Intermezzo

7 Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Home / Intermezzo / 7 Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Seperti yang kita tau alasan kenapa Indonesia menjadi negara favorit untuk wisatawan asing karena memang Indonesia terletak di negara kepulauan. Oh iya, letak geografis yang berbeda ini juga membuat keberagaman jenis-jenis hewan purba.

Selain itu, di Indonesia juga terdapat jenis manusia purba. Penemuan fosil manusia purba ini ditemukan sejak abad 18. Nah, buat kamu yang penasaran ada jenis manusia purba apa aja, mending langsung simak aja yuk!

Daftar Jenis Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia

Penemuan fosil manusia purba di Indonesia ini juga pernah jadi perdebatan dunia loh gaes. Hmm.. kira-kira ada apa aja ya? Yaudah langsung disimak aja deh!

1. Meganthropus Palaeojavanicus

Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Meganthropus Palaeojavanicus

Jenis manusia purba yang ada di Indonesia pertama adalah Meganthropus Palaeojavanicus. Manusia purba ini ditemukan oleh arkeolog bernama Gustav Heinrich Ralph Van Koenigswald.

Jenis manusia purba ini ditemukan sekitar tahun 1936 di daerah Sangiran, Jawa Tengah. Nama manusia purba ini memiliki arti Manusia bersar tertua asal Jawa.

2. Pithecanthropus Erectus

Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Pithecanthropus Erectus

Jenis manusia purba selanjutnya adalah Pithecanthropus Erectus. Kalau jenis manusia purba ini ditemukan pada tahun 1890 di daerah Trinil, Lembah Bengawan Solo, Jawa Tengah.

Nah, arkeolog yang menemukan jenis purba ini adalah Eugene Dubois. Pithecanthropus Erectus merupakan jenis fosil manusia purba pertama yang ditemukan di Indonesia.

3. Pithecanthropus Soloensis

Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Pithecanthropus Soloensis

Kemudian jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia adalah Pithecanthropus Soloensis. Jenis manusia ini ditemukan di daerah Ngandong dan Sangiran pada tahun 1931 hingga 1933. Manusia purba Pithecanthropus ini ditemukan oleh arkeolog Oppernoorth dan Van Koeningswald.

4. Pithecanthropus Mojokertensis

Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Pithecanthropus Mojokertensis

Jenis manusia purba yang ditemukan di Indonesia berikutnya adalah Pithecanthropus Mojokertensis. Nah, jenis manusia purba ini ditemukan di daerah Mojokerto, Jawa Timur. Makanya namanya hampir mirip dengan nama daerahnya.

Oh iya, jenis manusia purba ini ditemukan oleh seorang ahli atonomi dari Jerman yaitu Franz Weidenreich. Manusia purba ini ditemukan pertama kali pada tahun 1936.

5. Homo Floresiensis

Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Homo Floresiensis

Selanjutnya manusia purba yang ada di Indonesia adalah Homo Florensiensis. Manusia purba ini pertama kali ditemukan pada tahun 2004 di Gua Liang Bua, Flore, Nusa Tenggara Timur. Manusia purba ini diduga sebagai makhluk ekonomi sehingga disebut “Homo” karena memiliki kebiasaan yang sama dengan makhluk modern.

6. Homo Wajakensis

Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Homo Wajakensis

Berikutnya adalah manusia jenis purba bernama Homo Wajakensis. Sama seperti manusia purba sebelumnya, jenis manusia purba ini sudah termasuk golongan jenis manusia.

Homo Wajakensis ini pertama kali ditemukan oleh insinyur pertambangan Belanda bernama BD Van Rietschoten. Jenis manusia purba ini ditemukan sekitar tahun 1888 – 1889 di daerah Wajak, Tulungagung, Jawa Timur.

7. Homo Soloensis

Jenis Manusia Purba yang Ternyata Ditemukan di Indonesia

Homo Soloensis

Terakhir manusia jenis purba bernama Homo Soloensis. Sama seperti manusia purba di point 5 dan 6, jenis manusia purba ini sudah termasuk golongan jenis manusia purba modern dan diduga lebih cerdas dibandingkan jenis manusia purba sebelumnya.

Jenis manusia purba ini ditemukan pertama kali oleh Weidenrich dan Koeningswald. Ditemukan di daerah Solo, Jawa Tengah pada tahun 1931.

So, itulah beberapa jenis manusia purba yang pernah ditemukan di Indonesia. Nah, jangan lupa juga ya untuk share artikel ini ke teman-teman kamu gaes!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top