Tech-Fun!

WOW! 5 Kampus di Indonesia ini Punya Jurusan Khusus Gamers

WOW! 5 Kampus di Indonesia ini Punya Jurusan Khusus Gamers 5

Perkembangan teknologi di Indonesia khususnya di dunia gaming emang lagi hype banget dan diminati banyak orang. Dari laporan yang dirilis Newzoo dimana pasar game di Indonesia pada tahun 2017 mencakup 21 peresen dari total Asia Tenggara yang diperkirakan mencapai US$ 2,2 miliar (sekitar Rp. 29,4 triliun).

Bukan hanya sekedar bermain, game sekarang dijadikan sebuah hobi, mata pencaharian dan bahan studi lho di Indonesia. Buat yang suka main game dan mau ngembangin bakat di dunia game, coba intip 5 kampus yang punya jurusan khusus gamers ini!

[irp posts=”20443″ name=”10 Jurusan Kuliah yang Paling Menjanjikan Pekerjaannya”]

Punya Cita-Cita Jadi Gamers? Coba Kuliah di Kampus Ini Gaes!

Nah, kali ini buat kamu yang punya hobby main game dan punya cita-cita jadi gamers, ada rekomendasi kampus yang terdapat jurusan gamers. Jadi, simak baik-baik ya gaes..

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS memiliki jurasan program gaming yang dikhususkan untuk program S2 program studi Game Technology. Program studi ini merupakan gabungan antara bidang Desain Grafis dan Teknik Komputer yang bekerjasama dengan Depdiknas Biro Perencanaan Luar Negeri (PKLN).

Target program Magister ITS ini adalah guru-guru sekolah menengah atas yang didik untuk mampu menyajikan modul pembelajaran dalam bentuk game dan animasi software komputer.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk yang Kita Lakuin Karena Kecanduan Smartphone

2. Universitas Negeri Malang

Kampus Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang

Universitas negeri yang ada di kota Malang ini memiliki jurusan program studi Game Animasi yang ingin menghasilkan  games developer dan menciptakan animasi game 2D dan 3D.

Karena prodi ini masih berada di jenjang Diploma, maka pihak kampus memberikan kesempatan untuk melanjutakannya ke jurusan Desain Komunikasi Visual dengan konsentrasi bidang game untuk menambah dan mempelajari ilmu pembuatan game dengan jangkauan yang lebih luas.

Baca Juga: Begini Caranya Ngatasin Putus dari Pacar di Era Digital

3. Universitas Bina Nusantara

Kampus Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara

Salah satu pendidikan yang mempelajari game bisa kita temuin di Universitas Bina Nusantara yang membuka program Sarjana program Game Aplication and Technology pada 2011.

Di sini mahasiswa difokuskan untuk mempelajari pembuatan game melalui mata kuliah seperti software engineering, komputer grafis, dan bahasa pemrograman.

Nantinya mahasiswa bisa mengeksplore bakat di bidang game dan bisa menjadi Game Designer, Game Consultant, ataupun Entrepreneur saat lulus nanti.

Baca Juga: Tips Supaya Hasil Foto Smartphone Mirip DSLR

4. Universitas Multimedia Nusantara

Kampus Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara

Kampus yang berlokasi di Serpong, Tangerang ini merupakan perguruan tinggi swasta yang dimiliki oleh grup Kompas Gramedia. Mirip seperti Universitas Negeri Malang dengan studi S1 jurusan game-nya masuk dalam jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) namun perbedannya dalam konsentrasi desain media interaktif.

Mahasiswa diberikan mata kuliah yang dipersiapkan untuk di di industri game, khusunya dalam desain visualnya. Prospek kerja program studi ini antara lain 3D Game Modeler, Character Animator, Character Rigger, Cinematics Director, Concept Artist dan Art Game Director. Selain itu, prodi game ini menyediakan sebuah co-working space inkubator untuk startup baik dari UMN maupun dari luar bernama Skytar Ventures.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Part Time yang Paling Cocok untuk Anak Kuliahan

5. Universitas Ciputra Surabaya

Kampus Universitas Ciputra Surabaya

Universitas Ciputra Surabaya

Buat kalian yang tinggal di Surabaya ada Universitas Ciputra Surabaya menyediakan program studi jurusan game dalam salah satu konsentrasi pendidikan sarjana Teknik Informatika.

Mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik pengembangan aplikasi dan game mobile dengan memanfaatkan tool terkini, salah satunya adalah Unity. Lulusannya diharapkan bisa mengembangkan berbagai aplikasi dan menciptakan game mobile untuk Android dan iOS.

Baca Juga: 10 Tips Ampuh Agar Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan kampus gamers di Indonesia. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top