Internet

‘Nomor Gak Kelihatan Driver’ Hingga ‘Ganti Tujuan’, Grab Tawarkan Segudang Fitur Penting

Fitur Penting Grab

Kamu pastinya tau Grab kan? Yaps, aplikasi yang sering kamu gunakan untuk mencari transportasi secara online itu loh.

Grab sendiri memang merupakan perusahaan penyedia layanan transportasi yang sudah tersebar hampir diseluruh Asia Tenggara.

Tentunya kamu tidak hanya menggunakan aplikasi ini untuk sekedar ‘ojek’ kan? Karena kamu bisa melakukan segala hal mulai dari kirim barang, hingga memesan makanan menggunakan layanan dari Grab.

Makin Aman dan Nyaman Pakai Grab

Aplikasi layanan transportasi online ini memang menyajikan beberapa layanan yang tentu akan membuat para penggunanya merasa aman dan nyaman.

GrabBike

GrabBike

Betapa tidak? Grab sendiri memiliki prosedur bagi siapa saja yang ingin mendaftar menjadi mitra Grab, harus membawa SKCK, di cek fisik motornya, serta harus menjalani tes berkendara.

Selain itu, untuk GrabCar sendiri si pengemudi harus memasang seatbelt untuk keamanan juga.

Dan saat ini para driver Grab harus melakukan face recognition terlebih dahulu untuk login ke aplikasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa driver yang  login adalah driver yang sebenarnya.

GrabCar

GrabCar

Pihak Grab juga selalu mengadakan training quality setiap beberapa bulan untuk para driver-nya loh. Dengan begitu kualitas dari para driver akan terus meningkat deh.

Baca Juga: 10 Nama Driver Ojek Online Teraneh yang Bikin Ngakak!

Gimana? Udah cukup aman? Kalau belum, ada nih fitur dari Grab lagi yang bikin kamu makin aman. Apakah itu?

Nah, pasti kamu bete kan kalau sering di-chat atau ditelepon oleh nomor yang tidak dikenal? Apa lagi jika yang chat atau telepon nomor kamu itu driver ojek online yang sebelumnya kamu gunakan?

Wah, pasti nggak kebayang deh ngeselinnya. Nah, di aplikasi Grab ini ada fitur yang namanya ‘Number Masking‘ (baru tersedia di wilayah Jakarta, dan akan tersebar ke daerah lainnya) guys.

Fitur Number Masking

Fitur Number Masking

Number Masking adalah fitur dimana driver Grab maupun customer tidak saling mengetahui nomor telepon yang digunakan (Keamanan untuk kedua belah pihak).

Hal itu bertujuan agar driver Grab maupun customer tidak akan mengalami hal-hal yang merugikan seperti penipuan, maupun yang lainnya.

Kamu masih tetap bisa menghubungi driver Grab tersebut, namun di HP sang Driver nomor kamu akan tertera menjadi ex: +62855XXXX .

Selain fitur tersebut, ternyata ada fitur lain juga loh yang terdapat di aplikasi Grab. Tentunya semakin mempermudah kamu ketika menggunakannya deh.

Fitur-fitur Ini Bakal Permudah Pengguna Grab

Selain fitur Number Masking tadi, ternyata ada fitur lain lagi loh yang bakal membuat pengguna semakin aman.

1. Fitur-fitur Aman dari Grab

Fitur-fitur tersebut adalah Share My Ride dan Emergency Contact. Share My Ride adalah fitur yang memungkinkan kamu dapat mengirim lokasi secara live ke orang terdekat.

Fitur Share My Ride

Fitur Share My Ride

Jadi misal ada driver yang ingin berniat jahat, kamu dapat langsung mengirimkan lokasi live ke orang terdekat melalui WhatsApp, SMS, atau E-Mail.

Nantinya orang terdekat kamu akan menerima link tracking (pelacak) lokasi kamu secara real time, lengkap dengan plat nomor Driver, jam pemesanan, serta lokasi penjemputan dan tujuan kamu.

Sedangkan Emergency Contact adalah fitur dimana kamu dapat mengisikan 3 nomor emergency, yang nantinya jika kamu mengalami masalah atau dalam keadaan darurat, aplikasi Grab secara otomatis akan menghubungi kontak darurat yang sudah kamu daftarkan.

Emergency Contact

Emergency Contact

Jadi jika kamu merasa si driver akan melakukan tindak kejahatan, kamu tinggal menekan tombol Darurat yang ada di aplikasi Grab.

Pihak Grab akan mengirimkan SMS berisi link posisi kamu ke nomor darurat yang sudah didaftarkan dan memberitahu mereka bahwa kamu sedang dalam keadaan darurat.

Nah, itu tadi adalah fitur keamanan yang ada di Grab. Ternyata Grab juga memperhatikan kemudahan pengguna ketika memesan driver loh. Seperti beberapa fitur berikut ini.

2. Fitur-fitur yang Mempermudah Pengguna

Setelah tadi kita membahas fitur aman dari Grab, kali ini ada fitur yang mempermudah kamu ketika memesan ojek online atau apapun melalui Grab.

