Tips

Laptop Tidak Bisa Nyala? Begini Cara Mengatasinya!

Home / Windows / Tips / Laptop Tidak Bisa Nyala? Begini Cara Mengatasinya!

Pernah gak sih kamu mengalami laptop tidak bisa nyala? Duh pasti kamu bingung ya mau gimana. Sama halnya ketika laptop mati tiba-tiba yang dimana kamu sedang mengerjakan tugas atau lainnya.

Tapi tenang aja, kali ini kita punya solusi untuk mengatasi laptop yang tidak bisa nyala. Oh iya tidak hanya cara mengatasinya, kita juga akan kasih tau apa saja sih penyebab dari laptop tidak bisa nyala.

Airy Rooms

Buat kamu yang penasaran, wajib banget simak artikel ini sampai habis ya.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Nyala

Gak mungkin laptop tidak bisa nyata tanpa sebab. Nah kita akan kasih tau kamu apa saja penyebab dari laptop yang tidak bisa nyala. Untuk itu, kamu bisa lihat di bawah ini.

1. Baterai Laptop Habis

Baterai Laptop Habis

Baterai Laptop Habis

Penyebab pertama adalah baterai laptop yang sudah habis. Untuk bisa menghidupkan laptop, baterai laptop harus memiliki daya. Namun berbeda lagi jika baterai laptop yang habis.

Laptop tidak akan bisa hidup. Maka dari itu, kamu harus pastikan baterai laptop sudah habis atau belum.

2. Baterai Laptop Sudah Bocor

Baterai Bocor

Baterai Bocor

Penyebab selanjutnya adalah baterai laptop yang sudah bocor. Ketika kamu sering men-charge laptop, itu bisa mengakibatkan baterai laptop menjadi bocor.

Nah, baterai yang sudah bocor bisa saja menyebabkan laptop tidak bisa nyala. Pasalnya laptop yang sudah memiliki baterai bocor, harus sambil di-charge agar bisa hidup.

3. Adaptor Bermasalah

Adaptor Laptop

Adaptor Laptop

Penyebab selanjutnya adalah Adaptor bermasalah. Ketika baterai laptop sudah bocor, maka kamu harus menggunakan charger untuk bisa menghidupkan laptop. Ketika menggunakan charger juga masih bermasalah. Itu bisa saja adaptor yang rusak.

4. RAM Kotor

RAM Kotor

RAM Kotor

Penyebab selanjutnya adalah RAM yang sudah kotor. RAM yang kotor bisa kamu lihat pada lempengan yang berwarna kuning atau tembaga berubah menjadi warna agak kehitaman.

Jika kamu tidak membersihkan kotoran tersebut, bisa saja laptop kamu tidak akan bisa menyala.

5. Tombol Power Bermasalah

Tombol Bermasalah

Tombol Bermasalah

Penyebab terakhir adalah tombol power bermasalah. Untuk menghidupkan laptop, kamu harus menekan tombol power. Jika tombol power rusak, maka laptop kamu tidak akan bisa menyala.

Biasanya tombol power yang bermasalah adalah tombol power yang terlalu masuk kedalam sehingga membuat laptop tidak bisa nyala.

BACA
Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Windows

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala

Setelah penyebab, kini kita akan kasih tau cara untuk mengatasi laptop yang tidak bisa nyala. Untuk itu, kamu bisa lihat di bawah ini gaes.

1. Charge Laptop

Charge Laptop

Charge Laptop

Pertama adalah charge laptop. Ketika baterai laptop habis, maka laptop tidak akan bisa menyala. Maka dari itu, kamu bisa mengatasinya dengan charge laptop.

Hal ini biasanya ketika kamu lupa mematikan laptop dan membiarkannya hingga baterai habis.

2. Ganti Baterai Laptop

Mengganti Baterai Laptop

Mengganti Baterai Laptop

Selanjutnya adalah ganti baterai laptop. Hal ini bisa saja baterai kamu bermasalah seperti bocor yang dimana laptop harus di-charge agar bisa nyala kembali.

Maka dari itu, kamu bisa mengganti baterai laptop untuk mengetahui apa baterai yang bermasalah atau perangkat lain yang bermasalah.

3. Ganti Adaptor Charger

Adaptor Laptop

Adaptor Laptop

Selanjutnya adalah mengganti adaptor charger. Ketika baterai habis atau bocor, kamu membutuhkan adaptor untuk bisa menghantarkan listrik ke laptop. Nah, ketika adaptor charger bermasalah. Itu bisa saja membuat laptop tidak bisa nyala.

4. Bersihkan RAM

Membersihkan RAM

Membersihkan RAM

Selanjutnya adalah membersihkan RAM. Untuk membersihkan RAM kamu hanya membutuhkan sebuah penghapus pensil saja. Kamu bisa membersihkanya dengan mengesekkan penghapus ke tembaga pada RAM hingga bersih.

5. Ganti Mainboard Laptop

Mainboard Laptop

Mainboard Laptop

Selanjutnya adalah mengganti mainboard laptop. Mainboard atau motherboard merupakan papan utama yang terdapat banyak komponen yang berhubungan dengan perangkat keras lainnya.

Nah, ketika mainboard bermasalah itu bisa menyebabkan laptop tidak bisa nyala. Untuk mengatasinya kamu harus mengganti mainboard laptop ini.

Namun, untuk harga dari mainboard ini. Hampir setara dengan kamu membeli laptop baru. Duh mahal banget ya gaes.

6. Bawa ke Tempat Service Resmi

Tempat Service Laptop

Tempat Service Laptop

Terakhir adalah membawa laptop ke tempat service yang resmi. Ketika kamu sudah mempraktekan cara untuk mengatasi, namun belum berhasil juga.

Saran dari kita adalah untuk membawanya ke tempat service resmi laptop kamu untuk memperbaikinya.

Nah, itu dia cara mengatasi laptop tidak bisa nyala. Gimana guys, cukup mudah bukan? Jika kamu memiliki kritik/saran, kamu bisa berikan di kolom komentar ya…

Artikel Menarik Lainnya:

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top