Durasi Film2 Jam 01 Menit
SutradaraHanung Bramantyo
Link NontonDisney+Hotstar

6. Surga yang Tak Dirindukan 3 (2021)

Surga yang Tak Dirindukan 3

Surga yang Tak Dirindukan 3

Sekuel terakhir dari film Surga yang Tak Dirindukan ini menjadi penutup yang cukup baik dari film ini. Film ini nggak kalah seru dengan film Korea sedih, karena menceritakan perjuangan sepasang suami istri yang berjuang untuk cintanya. Yaps cerita dalam film ini menggambarkan sebuah perjuangan dari sepasang suami istri dalam memaknai sebuah arti cinta dan menjaga keutuhan rumah tangganya yang berlandaskan dengan Agama.

Selain itu, film ini juga memiliki tujuan untuk bisa menginspirasi para penggemar tentang arti dari sebuah pengorbanan, kejujuran, serta keteguhan hati dalam suatu hubungan.

Rating IMDb7.2
Durasi Film2 Jam
SutradaraPritagata Arianegara
Link NontonDisney+Hotstar

7. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Ayat-ayat Cinta

Ayat-ayat Cinta

Film dengan Sound Track lagu Ayat-ayat Cinta (Rossa) ini menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak di Indonesia. Bahkan, film yang disutradarai oleh Hanung Bramanyanto ini dianggap sebagai film legendaris di Indonesia.

Film ini menceritakan sebuah kisah percintaan dan turun naiknya persoalan hidup dari cara pandang Islam, dengan tokoh utamanya adalah seorang mahasiswa yang menuntut ilmu di negara Mesir, yaitu Fahri.

Fahri ini merupakan seorang laki-laki yang begitu taat dengan ajaran agama. Semua hal bisa dibilang sudah bisa Fahri capai dalam kehidupannya, namun tidak dengan kisah percintaannya. Selama ia hidup, Fahri belum pernah merasakan yang namanya pacaran sebelum ia menikah.

Bahkan, tidak banyak perempuan yang dekat dengan mahasiswa cerdas yang satu ini. Namun, itu semua berubah saat Fahri ia bertemu dengan seorang wanita muslim dengan mata yang begitu indah, yaitu Aisha.

Mereka tak sengaja bertemu dari sebuah kejadian yang kurang mengenakkan di dalam Metro yang mereka tumpangi.

Dari kejadian tersebut, Aisha mulai memiliki sebuah perasaan kepada Fahri, begitupun Fahri yang tidak bisa membohongi hatinya. Nah, kira-kira bagiamana dari kisah asmara Fahri dan Aisha?

Kamu bisa langsung tonton film romansa Islami ini melalui aplikasi nonton film gratis pada Smartphone Kamu.

Rating IMDb7.0
Durasi Film2 Jam 10 Menit
SutradaraHanung Bramantyo
Link NontonDisney+Hotstar

8. Ayat-Ayat Cinta 2 (2017)

Ayat-ayat Cinta 2

Ayat-ayat Cinta 2

Ayat-ayat Cinta 2 ini merupakan sekuel dari film Ayat-ayat Cinta pertama di tahun 2008. Dalam film ini, kisah percintaan Fahri menjadi amat sangat rumit. Ia harus menerima kenyataan, bahwa masih belum ada kabar baik dari pencarian Aisha yang terjebak di dalam konflik besar di Negara yang ia tempati saat itu.

Tapi di satu sisi lain, Fahri masih tetap menjalani tekadnya untuk berusaha memperbaiki citra Islam dan Muslim di berbagai Negara yang ia singgahi, salah satunya Edinburgh, Skotlandia yang menjadi tempat persinggahan Fahri dalam cerita ini.

Mampukah Fahri mencapai tekadnya tersebut? Kamu akan tau jawabannya dengan menonton film ini dari Chapter pertamanya.

Rating IMDb5.9
Durasi Film2 Jam 05 Menit
SutradaraGuntur Soeharjanto
Link NontonNetflix

9. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Perempuan Berkalung Sorban

Perempuan Berkalung Sorban

Siapa sih yang tidak mengenali salah satu film Islami yang satu ini? Yaps, Perempuan Berkalung Sorban ini cukup populer dari awal perilisannya, sebab film ini mengangkat sebuah kisah cinta di lingkungan yang Konservatif.

Meski sempat menuai kontroversi karena mengangkat tema tradisi konsevatif terhadap wanita di lingkungan pesantren, film ini tetap berhasil tayang dan menjadi salah satu film Islami terpopuler di awal perilisannya.

Tokoh utama dari film ini adalah seorang wanita cantik bernama Annisa dimana ia memiliki pola pandang berpikir yang berbeda dari ajaran yang ia terima selama ini. Ia memiliki tekad untuk bisa menjadi seorang wanita muslim yang mandiri.

Tetapi tekadnya tersebut justru ditentang keras oleh keluarganya sehingga Annisa pun dijodohkan dengan seorang anak Kyai yang ringan tangan dan juga kasar, dia bernama Samsudin.

Lantas, apakah Annisa masih bisa mewujudkan keinginannya untuk bisa menjadi seorang Wanita muslimah yang mandiri? Kamu bisa temukan jawabannya dengan menonton langsung film Islami terpopuler ini.

Rating IMDb6.7
Durasi Film2 Jam 11 Menit
SutradaraHanung Bramantyo
Link NontonNetflix

10. Notebook (2021)

Notebook

Notebook

Notebook ini menjadi daftar terakhir dalam kumpulan list film Islami Indonesia terbaik yang wajib untuk Kamu tonton. Yaps, film ini merupakan film dengan tema drama romantis yang disutradarai oleh Karsono Hadi dan ditulis langsung oleh Tisa TS bersama Sukhdev Singh.

Film ini mengisahkan tentang kisah cinta seorang wanita yang bernama Rintik dengan laki-laki yang bernama Arsa. Rintik ini sendiri adalah seorang guru muslim yang baru saja pindah dari Jakarta ke Sumba. Ia mendapat tugas untuk menggantikan seorang guru yang mengajar anak-anak di sekolah Kristen.

Namun, perbedaan keyakinan menjadi polemik utama bagi guru-guru dan kepala sekolah tersebut. Mereka khawatir apakah nanti orang tua murid bisa menerima jika tau kalau salah satu guru anak-anaknya adalah seorang muslim.

Di satu sisi lain, ada seorang pria yang bernama Arsa yang tau bahwa ada seorang perempuan yang baru saja pindah dari Jakarta. Arsa berusaha mendekati Rintik dengan membawa berbagai keperluan sehari-harinya, dan seiring berjalannya waktu, timbul perasaan cinta terhadap satu sama lain.

Namun, perbedaan di antara mereka sepertinya menimbulkan permasalahan dan menghalangi mereka untuk bisa bersama. Pada akhirnya, Rintik memutuskan untuk kembali ke Jakarta tanpa memberi kabar kepada Arsa.

Hmm, apakah Rintik dan Arsa dapat bersatu kembali? Kamu bisa cari tau langsung dengan menonton film Notebook ini melalui Disney+Hotstar.

Rating IMDb7.2
Durasi Film1 Jam 22 Menit
SutradaraKarsono Hadi
Link NontonDisney+Hotstar

Nah, itu dia guys beberapa daftar film Islami Indonesia terbaik yang bisa Kamu tonton untuk mengisi waktu luang mu di bulan Ramadhan. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman, sahabat, ataupun kerabat Kamu ya supaya mereka bisa ikut menikmati keseruan dari film terbaik di tanah air.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top