Fitur-fitur tersebut antara lain adalah ‘Mengirim Foto‘, ‘Voice Chat‘, serta fitur ‘Pintu Masuk yang Disarankan‘. Nah, kali ini mari kita bahas fitur-fitur tersebut satu-persatu.

BACA
Mau Bikin Hayabusa Gak Berkutik? Pakai 5 Hero Counter Hayabusa ini!

Kita mulai dari fitur ‘Mengirim Foto‘. Yaps, kini di Grab kamu dapat mengirimkan foto ke driver guys. Dengan begitu driver akan lebih mudah mengetahui lokasi kamu.

Bisa Kirim Foto

Bisa Kirim Foto

Selain fitur Mengirim Foto, ada juga fitur ‘Voice Chat‘. Nah, fitur ini bisa kamu gunakan jika sedang terburu-buru atau malas mengetik.

Kamu dapat mengirimkan pesan kepada si driver lewat suara atau biasa kita kenal dengan sebutan Voice Note (VN).

Bisa Kirim VN

Bisa Kirim VN

Kamu pernah memesan ojek online ketika berada di Mall atau Stasiun? Kalau pernah, biasanya kamu menunggu dimana? Dipinggir jalan? Di-lobby? atau ditempat lain?

Nah, kalau di Grab ini ada yang namanya fitur ‘Pintu Masuk yang Disarankan‘ guys. Fitur ini mempermudah pengguna dan driver dalam menentukan titik jemput atau titik turun.

Suggested Entrance

Suggested Entrance

Contoh misal kamu ingin dijemput di Lobby Selatan Senayan City, maka kamu tinggal menentukan lokasi yang telah disediakan oleh pihak Grab.

Tentu sang driver juga akan mengetahui kemana dia harus menjemput kamu. Gimana? Sangat mudah banget ya guys.

Saat ini juga banyak tersedia GrabPoint, atau titik penjemputan yang secara resmi didirikan oleh pihak Grab. Dengan begitu kamu dapat menunggu driver di GrabPoint tersebut deh.

3. Mau Ganti Destinasi? Mudah Kok

Pasti ngeselin ya guys ketika ditengah perjalanan menuju acara, eh ternyata acara tersebut malah pindah ke lokasi yang berbeda dari sebelumnya.

Jika sudah begitu, kamu tinggal mengubah destinasi aja guys. Loh? Emang bisa ya Destinasi Lokasi diganti?

Jawabannya, bisa banget guys. Di Grab, ada fitur untuk mengganti destinasi tujuan. Dengan begitu jika ada perpindahan lokasi, kamu nggak perlu cancel si driver deh.

Changing Destination

Changing Destination

Cukup ubah tujuan destinasi, maka kamu akan diantarkan secara langsung oleh si driver ke tempat yang kamu inginkan.

Oh iya, kamu juga bisa menambahkan tujuan perjalanan loh. Maksudnya, dalam satu perjalanan kamu bisa melakukan pemberhentian.

Caranya adalah dengan menggunakan fitur Multi-stop Rides. Fitur ini memungkinkan kamu menambahkan tujuan dalam satu perjalanan.

Multi-stop Rides

Multi-stop Rides

Cocok banget untuk menjemput teman, mengambil barang ditempat lain, atau mengantar seseorang. Dan kerennya lagi, kamu bisa langsung melihat tarif yang dihadirkan dari fitur Multi-stop Rides ini.

Tidak hanya untuk pengguna GrabCar, para pengguna GrabBike maupun GrabTaxi juga bisa menggunakan fitur Multi-stop Rides ini.

Gimana? Teknologi sekarang semakin mempermudah banget ya.

Jadi dengan Semua Fitur itu, Apakah Grab Layak Mendapat Predikat ‘Terbaik’ ?

Grab

Grab

Menurut pengalaman saya dalam menggunakan aplikasi ojek online, bisa dibilang Grab memiliki teknologi atau fitur yang lebih unggul.

Tentu hal tersebut di dorong dengan layanan yang dihadirkan oleh pihak Grab ya.

Kalau saya pribadi sih, sangat terbantu dengan fitur Grab yang ‘Pintu Masuk yang Disarankan’ itu loh.

Fitur Suggested Entrance

Fitur Suggested Entrance

Karena dengan fitur tersebut, kita tidak perlu lagi menunggu driver di pinggir jalan yang tentunya berbahaya bagi keselamatan kita kan.

Fitur ‘Number Masking’ yang ada di aplikasinya juga cukup bagus, bisa mengurangi tingkat kejahatan antar driver dan customer.

Jadi bisa dibilang Grab ‘unggul’ dalam hal teknologi serta fitur yang diberikan kepada customer.

Kesimpulan

Kesimpulan dari pembahasan diatas adalah saya ingin memberitahukan bahwa peningkatan fitur-fitur yang ada di Grab memang sangat membantu dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari pada era sekarang ini.

Selain itu, fitur-fitur tersebut membuat kita akan merasa aman dan nyaman ketika berkendara bersama driver ojek online.

Nah, itulah beberapa peningkatan fitur Grab dalam kampanye #MajuLebihDekat.

Semoga kedepannya transportasi online di Indonesia mau berlomba-lomba dalam memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap para penggunanya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top